Kamis Mistis: Mengupas Mitos Tentang Alas Roban yang Melegenda. Bikin Merinding Gan!

Pernah mendengar cerita bus misterius yang melintasi Alas Roban? Begini cerita dan asal-usul Alas Roban yang bikin orang-orang merinding!

misteri alas roban

Indonesia mungkin negara yang punya segudang tempat mistis. Salah satunya adalah daerah Alas Roban yang terletak di Jawa Tengah. Apa sebenarnya yang membuat Alas Roban begitu terkenal sebagai daerah yang ditakuti orang-orang? Berikut misteri Alas Roban yang bakal membuatmu merinding.

Mungkin Kamu masih asing dengan tempat yang satu ini, tapi bagi masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah, Alas Roban adalah tempat paling angker yang ada di provinsi tersebut.

Semua cerita mengerikan bisa Kamu temukan di daerah yang terletak di Gringsing, Kabupaten Batang Jawa Tengah ini. Mulai dari pembunuhan, kecelakaan misterius, hingga penampakan menyeramkan seperti sebuah hal biasa di Alas Roban.

Asal-usul Alas Roban

Alas Roban adalah nama dari sebuah hutan yang dijadikan semacam jalan untuk menghubungkan antar kota-kota di Jawa Tengah. Untuk mengulik sejarahnya, Kita harus kembali ke zaman kolonial Belanda saat masih menjajah Indonesia.

Daerah Alas Roban pertama kali mendapat pembangunan pada sekitar tahun 1808. Pada saat itu, Gubernur Jendral Herman Willem Daendels yang merupakan seorang Gubernur Hindia Belanda ke 36, berusaha memanfaatkan hutan belantara Alas Roban untuk dijadikan sebagai sarana yang menghubungkan perekonomian antara kota maju dengan kota terpencil di area Jawa Tengah.

Pada masa pengerjaannya, banyak rakyat Indonesia yang dipaksa rodi atau kerja paksa di bawah perintah pemerintahan Belanda. Saking beratnya pekerjaan tersebut, akhirnya banyak korban berjatuhan. Bahkan mayat-mayat mereka dibuang begitu saja di pinggir jalan.

Selain itu, pembangunan jalan juga berdampak pada rusaknya pohon-pohon di Alas Roban.

Tempat Pembuangan Mayat

Banyak rumor yang beredar seputar misteri Alas Roban. Salah satu yang populer adalah cerita Alas Roban sebagai tempat pembuangan mayat.

Hal ini dilatarbelakangi oleh tragedi petrus atau penembakan misterius yang terjadi pada era 1980-an. Mayat-mayat yang jadi korban petrus tersebut, kemudian dibuang di daerah hutan Alas Roban. Tempat yang sepi dan jarang dilalui, membuat orang-orang tak mengetahui siapa yang membuang mayat-mayat itu.

Konon, ada sebuah cerita yang menyebut jika mayat-mayat yang dibuang di Alas Roban dengan segera lenyap. Dugaan jika mayat tersebut dimakan hewan buas, namun ada juga rumor jika mayat itu diambil oleh makhluk misterius.


CONTINUE READING BELOW

Bukannya Nyeremin, 5 Jenis Hantu Konyol Indonesia Ini Malah Bikin Kamu Ketawa

Indonesia terkenal dengan kisah-kisah horornya. Tapi sayang, gak semua hantu ini punya bentuk nyeremin. Contohnya aja kayak hantu konyol Indonesia berikut ini.


Katanya, mayat-mayat ini pun sering bergentayangan menampakkan diri di depan orang-orang yang melewati hutan ini.

Seperti apa kisah horor yang ada di Alas Roban? Misteri alas roban apalagi yang bakal membuatmu merinding? Cek di halaman selanjutnya!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca