Review Komik Bhurloka: Action-Horror Lokal yang Keren!

Fiksi bergenre horor memang selalu menarik untuk terus “digoreng”, khususnya di Indonesia. Munculnya komik action-horror berjudul Bhurloka menjadi salah satu tanda berjayanya genre horor di Nusantara. Lantas, seseru apa komiknya? Simak ulasan kami!

2

Ulasan Komik Bhurloka

bhurloka ciayo comics horror kesurupan paranormal primbon

Sumber: CIAYO Blog

Bhurloka rilis pertama kali di platform CIAYO pada 5 Agustus 2017. Serial ini berakhir pada episode ke-13 untuk musim pertamanya. Belum ada konfirmasi lagi dari pengarangnya kapan musim kedua Bhurloka diterbitkan.

Dalam masalah pewarnaan, Bhurloka memakai warna hitam-putih. Komik hitam-putih memang masih menjadi primadona di kalangan penyuka horor. Hal ini dikarenakan warna hitam dan putih lebih cocok dan berkesan misterius pada cerita-cerita berjenis misteri.


CONTINUE READING BELOW

Review Komik The Other Side – Curse: Horor Orisinil Tanpa Jumpscare

Genre horor memang sedang digandrungi oleh para pelaku kreatif dalam negeri. Tak hanya film, genre ini pun merambah sampai ke komik. Dalam hal ini, The Other Side: Curse masuk ke dalam daftar paling pertama komik horor terbaik dalam negeri.


Dari segi ilustrasi, Bhurloka memiliki style yang cukup khas. Gambarnya termasuk simpel, tetapi tidak menghilangkan kesan dark pada komik ini. Hal ini membuktikan bahwa tidak perlu menunggu jadi “dewa gambar” untuk menelurkan komik berkualitas.

Adegan-adegan menegangkan nan logis juga membuat kami selalu takjub pada kejutan-kejutan yang muncul dari para Nirjiva di setiap episodenya, semuanya dikemas apik dan keren.

Menariknya lagi, komik Bhurloka berani menyisipkan tembang (Pupuh) Durma, sebuah tembang tradisional yang berada pada pulau Bali, Jawa, dan Sunda yang jarang diketahui orang awam.

bhurloka ciayo comics horror kesurupan paranormal primbon

Sumber: CIAYO Blog

Bukan hanya tembang tradisional, tetapi istilah-istilah yang dipakai dalam komik juga dijelaskan dalam ensiklopedia yang bernama Bhurlokapedia. Keren!

Bhurloka sedikit mengingkatkan kita pada film Constantine tahun 2005 yang dibintangi oleh Keanu Reeves. Kekurangan dari cerita ini sebenarnya hanyalah sebab kemunculan Nirjiva (roh jahat) yang tidak jelas. Mengapa mereka tiba-tiba mengincar Indriya? Apakah karena Indriya punya kekuatan khusus?

Bhurloka sendiri berasal dari bagian dalam kosmologi Hindu. Merupakan salah satu dari Triloka (tiga alam), yakni Bhurloka, Bwahloka, dan Swahloka. Tiga alam ini, jika dibahasakan ke dalam bahasa manusia, berarti alam bawah, alam manusia, dan alam para dewa.

3

Bhurloka dan Unsur Supranatural Khas Indonesia

bhurloka ciayo comics horror kesurupan paranormal primbon

Sumber: CIAYO Comics

Jenis cerita supranatural dan misteri masih digemari oleh pembaca maupun penonton di Indonesia. Sebab, kisah-kisah seperti ini kental dengan nuansa mitos zaman lampau yang terus berkembang hingga hari ini.

Kasus Indriya adalah salah satu kasus umum sering ditemui dari kalangan praktisi supranatural. Tidak semua orang, khususnya perempuan, punya kemampuan seperti Indriya dalam mengendalikan dan menangani kejadian-kejadian di atas normal.

bhurloka ciayo comics horror kesurupan paranormal primbon

Risa Saraswati (Kanan) Adalah Penulis Indonesia yang Punya Kemampuan seperti Indriya. Sumber: Kumparan

Indriya dapat disebut sebagai paranormal, yakni orang yang mempunyai kemampuan dalam memahami, mengetahui, dan mempercayai hal-hal yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah.

Contoh perempuan cantik dari Indonesia yang juga mempunyai kemampuan layaknya Indriya di dunia nyata adalah Risa Saraswati, Sara Wijayanto, dan Citra Prima.


Baca komik Bhurloka di https://www.ciayo.com/id/comic/bhurloka

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Subject 09 Lite

Subject 09 Lite adalah singkatan dari Subject 09 Literature. Kami menyediakan bahan bacaan bermanfaat untuk mendorong kreativitas para kreator lokal. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. www.subject09.web.id