Ingin Memiliki Kemampuan Menciptakan Game? Ini Langkah Pertama Perlu Kamu Lakukan!

Bagi kalian yang ingin menciptakan sebuah game, ini langkah pertama yang perlu dilakukan!

Kemampuan Menciptakan Game

Game merupakan hal yang saat ini paling banyak digemari oleh setiap orang, tidak heran jika banyak pihak yang berlomba-lomba ingin masuk ke dalam industri tersebut. Bagi kamu yang juga ingin memiliki kemampuan menciptakan game, nampaknya sangat wajib untuk ikut nimbrung di sebuah komunitas.

Berlangsung di event Global Game Jam 2018, Jakarta (26/1/18), kami mencoba menelisik langkah-langkah yang tepat bagi seseorang untuk berkemampuan menciptakan game. Salah satu perwakilan dari IDEA Network, Ricky Setiawan selaku CEO akhirnya angkat bicara untuk menjawab rasa penasaran kami tersebut.

IDEA Network yang merupakan salah satu media yang mendukung keberlangsungan industri game di Indonesia rupanya memiliki sudut pandang yang cukup menarik. Melalui Ricky, perusahaan tersebut menilai jika industri game dapat berkembang jika dipenuhi dengan aktifitas komunitas.

“Kita melihat bahwa revolusi yang terjadi, terutama revolusi di dunia komputer itu sendiri dimulai dari komunitas. Dari orang-orang yang berkumpul, berbagi ide, dan saling support satu sama lain. Dan, kita percaya untuk bisa membangkitkan industri game di Indonesia, kita butuh itu,” ucapnya.

Kemampuan Menciptakan Game

Ricky Setiawan, CEO IDEA Network

Menurut Ricky, IDEA Network wajib ikut dan mendukung Game Dev Jakarta, game developer lainnya, dan khususnya Global Game Jam ini. “Komunitas dan kolaborasi adalah apa yang dibutuhkan untuk membangkitkan industri ini. Maka dari itu, kami ikut serta sekaligus memberikan dukungan terhadap Game Dev Jakarta, game developer lainnya, dan khususnya Global Game Jam ini,” jelas Ricky.

Global Game Jam adalah acara yang mewajibkan para pesertanya untuk menciptakan sebuah game, sesuai tema yang ditentukan. Ricky menilai, game bukan merupakan hasil yang dicari, namun lebih ke pengalaman yang nantinya dapat berlanjut.

“Waktu 48 jam itu sangatlah singkat, yang artinya game yang dihasilkan mungkin hanya berupa prototype. Namun, yang diincar itu bukan sekedar hasil akhir berupa game, melainkan ke arah sisi pertemanan dan kolaborasi. Kami berharap, para peserta kedepannya bisa melanjutkan pengalaman yang mereka dapat dan melanjutkan pekerjaan mereka setelah event ini berlangsung,” tuturnya.


CONTINUE READING BELOW

Benarkah Merilis Game untuk Konsol Sulit Dilakukan Developer Indonesia?

Ternyata, tantangan terbesar untuk mengembangkan game di konsol bukan skill atau dana. Melainkan akses ke development kit yang masih sulit.


Ricky melanjutkan, apa yang diharapkannya adalah kemunculan talenta atau bahkan perusahaan baru yang akan semakin memperkaya industri game di Indonesia. “Saya berharap, saat acara ini berhasil akan muncul talenta-talenta atau bahkan perusahaan baru, yang tentu akan memperkaya industri game di Indonesia,”.

Pada kesempatan tersebut, Ricky juga menyampaikan pesanya kepada mereka yang belum memberanikan diri untuk terjun di industri game, namun memiliki ketertarikan yang besar. Menurutnya, langkah mereka bisa dimulai dengan berkumpul dengan komunitas.

“Mungkin ada orang yang memiliki keinginan untuk menciptakan sebuah game, namun menghadapi beragam kesulitan. Untuk teman-teman yang menghadapi masalah tersebut, maka sangat cocok untuk memulai langkahnya dengan berkumpul bersama komunitas,” jelasnya.

Kemampuan Menciptakan Game

Para peserta Global Game Jam 2018 yang tengah membicarakan konsep game yang akan dibuat

Dirinya menambahkan, disaat berkumpul dengan komunitas, maka sangat mungkin bagi mereka untuk mendapatkan pengalaman baru, atau bahkan memiliki tim-tim baru yang tepat. “Ketika berkumpul dengan komunitas, sangat mungkin mereka mendapatkan pengalaman baru, atau bahkan mungkin mendapatkan tim yang tepat untuk mengerjakan project mereka,” terangnya.

Sebagai media yang mendukung keberlangsungan komunitas game, maka IDEA Network memiliki acara yang sangat besar di setiap tahunnya. Acara yang dimaksud tersebut adalah Game Prime, yang tahun ini rencananya dilaksanakan pada 13 hingga 15 Juli mendatang.

“Selain Global Game Jam 2018, akan terdapat pula Game Prime 2018 yang akan digelar pada 13 hingga 15 Juli mendatang. Acara tersebut merupakan ajang yang kami sediakan untuk teman-teman menampilkan game teman-teman ke depan umum,” tuturnya.


CONTINUE READING BELOW

Wawancara Eksklusif Developer Final Fantasy Awakening: Terima Kasih kepada Semua Pemain!

Final Fantasy Awakening mendapat sambutan yang sangat hangat di Indonesia. Tidak heran, Square Enix membuat video wawancara untuk mengucapkan terima kasih!


Kamu yang ingin menampilkan game buatanmu bisa memanfaatkan booth yang disediakan secara gratis pada Game Prime 2018, bahkan mendapatkan spotlight. Acara tersebut nantinya akan digelar di Balai Kartini, dengan jumlah pengunjung yang diprediksi mencapai 13 ribu orang.

Jadi, bagi kamu yang sampai saat ini menahan keinginan untuk menciptakan game, maka mulailah terlebih dahulu pengalamanmu dengan berkumpul bersama komunitas.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Andre Erlangga

Pemuda yang sedang menuju usia dewasa. Memiliki keinginan untuk menjadi sukses, namun baru sadar kalau sukses itu tidak mudah. Merangkai kata dengan cinta, tapi cinta bukan sekedar kata. Benci "drama", tapi senang mengolahnya. Aku adalah kamu, kamu adalah aku, kalau dia disuruh ke warung aja.