Misteri Cheat GTA San Andreas: Benarkah Merusak Save File?

Saat memasukkan cheat dalam GTA San Andreas, akan tampil “Cheats may affect saved game” saat ingin menyimpan save file. Sebegitu bahayanya kah? Begini penjelasannya!

cheat gta san andreas

Menjalankan cheat lalu menyimpan progress melalui save game, pemain GTA:SA pasti akan hapal betul dengan kalimat “Cheats may affect saved game”, namun benarkah cheat GTA San Andreas bisa merusak save file kita?

Diantara seluruh pemain, pasti setidaknya kalian pernah memasukkan cheat code ke dalam GTA San Andreas, seperti cheat untuk full health + armor dan berbagai macamnya. Terkadang juga kita bermain-main dengan peds riot dan peds attack you, namun benarkah cheat GTA San Andreas seperti ini akan merusak save file kita sesuai yang disebut Rockstar?

Saat kalian memasukkan cheat code, sebuah kalimat peringatan akan muncul disaat kalian mencoba menyimpan progress kalian. Tentu kalian sudah hafal betul dengan “Cheats may affect saved game”, namun apa maksud di balik kalimat tersebut? Apakah dengan menggunakan cheat terlalu banyak maka save akan rusak?


CONTINUE READING BELOW

Akan Rilis, Ubisoft Bagikan Spesifikasi Far Cry 5! Sanggupkah PC Kalian?

Sebelum membeli Far Cry terbaru, tidak ada salahnya untuk memeriksa PC kalian terlebih dahulu karena kali ini Ubisoft membagikan spesifikasi Far Cry 5. Kuatkah PC kalian?


Dulu saat akses menuju dunia maya masih terbatas dan tidak banyak informasi yang dapat digali seputar ini, beberapa pemain merasa ragu untuk menggunakan cheat sebanyak-banyaknya. Banyak yang takut bahwa kemungkinan besar save akan rusak hingga tidak bisa dibuka jika pemain terlalu banyak memasukkan cheat.

Namun, ternyata yang dimaksud bukan seperti itu! Mengingat ada banyak daftar cheat yang diciptakan oleh Rockstar Games, ada beberapa kategori cheat yang bisa merusak alur game, ada yang akan tersimpan secara permanen apabila disimpan, bahkan ada juga yang bisa merusak misi-misi tertentu!

Cheat simpel seperti nyawa dan armor penuh maupun persenjataan tidak mempengaruhi progress pada game, dan itu berlaku pada seluruh platform. Namun, untuk mendapatkan achievement penuh pada XBOX360, PS3 dan PS4, pemain tidak dianjurkan memasukkan cheat dan menyimpannya apabila ingin mendapatkan semua achievement.

Ya, hal ini tidak berdampak apa-apa pada alur permainan, lalu bagaimana dengan cheat yang dapat merusak game? Nah, untuk hal ini, ada beberapa cheat yang akan berjalan dalam jangka waktu tertentu dan akan kembali seperti semula, seperti cheat untuk mengubah sifat pejalan kaki, seperti menyerang satu sama lain atau pemain.

Ya, cheat ini akan hilang dalam waktu tertentu, namun apabila pemain melakukan save saat cheat tersebut masih aktif, maka cheat tersebut akan terkunci secara permanen dan tidak bisa dimatikan. Cheat pedestrian seperti ini juga dapat merusak beberapa misi, seperti misi “Madd Dogg” yang akan langsung melompat tanpa menunggu CJ mengambil kendaraan.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Mudahnya, pada saat cutscene CJ sedang berlari untuk mencari kendaraan, Madd Dogg pada saat itu terhitung sebagai pedestrian. Dengan mengaktivasi cheat pedestrian, Madd Dogg juga akan menerima dampak yang sama seperti karakter pedestrian lain yang sedang mengamuk.

Pemain tidak perlu takut untuk menggunakan cheat GTA San Andreas, namun harus diingat bahwa cheat pedestrian memiliki jangka waktu. Sebaiknya, gunakan cheat selain full health maupun weapon set tanpa melakukan save sama sekali jika ingin progress kalian aman.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.