5 Soundtrack Paling Syahdu yang ada di Dunia Game

Mengapa bermain game bisa asyik? Karena tentu saja mereka diperkuat dengan soundtrack. Beberapa di antaranya harus diakui menjadi soundtrack paling syahdu di game.

5 Soundtrack Paling Syahdu yang ada di Dunia Game

5 Soundtrack Paling Syahdu yang ada di Dunia Game Source: Critical Hit[/caption]

Game merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan. Saat bermain game, kita bisa merasa santai, rileks, dan mood akan kembali naik. Mengapa bermain game bisa asyik? Karena tentu saja mereka diperkuat dengan soundtrack. Beberapa di antaranya harus diakui menjadi soundtrack paling syahdu di game.

Saat ini ada banyak sekali game keren yang bisa kita mainkan. Game tersebut bisa menjadi game keren yang sukses di pasaran karena memuat cerita yang menarik, grafis yang bagus, dan juga soundtrack yang syahdu.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2018/01/21/fakta-kitana-mortal-kombat/" title="Inilah 5 Fakta Kitana Mortal Kombat, Putri Angkat Shao Kahn yang Cantik dan Mematikan!"]

Lagu merupakan elemen penting yang ada di dunia game, namun paling jarang sekali diekspos atau dibahas. Bila game yang ceritanya sudah keren namun tidak memiliki kualitas musik yang baik, dipastikan bahwa game tersebut menjadi hambar dan kurang menarik.

Bila menengok masa lalu, kita bisa melihat bagaimana Square Soft bekerja dalam meramu berbagai seri Final Fantasy. Di masa lalu, Final Fantasy adalah raksasa di dunia game. Square Soft menyuntikkan cerita menarik sembari dibalut dengan kualitas musik yang menawan.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2018/01/20/martial-artist-terbaik-di-mortal-kombat/" title="Tak Hanya Kung Lao dan Liu Kang, Ini 5 Martial Artist Terbaik di Mortal Kombat!"]

Hasilnya game-game ini menjadi sebuah masterpiece yang namanya terus diingat hingga sekarang. Saat ini ada banyak sekali game-game yang memiliki soundtrack paling syahdu dan Duniaku.net kali ini akan membahasnya.

Beberapa soundtrack yang disebutkan memiliki kemungkinan untuk membuat kalian ketagihan. Jadi, saran saya adalah agar lagu-lagu yang akan dibahas ini kalian masukkan saja ke playlist kalian guys.

[page_break no="1" title="Wolven Storm (The Witcher 3)"]

5 Soundtrack Paling Syahdu yang ada di Dunia Game Source: HD Wallpaper[/caption]

Bagi para gamer yang telah memainkan The Witcher 3: Wild Hunt, tentu kalian akan menemukan banyak soundtrack syahdu di game ini. Memang harus diakui juga bahwa The Witcher 3 merupakan salah satu masterpiece di dunia game. Selain jalinan cerita yang keren, di sini para NPC memiliki kepribadian juga.

Balik lagi ke masalah soundtrack, ada salah satu soundtrack yang luar biasa syahdu dan hingga saat ini masih saya dengarkan karena saking syahdunya. Padahal, dalam salah satu lagu ini, tidak banyak instrumen yang dimainkan.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2018/01/20/senjata-paling-lemah-di-game/" title="5 Senjata Paling Lemah yang ada di Game, Kalian Perlu Tahu!"]

Instrumen yang dimainkan yakni hanya 1, sebuah gitar. Yang membuat hati bergetar saat mendengarkan lagu ini adalah karena suara si pengisi suara yang mengisi track lagu ini. Suaranya benar-benar gila menurut saya. Ya, judul lagunya adalah "Wolven Storm".

Di mana kalian bisa mendengarkan lagu ini? Lagu ini akan diputar saat kalian sedang memainkan salah satu misi di Kota Novigrad. Saya lupa misi apa, yang jelas misi tersebut menyuruh kalian untuk mencari rekan kalian yang bernama Dandelion.

Untuk menemukannya, kalian disuruh bertemu dengan wanita bernama Priscilla dan sudah bisa ditebak bahwa yang menyanyikan lagu ini adalah Priscilla yang tampil disebuah cafe. Saat mendengar lagu ini saya sampai kaget karena benar-benar merdu.

Ditambah scene di game yang menampilkan beberapa pengunjung bar merasa sedih dan juga lirik lagunya yang keren. Lagu ini memiliki andil besar membuat The Witcher 3 menjadi sebuah masterpiece.

[page_break no="2" title="Promise (Sillent Hill)"]

5 Soundtrack Paling Syahdu yang ada di Dunia Game Source: Change.org[/caption]

Soundtrack paling syahdu selanjutnya berasal dari game Silent Hill. Hah? Beneran dari Silent Hill nih? Itu kan game horor? Ya memang Silent Hill adalah game horor. Akan tetapi ada satu lagu yang berjudul "Promise" dan ini merupakan soundtrack yang syahdu loh.

Memang bila kalian mencermati, soundtrack ini akan terdengar sangat menyeramkan. Menyeramkan apabila didengarkan dalam keadaan sunyi sepi, namun akan berubah menjadi suara yang merdu bila kalian mendengarkannya bersama.

[read_more link="https://www.duniaku.net/2018/01/20/goro-mortal-kombat/" title="Tak Terkalahkan Selama 500 Tahun, Ini Fakta Lengkap Goro Mortal Kombat!"]

Rata-rata yang melakukan cover lagu ini pasti akan terdengar syahdu. Tapi bila mendengar lagu aslinya, akan terdengar menyeramkan. Beberapa orang di YouTube juga menganggap bahwa lagu ini adalah lagu yang syahdu namun beberapa saat kemudian akan jadi menyeramkan atau sebaliknya.

Sama seperti The Wolven Storm, di soundtrack ini tidak banyak instrumen. Lagu ini hanya dimainkan oleh sebuah piano dan juga sentuhan violin sambil dimainkan dengan penghayatan maksimal. Hasilnya? Great Song!

Ada soundtrack paling syahdu apalagi ya yang ada dunia game? Yuk langsung meluncur ke halaman selanjutnya saja bro!

[page_break no="3" title="Ahead on Our Way (Final Fantasy VII)"]

5 Soundtrack Paling Syahdu yang ada di Dunia Game Source: eTeknix[/caption]

Di atas saya bilang bahwa Final Fantasy menjadi sebuah masterpiece karena banyak lagu-lagu yang enak di dengar di dalamnya. Ya, kenyataannya memang begitu dan salah satu soundtrack paling syahdu di Final Fantasy adalah "Ahead on Our Way" dari Final Fantasy VII.

Berbeda dari dua lagu di atas, lagu ini dimuat oleh banyak instrumen sehingga menjadi sesuatu yang luar biasa enak di dengar. Dalam lagu ini ada gitar, violin, dan alat musik lainnya. Namun yang membuat enak bukanlah melodi yang dimainkan oleh violin dan piano, namun petikan gitarnya. Itu sih menurut saya pribadi ya.

Gitar di sini sangat rapi dengan petikan-petikan yang mampu membuat kalian bergetar. Setelah itu barulah melodi-melodi pelengkapnya dimainkan dengan sangat luar biasa. Apalagi saat nadanya berpindah dari nada major ke nada minor, beh keren bro!

Bagi saya, lagu ini cocok didengarkan ketika kalian sedang patah semangat dan ketika mendengarkannya dijamin akan langsung semangat kembali. Menurut saya, lagu ini sukses menjadikan Final Fantasy VII sebagai salah satu game terbaik hingga saat ini.

[page_break no="4" title="To Zanarkand (Final Fantasy X)"]

5 Soundtrack Paling Syahdu yang ada di Dunia Game Source: 4USKY[/caption]

Nah, mungkin ini menjadi soundtrack paling syahdu yang pernah dibuat oleh Square Soft. Mendengarkan lagu ini bisa membuat kita tidak sengaja merasa sedih loh karena saking syahdunya. Ya, lagu ini berjudul "To Zanarkand". Di salah satu akun YouTube bernama VideoGameMusicCenter, banyak gamer yang mengangap lagu ini luar biasa keren.

Bahkan lagu ini terasa sempurna ketika dipadukan dengan cerita Final Fantasy X yang menyedihkan. Tidak banyak instrumen, karena lagu ini hanya dimainkan dengan piano saja. Alunan nada minor yang dimainkan benar-benar gila menurut saya.

Saran saya, jangan dengarkan lagu ini ketika mood kalian buruk karena seketika kalian akan ingat dengan kenangan-kenangan menyedihkan yang pernah kalian rasakan. Contohnya adalah ketika ditinggal orangtua misalnya.

Karena lagu ini cukup syahdu, saya masih mendengarkannya hingga saat ini kemanapun saya berada. Oiya, lagu ini juga bisa membuat kalian rindu memainkan kembali Final Fantasy X lho.

[page_break no="5" title="Dream of the Shore Near Another World (Chrono Cross)"]

5 Soundtrack Paling Syahdu yang ada di Dunia Game Source: Kotaku[/caption]

Soundtrack paling syahdu yang terakhir adalah dari game Chrono Cross berjudul "Dream of the Shore Near Another World". Sependengaran saya, lagu ini hanya dimainkan oleh tiga instrumen yakni violin, piano, dan bass (bila tidak salah karena suaranya mirip-mirip dengan gitar). Meskipun hanya dua, hasilnya adalah keren.

Harmonisasi tingkat tinggi benar-benar tercipta, terlebih lagi piano dan violin merupakan alat musik melodis. Dalam lagu ini piano terdengar bermain dengan cepat atau terasa nge-beat sedangkan violinnya terdengar sangat mendayu-dayu sehingga terciptalah suara yang keren. Sedangkan bassnya, simpel namun membuat musiknya jadi keren.

https://www.youtube.com/watch?time_continue=40&v=MV-FvxoR1PQ

Nah, lagu ini sendiri sangat cocok untuk didengarkan ketika kalian baru bangun tidur dan membutuhkan semangat pagi. Berjalan ke sekolah atau bekerja mendengarkan lagu ini bisa membuat kalian bersemanbat. Tidak percaya? Coba saja sendiri.

Meskipun tergolong sebagai soundtrack dari game lawas, namun hingga saat ini lagu ini masih layak dianggap sebagai salah satu soundtrack paling syahdu yang pernah dibuat di dunia game lho.


Nah, sepertinya itulah lima soundtrack paling syahdu yang ada di dunia game. Memang sebenarnya banyak lagu-lagu yang syahdu di dunia game. Mungkin bila ada kesempatan kita akan membahasnya lain waktu.

Hingga saat ini juga saya masih percaya bahwa kesuksesan sebuah video game tidak bisa lepas dari soundtrack. Bila cerita sudah keren ditambah dengan soundtrack yang yahut, game tersebut akan jadi sangat memorable.

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU