Teori Animanga: Apakah Dragon Dulunya Angkatan Laut? Ini Pembahasannya!

Ada beberapa indikasi kalau Monkey D. Dragon dulunya Angkatan Laut! Kalau benar, kenapa dia menjadi revolusioner? Ini spekulasinya!

Monkey D. Dragon adalah sosok di One Piece yang masih menjadi bahan perbincangan hangat sekarang. Soalnya, semakin banyak info yang terungkap soal dirinya, semakin OPLovers penasaran dengan dirinya.

Yang sudah diketahui adalah Dragon ini bosnya Pasukan Revolusioner. Dia adalah penjahat paling diwaspadai Pemerintah Dunia. Dia juga adalah anak dari Monkey D. Garp sang pahlawan Angkatan Laut, dan ayah dari Monkey D. Luffy, si bajak laut dari Worst Generation.

Kenapa kira-kira dia ingin memberontak? Siapa istrinya? Bagaimana latar belakangnya dulu? Semua itu masih misteri. Namun penulis memikirkan satu kemungkinan menarik: bagaimana kalau Dragon dulunya Angkatan Laut?

1. Koneksi dengan Garp dan Smoker

dragon dulunya angkatan laut

Ada dua faktor besar yang mendukung teori Dragon dulunya Angkatan Laut ini. Pertama adalah sikap Garp ke Luffy dan Ace.


CONTINUE READING BELOW

Bagaimana Nasib Katakuri Setelah Alur Whole Cake Island? Inilah Spekulasinya!

Setelah One Piece 893, terlintas beberapa kemungkinan nasib Katakuri setelah alur Whole Cake Island. Bagaimana kalau dia akan memutuskan untuk bertualang sendiri?


Sebagai pahlawan Angkatan Laut, Garp menginginkan sekali Luffy dan Ace bergabung bersamanya menjadi pelindung lautan. Bahkan Garp beralasan siksaan-siksaan yang ia berikan ke Luffy dulu ia lakukan agar Luffy menjadi Angkatan Laut.

Nah, kalau Garp saja sefanatik itu mendorong cucu dan anak asuhnya menjadi Angkatan Laut, bagaimana dengan anaknya sendiri? Penulis merasa Garp pun mempersiapkan Dragon menjadi Angkatan Laut sejak Dragon kecil. Mungkin dengan cara-cara gila seperti yang ia lakukan ke Luffy juga. Bedanya, sementara Luffy dan Ace menjadi bajak laut, ada indikasi kalau Dragon dulunya Angkatan Laut, sesuai dengan harapan Garp.

Dasar dari dugaan penulis ini adalah interaksi Dragon dengan Smoker saat Smoker hendak menangkap Luffy di Loguetown.

“Pemerintah menginginkan kepalamu,” kata Smoker. Namun dia tidak terlihat terkejut bertatapan langsung dengan kriminal paling dicari di dunia. Ini menandakan kalau Smoker sudah pernah bertemu dengan Dragon sebelumnya. Hubungan mereka juga tidak mungkin terlalu antagonis, karena kalau iya Smoker akan bereaksi lebih panas saat melihat wajah Dragon. Dragon lalu menjawab dengan misterius, “Dunia menanti jawaban kita.”

Pilihan kata “Dunia menanti jawaban KITA” itu patut diteliti. Luffy saat itu sedang ditahan oleh Smoker, dan di manga Sanji sudah dilumpuhkan duluan. Dragon menyuarakan ucapan itu benar-benar ke Smoker. Kita yang dimaksud adalah Dragon dan Smoker.

Interaksi ini terasa lebih menarik di manga. Di versi anime, Smoker tampak menanggapi kedatangan Dragon dengan datar. Sementara di manga….

Smoker terlihat tersenyum.

Setelah itu, sudah tentu Smoker marah karena Dragon telah membantu melepaskan Luffy. (Dia belum sadar kalau Luffy anak Dragon di sini). Tapi reaksi keseluruhan Smoker terhadap Dragon, bahkan interaksinya setelah angin melepaskan Luffy, benar-benar menarik untuk dianalisis.

Yang menarik adalah, Smoker tidak repot-repot menghubungi atasannya untuk mengatakan Monkey D. Dragon si revolusioner ada di Loguetown. Bila ini tokoh Angkatan Laut lain, pasti informasi soal Dragon jadi prioritas utama. Tapi dia lebih fokus ingin menangkap Luffy lagi ketimbang melaporkan keberadaan penjahat paling dicari Pemerintah Dunia. Memang mungkin sulit bagi seorang manusia kabut untuk menangkap sosok yang tampaknya bisa mengendalikan angin. Tapi tidak ada indikasi ia bahkan berupaya untuk membekuk Dragon.

Ini membuat penulis yakin kalau dulunya Dragon dan Smoker pernah menjadi rekan di Angkatan Laut. Hanya saja Smoker setia di A.L., meski dia sudah mendapati ketidakadilan. Sementara itu Dragon justru menjadi ancaman bagi Pemerintah Dunia.


Katakanlah, memang benar Dragon dulunya Angkatan Laut. Lalu kenapa dia membentuk Pasukan Revolusioner? Lanjut baca ulasannya di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.