Review DEVILMAN Crybaby: Buas, Brutal, dan Penuh Gaya

PERINGATAN: Anime ini khusus untuk penonton berumur 21 tahun ke atas! Tapi apa bagus atau tidak? Baca pembahasannya di artikel ini!

Adaptasi manga yang brutal ini memang tidak sempurna dari segi penceritaan, tapi berkat sisi teknis seperti animasi dan musik yang memukau khas sutradara Masaaki Yuasa, DEVILMAN Crybaby setidaknya bisa berdiri sebagai salah satu anime paling unik dan menarik di tahun ini.

 

PERINGATAN KERAS: DEVILMAN Crybaby adalah tontonan khusus dewasa (21+) karena mengandung konten mengusik yang sama sekali bukan untuk penonton di bawah umur!

Mungkin penggemar anime jaman sekarang tidak terlalu akrab dengan nama Go Nagai. Namun tak bisa dipungkiri lagi, pengaruh dari karya-karya mangaka berusia 72 tahun ini begitu besar lewat karya-karyanya yang unik dan cenderung menantang pada jamannya.

Beberapa karyanya yang paling terkenal antara lain kisah gadis penyihir Cutie Honey yang sudah berkali-kali diadaptasi menjadi anime maupun film live-action yang disutradarai oleh Hideaki Anno (Neon Genesis EvangelionShin Godzilla), atau Mazinger Z yang sampai sekarang masih cukup populer di kalangan penggemar mecha dan sempat dibuatkan film animasi terbarunya tahun lalu bertajuk Mazinger Z: Infinity.

Tapi haram rasanya bila menyebut nama Go Nagai dan tidak menyinggung soal mahakarya buas dan brutalnya yang legendaris, yaitu Devilman!

Pada masa awal peredarannya di tahun 1972-1973, Devilman memiliki reputasi yang cukup besar karena mengandung pembahasan tema dan konten yang dianggap sangat tabu, seperti satanisme, nihilisme, dan adegan-adegan kekerasan yang sangat brutal. Bahkan, manga ini sempat diprotes oleh asosasi guru dan orang tua di Jepang karena takut bisa memberikan dampak buruk pada anak-anak mereka.

Namun berkat jalan cerita yang tidak biasa dan karakter-karakter yang memorable, manga ini sukses besar dan menelurkan sebuah waralaba multimedia, seperti sebuah adaptasi anime televisi berjumlah 39 episode dengan perubahan cerita di sana-sini demi penyesuaian rating, sejumlah OVA (Original Video Animation) yang mengadaptasi kisah manga-nya dengan lebih setia, serta sebuah film live action di tahun 2004.


CONTINUE READING BELOW

Review Kedi (2016): Hiruk Pikuk Kehidupan Kota Istanbul di Mata para Kucing

Kedi adalah tontonan inspiratif, edukatif, dan emosional yang wajib ditonton oleh setiap penyuka hewan mungil yang paling indah sekaligus paling misterius di muka Bumi ini: Kucing.


Di tahun 2018, dengan kerjasama dengan penyedia jasa streaming terbesar di dunia yaitu Netflix, kali ini giliran sutradara anime kondang Masaaki Yuasa (Ping Pong: The AnimationKemonozume) yang dikenal dengan gaya animasinya yang cenderung minimalis nan unik untuk mengadaptasi manga ini dalam sebuah miniseri sepanjang 10 episode bertajuk DEVILMAN Crybaby.

Kala Manusia Mendapatkan Kekuatan Iblis

Pada awalnya, Akira Fudo hanyalah seorang siswa SMA yang culun, pemalu, dan memiliki fisik yang pas-pasan. Karena kedua orang tuanya adalah dokter yang sering bekerja di luar negeri, Akira dititipkan kepada kerabat dekat mereka yaitu keluarga Makimura, di mana ia kemudian naksir dengan putri sulungnya yaitu Miki.

Suatu hari, ia bertemu kembali dengan Ryo Asuka; teman masa kecilnya yang sekarang sukses meniti karir sebagai seorang profesor di Amerika berkat kepintarannya yang luar biasa. Ryo memberitahu Akira bahwa segerombolan iblis sudah mulai menginvasi Bumi secara diam-diam dan merasuki manusia, dan satu-satunya cara untuk memukul mundur mereka adalah sama-sama melawan balik dengan kekuatan iblis.

Dalam sebuah insiden yang brutal dan tak terduga, Ryo sukses menyatukan jiwa Akira dengan kekuatan Amon; seekor iblis buas, menjadikannya sebagai seorang “Devilman”: Orang yang memiliki kekuatan iblis namun masih memiliki jiwa manusia. Berkat kekuatan ini, fisik Akira berubah menjadi prima dan kepribadiannya menjadi lebih cool bak seorang superhero.

Dalam perjuangan Akira sebagai “Devilman” untuk memburu iblis-iblis pemangsa manusia lainnya, ia perlahan-lahan mulai menguak sebuah rahasia busuk dan mengerikan, menyadari bahwa invasi para iblis ini hanyalah permulaan dari tragedi yang lebih besar.


Simak ulasannya di halaman kedua!


TENTANG PENULIS
gusti

Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda.