Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa!

Berburu monster sepuasnya! Yuk intip 5 game Monster Hunter terbaik yang perlu kamu

Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa!

Setelah 14 tahun eksis sejak franchise Monster Hunter pertama dirilis tahun 2004 silam, ini dia 5 game Monster Hunter terbaik sepanjang masa yang harus kamu coba mainkan!

Sebelum kami memberikan daftar game Monster Hunter terbaik sepanjang masa, ada baiknya kami sedikit memberikan informasi tentang franchise ini, jadi bagi kamu yang belum pernah memainkan game Monster Hunter bisa sedikit tercerahkan!

Monster Hunter adalah action RPG yang seri pertamanya rilis pada tahun 2004 untuk platform PlayStation 2. Game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom ini telah rilis di berbagai macam platform, termasuk PC, konsol game, konsol portabel, dan mobile.

Pada bulan Januari 2018, seri Monster Hunter telah terjual lebih dari 45 juta kopi di seluruh dunia. Tak hanya di Jepang dan Asia, game ini juga telah diterima dengan sangat baik untuk pasar barat.

Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa! Sumber: The Verge[/caption]

Untuk gameplay-nya Monster Hunter merupakan gabungan antara game action dan RPG yang dikemas dalam genre fantasi. Secara umum gameplay Monster Hunter dibagi antara mengatur equip, resource, dan menyelesaikan quest untuk berburu monster besar yang berkeliaran di sekitar.

Semua seri memiliki elemen single player, kecuali seri terbaru yang memiliki fitur multiplayer hingga tiga orang pemain. Beberapa rangkaian quest baru umumnya muncul di mode multiplayer, di mana monster yang akan dihadapi lebih sulit.

Sebagian besar seri Monster Hunter memiliki mode cerita panjang yang bisa memakan waktu hingga lima puluh jam untuk menyelesaikannya. OK... sekarang saatnya kita langsung melihat 5 game Monster Hunter terbaik sepanjang masa yang seharusnya ga kamu lewatkan!

Salah satu game yang cukup jadul dalam seri ini, Monster Hunter Freedom Unite pertama kali memulai debutnya di PSP pada tahun 2008 di Jepang sebelum versi globalnya dirilis tahun ini. Sebelum Monster Hunter 4, Freedom Unite adalah seri yang dikenal karena kontennya paling kaya dalam serial ini.

Ada banyak monster dan subspesies baru yang belum pernah dilihat para penggemar sebelumnya. Demikian pula, monster buas yang lebih tua telah mendapatkan beberapa gerakan baru dan reaksi serangan yang juga baru, yang akan memberikan pengalaman lebih menantang saat berburu monster.

Monster Hunter Freedom Unite juga sangat memudahkan berburu solo dengan penambahan sistem Felyne Comrade. Monster kecil yang menggemaskan ini bergabung dengan pemain selama misi dan membantu mereka untuk memberikan sedikit serangan dan skill.

Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa! Sumber: Favonian Gamer[/caption]

Freedom Unite bertindak sebagai dasar yang bagus untuk franchise Monster Hunter dan masih cukup menyenangkan untuk dimainkan jika kamu sedang mencari tantangan. Satu-satunya yang mungkin kurang mengenakan adalah skema kontrol yang aneh di PSP. Mungkin karena perangkat ini hanya memiliki satu stick analog?

Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa! Sumber: The Evile's Blog[/caption]

Capcom mungkin pernah membuat sedikit "blunder" dalam seri Monster Hunter, terutama pertempuran di air yang tak hanya membosankan, tapi juga sering membuat frustasi.

Untungnya, pengembang memutuskan untuk menghapus ide tersebut di Monster Hunter 4 Ultimate dan menambahkan sejumlah fitur yang lebih baik. Ada beberapa aspek penting dari entri keempat ini, dimulai dari masuknya mode cerita yang lebih hidup.

Monster Hunter 4 Ultimate juga menambahkan lebih banyak gerakan lateral dan vertikal, termasuk animasi mendaki tebing yang lebih halus. Pemain sekarang bisa melompat dan menyerang dari tepian, memungkinkan mereka benar-benar bisa menunggangi monster dan memberikan beberapa damage yang besar.

Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa! Sumber: The Evile's Blog[/caption]

Tak hanya itu, ada senjata baru yang cukup menarik di seri keempat ini, yakni Insect Glaive atau juga dikenal dengan nama Insect Taming Staff. Senjata ini hadir dengan Kinsect spesial yang bisa mengambil essence musuh, yang bisa memberikan beberapa buff berguna tergantung dari monsternya.

Dengan banyaknya fitur baru yang dihadirkan oleh pengembang, sontak membuat Monster Hunter 4 Ultimate menjadi salah satu game terbaik di seri ini.

Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa! Sumber: Nintendo[/caption]

Monster Hunter Generations merupakan sebuah loncatan besar dari game keempat di seri ini. Meskipun membawa kembali sebagian besar fitur inti, Monster Hunter Generations menambahkan lebih banyak fleksibilitas dengan fitur Hunting Styles.

Fitur ini menambahkan empat gaya bermain baru untuk masing-masing dari 14 senjata tersebut. Pemain dapat memilih untuk berburu secara tradisional dengan Guild Style atau memilih cara yang lebih beresiko dengan Adept Style. Berburu terasa jauh lebih mengasyikan dengan cara ini, karena akan lebih banyak strategi saat bermain dengan pemain lain.

Pengembang juga mengenalkan fitur Hunter Arts, yang pada dasarnya merupakan gerakan super cepat yang bisa memberikan buff atau menghasilkan damage yang besar. Mekanisme ini memberi pemain kebebasan untuk memilih metode berburu mereka sendiri, yang akhirnyta menjadikan Monster Hunter Generations menjadi salah satu game paling beragam dalam seri ini.

Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa! Sumber: Game Rant[/caption]

Sayangnya game ini tidak memiliki mode cerita yang tepat (alias tutorial) untuk membantu pemain baru. Solusi untuk itu, pengembang menambahkan mode baru di mana pemain akhirnya bisa berburu sebagai Felyne.

Masih ada dua lagi seri Monster Hunter terbaik. Adakah favoritmu di halaman kedua?

Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa! Sumber: Nintendo UK[/caption]

Franchise Monster Hunter memang terkenal dengan elemen berburu dan penampakan makhluk mengerikannya. Nah, di Monster Hunter Stories pengembang mencoba sesuatu yang baru.

Di seri ini pemain tidak memainkan peran sebagai pemburu (hunter), tapi sebagai Rider yang mengumpulkan telur monster dan membesarkan para hatchling (anak monster). Pertempuran di Monster Hunter Stories berbasis turn-based dan mengikuti gaya bertarung rock-paper-scissors (gunting batu kertas).

Tidak terlalu banyak senjata yang bisa digunakan dalam Monster Hunter Stories ini, jika dibandingkan dengan seri-seri lainnya, yang artinya ini mungkin akan mengecewakan para gamer hardcore.

Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa! Sumber: DualShockers[/caption]

Sebagai RPG berbasis cerita, Monster Hunter Stories memberi narasi terlengkap untuk dinikmati para pemain. Daya tarik utamanya Monster Hunter Stories terletak pada eksplorasi dan koleksinya. Pemain bisa menjelajahi daratan yang luas, lautan terbuka, dan bahkan sampai ke langit sambil menunggang monster favorit. Jika kamu lebih memilih untuk menjinakkan monster ketimbang membunuh mereka, maka Monster Hunter Stories adalah pilihan yang tepat!

Berburu Monster! Ini Dia 5 Game Monster Hunter Terbaik Sepanjang Masa! Sumber: venturebeat[/caption]

Monster Hunter World adalah entri terbaru dalam franchise dan sejauh ini adalah game yang paling mudah "diakses". Diluncurkan untuk konsol game generasi terbaru, PlayStation 4 dan Xbox One, Monster Hunter World menawarkan visual terbaik dari keseluruhan seri dan bahkan menambahkan beberapa fitur baru yang bagus juga.

Pemain mengambil peran sebagai hunter yang melakukan perjalanan ke "New World" untuk bergabung dengan Research Commission. Tidak ada yang berubah, karena intinya tugas pemain adalah berburu monster-monster mematikan.

Semua empat belas jenis senjata muncul di World dan Capcom telah menghapus Hunter Arts dan Styles. Sebagai gantinya, pemain mendapatkan beberapa perlengkapan baru, termasuk Slinger yang bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian musuh.

Banyak fan dan pengamat game mengatakan, Monster Hunter World adalah game Monster Hunter yang paling mudah diakses dan sebuah entri paling sempurna bagi pemain baru yang ingin mencicipi seri Monster Hunter untuk pertama kalinya.

Dari 5 game Monster Hunter terbaik ini, mana yang paling kamu sukai? Beritahu kami lewat komentar ya!

Diedit oleh Doni Jaelani

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU