Sadar Gak? Trick Play Super Bowl LII Mirip di Eyeshield 21!

Trick play yang menipu ala Hiruma, hingga Devilbat Dive!

Sadar Gak? Trick Play Super Bowl LII Mirip di Eyeshield 21!

Beberapa momen play Super Bowl LII mirip dengan kejadian di Eyeshield 21

Super Bowl LII telah usai. Tak disangka, Philadelphia Eagles yang tidak diunggulkan, menang melawan juara 5 kali yaitu New England Patriots. Momen ini dilengkapi dengan beberapa play menarik yang terjadi di Super Bowl LII. Uniknya, play Super Bowl LII ini sekilas mirip dengan yang terjadi pada manga Eyeshield 21.

Kondisinya sendiri juga mirip, mengingat Philadelphia Eagles tidak pernah juara Super Bowl sehingga mirip tim rookie Deimon Devilbats. Sedangkan New England Patriots dihiasi pemain as quarterback Tom Brady dan coach Bill Belichick yang sedang mengincar juara untuk yang keenam kalinya, walaupun bukan juara beruntun.

Bintang pada Super Bowl LII ini adalah Nick Foles, quarterback dari Philadelphia Eagles. Barangkali berbeda dengan Hiruma Yoichi, Nick Foles ini biasanya menghangatkan bangku cadangan dari Eagles. Namun permainan apiknya di Super Bowl LII membuatnya menjadi pahlawan Philadelphia dan menjadi MVP Super Bowl LII.

Play Super Bowl LII ini beberapa mengingatkan dengan manga Eyeshield 21, dimana manga ini bergenre olah raga American Football. Memang momen mana yang mirip dengan Eyeshield 21? Yuk kita lihat di sini.

Trick Play Nick Foles

Media Amerika Serikat seolah sepakat trick play dari Nick Foles ini adalah permainan terbaik di Super Bowl LII. Hal ini karena justru Nick Foles sendiri yang menjadi pengecoh dan mencetak touch down pada play ini. Tentunya adalah hal yang jarang terjadi ketika seorang quarterback mencetak touch down dalam set play yang disengaja, apalagi dalam pertandingan sebesar Super Bowl.

Pada saat 4th down, Nick Foley keluar dari posnya seolah-olah memberi aba-aba pada offensive line-nya untuk memperkuat barisan. Ia berada dalam posisi shot gun, namun play pun berjalan dengan pass pada running back. Bola lalu dioper ke kanan pada Burton, membuat pertahanan Patriots terlambat bergerak dan justru tertarik ke kanan.

Sementara itu, justru Foley terlepas dari perhatian defense dan mengambil posisi di kiri. Burton memberi pass pada Foley yang bebas, dan terjadilah touch down!

Sadar Gak? Trick Play Super Bowl LII Mirip di Eyeshield 21!

Jika kita ingat kembali, ini mirip tipikal play dari Hiruma Yoichi. Misalnya yang terjadi pada final Youth World Cup. Dengan taktik gatling, ia menggunakan empat receiver sekaligus yaitu Tetsuma, Taka, Monta, dan Sakuraba. Padahal taktik ini gagal pada play di awal pertandingan.

Keempat receiver pun bergerak, namun Hiruma justru tidak memberikan pass. Ia melompat, dan mencetak touch down sendiri. Ia berhasil mengecoh lawan yang mengira akan menggunakan taktik yang mereka kirakan, padahal Hiruma punya taktik di luar dugaan.


Aksi Foles memang keren, tapi masih ada beberapa trik ala Eyeshield 21 lain yang bisa kamu cek di halaman kedua!

Corey Clement catch touchdown

Corey Clement berhasil menangkap lemparan Zach Ertz setelah melakukan gerakan mengecoh yang gemilang. Menangkap bola dengan membelakangi, ia menangkap dengan susah payah hingga tersungkur di hadapan wartawan. Walaupun kurang stabil, wasit memutuskan bahwa ini adalah touchdown!

Tangkapan Corey Clement yang membelakangi lemparan sekilas mengingatkan dengan jurus Monta, Raimon Taro yaitu Devil Backfire. Bahkan terkadang saat melakukan jurus ini, Monta tersungkur namun genggamannya tetap mantab membuatnya menjadi salah satu receiver terbaik di Jepang.

Sadar Gak? Trick Play Super Bowl LII Mirip di Eyeshield 21!

Zach Ertz diving touch down

Play yang menarik juga dilakukan oleh Zach Ertz. Melalui pass panjang dari Foley, Zach Ertz menangkap bola namun terkena tekel dari Devin McCourty. Zach Ertz melakukan diving dan meletakkan bola pada area touch down. Karena terjatuh, bola sempat terlepas sedikit dari pegangan Zach Ertz.

Touch down ini sempat diperdebatkan karena Zach sempat melepas bola. Namun dari peraturan NFL, Zach telah menguasai bola lebih lama sehingga ia dianggap sebagai runner. Wasit pun memutuskan ini sebagai touchdown, dan angka ini membuat Eagles unggul dalam momen akhir.

Sadar Gak? Trick Play Super Bowl LII Mirip di Eyeshield 21!

Gerakan ini selintas seperti jurus Kobayakawa Sena yaitu Extremely Low Altitude Devil Bat Dive. Namun bedanya Sena melakukan low dive untuk menghindari jangkauan pemain raksasa seperti Gaou, itu pun harus dibantu dengan pertahanan Kurita Ryokan.

Bagaimana menurut kamu? Apakah ada momen lain play Super Bowl LII yang mirip dengan momen di Eyeshield 21?

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU