Review Komik The Librarian: Satu Karakter Banyak Ketegangan

Cerita dengan karakter tunggal merupakan jenis karya yang sudah jarang muncul. Akan tetapi, komik The Librarian jadi contoh bahwa cerita bergenre one man show bisa dikemas sedemikian keren oleh kreator Indonesia, bahkan terasa menegangkan!

horror CIAYO Comics webtoon perpustakaan cerita hantu primbon

Cerita dengan karakter tunggal merupakan jenis karya yang sudah jarang muncul. Akan tetapi, komik The Librarian jadi contoh bahwa cerita bergenre one man show bisa dikemas sedemikian keren oleh kreator Indonesia, bahkan terasa menegangkan!

Membahas soal misteri, horor, dan thriller tentu tidak terlepas dari dunia supranatural. Bukan cuma novel atau film, komik pun tidak luput membahas soal ini.

Tak dapat dipungkiri bahwa genre horor, misteri, atau thriller masih digemari oleh audiens lokal. Komik lokal berjudul The Librarian di CIAYO karangan KayR801 adalah salah satunya. Dirilis pada 30 November 2017, komik ini sontak menjadi pusat perhatian para penikmat fiksi horor.

Komik The Librarian terbilang unik, karena hanya ada satu tokoh kunci untuk menjalankan plot. Hal ini mengingatkan kita pada film Hollywood berjudul Buried; berkisah tentang seseorang yang terjebak di dalam liang kubur. Walau karakter kuncinya hanya satu orang, namun film ini berhasil membuat audiensnya tegang setengah mati.

Meskipun tidak sesunyi film Buried, namun komik The Librarian punya keserupaan: yakni cerita yang hanya berputar di satu karakter tertentu.

Komik The Librarian memang merupakan contoh bahwa kreator lokal juga bisa membuat cerita one man show yang menarik. Mengapa The Librarian sangat direkomendasikan untuk penggemar serial misteri, horor, atau thriller? Simak ulasannya berikut ini!

1

Ulasan Komik The Librarian

horror CIAYO Comics webtoon perpustakaan cerita hantu primbon

Sumber: CIAYO Comics

Komik The Librarian menceritakan sosok laki-laki penjaga perpustakaan bernama Miche. Koleksi buku perpustakaan Miche memang tidak biasa, buku-buku yang tidak ada di manapun selain di perpustakaan Miche. Hanya mereka (orang-orang) terkutuk dan dihantui yang bisa menemukan perpustakaan tersebut untuk meminta bantuan.

Namun, sang penjaga perpustakaan itu tidak benar-benar berpihak pada orang-orang yang dia bantu. Kebanyakan dari mareka yang masuk ke dalam perpustakaannya tidak akan kembali sebagai manusia lagi.

aplikasi terkait

CIAYO Comics - Free Webtoon Comics

Dragon Capital Centre, PT.

4.5
starstarstarstarstar_half
Suka baca webtoon? Langsung download CIAYO Comics! Di sini kamu akan lebih banyak disuguhkan dengan komik dengan cita rasa lokal!

Karakter kunci komik The Librarian hanya Miche, si penjaga perpustakaan. Tidak ada hubungan sama sekali dengan orang-orang yang datang ke perpustakaannya selain mencari bantuan. Akan tetapi, orang-orang tersebut kebanyakan berakhir secara mengenaskan.

Ada yang mati, namun ada juga yang tetap hidup. Tetapi, cuma sekadar hidup,  bukan hidup sebagai manusia.

Gaya khas dari komik The Librarian adalah surealisme. Surealisme tentang kehidupan manusia pada masa kini. Ini adalah style yang sudah jarang kita lihat di industri kreatif. Salut untuk kreatornya!

Selain surealisme yang ditampilkan, komik The Librarian juga memasukkan sindiran secara halus untuk menyadarkan diri kita sebagai manusia. Jangan rakus, jangan serakah, dan sebagainya.

Keunikan lain selain one man show dan surealisme, The Librarian juga mampu menggiring persepsi pembaca soal sudut pandang lain tentang naskah jenis horor dan thriller dari segi visual, terutama komik digital lokal.


Lanjut ke halaman berikutnya …

TENTANG PENULIS
bimawhynot

Pengelola konten dan bidang usahanya Subject 09 | Copywriter di Seruni Creative, anak perusahaan Agate International | Spesialis pembuatan konten kreatif | Spesialis pembuatan cerita spionase