Comcast Tertarik Mengakusisi Fox, Merger Disney-Fox Terancam Batal?

Seperti kata Dr. Serizawa di film Godzilla: “Let them fight!”

Meskipun sudah ramai akan kabar merger antara 21st Century Fox dengan Disney, ternyata Comcast tak mau diam dan mulai maju untuk mengambil aset-aset milik Fox dari Disney!

Comcast, perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan layanan televisi kabel terbesar di dunia ternyata tertarik untuk mengalahkan Disney dalam mengakusisi aset-aset milik 21st Century Fox, seperti film layar lebar, serial televisi, dan lain-lain.

Bulan Desember 2017 lalu, jagad perfilman dihebohkan dengan kabar Disney yang membeli aset-aset milik 21st Century Fox yang kurang lebih seharga $52.4 trilyun, seperti hak cipta untuk film-film X-Men dan Avatar ciptaan James Cameron. Meskipun terdengar seperti Disney telah resmi membeli Fox, ternyata deal ini masih jauh dari kata usai, mengingat masih ada waktu 11 hingga 17 bulan untuk finalisasi “ijab kabul” mereka.

Menurut beberapa insider dari CNBC, dalam langkah yang cukup mengejutkan Comcast sudah mengambil ancang-ancang untuk mengalahkan Disney dari proses bidding untuk mengakusisi Fox.

Kabarnya, perusahaan tersebut mengambil kesempatan melihat proses merger tersebut terjadi di tengah-tengah regulasi yang cukup rumit dan bermasalah, mengingat beberapa waktu yang lalu Departemen Kehakiman Amerika Serikat berhasil menghentikan akusisi AT&T terhadap Time Warner.


CONTINUE READING BELOW

Review Molly’s Game: Kebangkitan dan Keruntuhan Kekaisaran Poker Molly Bloom

Molly's Game arahan sutradara/penulis Aaron Sorkin adalah film biografi yang memikat dan penuh gaya, dibantu dengan penampilan kuat dari Jessica Chastain dan Idris Elba.


Tahun 2009 lalu Comcast resmi mengakusisi NBC Universal, dan secara efektif memegang kendali aset-aset milik milik perusahaan tersebut pada tahun 2013 ketika mereka sepenuhnya membeli perusahaan tersebut. Kabarnya, baik Fox maupun Comcast tertarik dengan potensi untuk mengembangkan jangkauan internasional mereka di luar Amerika Serikat.

Namun, para insider juga mengatakan bahwa Disney sudah menduga bahwa hal ini akan terjadi, dan mulai menyusun rencana untuk mencegah langkah Comcast dalam mengambil alih aset-aset milik 21st Century Fox. Hingga saat ini, perwakilan dari Comcast maupun Fox masih memutuskan untuk menutup mulut mengenai kelanjutan kabar ini.

Perlu diketahui, bahwa apapun yang terjadi nanti, akusisi Fox oleh Disney maupun Comcast akan sepenuhnya mengubah jagad bisnis media hiburan untuk selamanya. Melihat para raksasa-raksasa ini bersatu, tentu saja studio-studio maupun perusahaan lain akan ingin bersaing dan mulai mengikuti langkah Fox-Disney/Comcast, yaitu dengan melakukan merger di sana-sini demi mengekspansi dan meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka.

Mengutip quote yang disampaikan oleh tokoh Daisuke Serizawa (Ken Watanabe) di film Godzilla: “Let them fight!”.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
gusti

Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda.