Bukan Fighters! Musim Baru Gundam Build adalah Divers!

Menepati janjinya, ada musim baru dari proyek Gundam Build, yaitu Gundam Build Divers.

Setelah menunggu cukup lama semenjak Gundam Build Fighters Battlelogue episode kelima, kanal resmi Gundaminfo menepati janjinya akan proyek Gundam Build terbaru. Namun bukan Fighters, tapi Gundam Build Divers.

Pada serial Gundam Build Fighter Battlelogue episode 5, kita mengetahui akan janji dari kanal Gundaminfo bahwa mereka akan merilis musim terbaru dari Gundam Build pada 2 Februari 2018. Benar saja janji itu dipenuhi tanpa kemunduran. Namun yang dirilis bukanlah kelanjutan dari Gundam Build Fighter, melainkan cerita baru dengan judul Gundam Build Divers.

Pada 2 Februari 2018 kemarin, kanal YouTube Gundaminfo mengunggah video prolog dari serial Gundam Build Divers. Prolog ini menceritakan tentang pertandingan final Gunpla Force Tournament ke-14, seperti halnya Gunpla Battle Championship pada serial Gundam Build Fighter Try, namun di seri Divers, satu tim terdiri dari 10 pemain.

Pertandingan final ini diisi oleh dua tim hebat pada saat itu, yaitu tim 7th Panzer Division yang dipimpin oleh Rommel yang isinya menggunakan gunpla tipe monoeye mobile suit  melawan tim Avalon yang dipimpin oleh Kyoya Kujo yang di masa itu merupakan juara pertandingan individual. Di cerita ini juga, Kyoya Kujo dan Rommel terlihat merupakan saingan tingkat tinggi.

Gundam Build Divers

Kiri: Gundam AGE II Magnum, Kanan: Grimoire Red Beret

Sedikit melirik gunpla masing-masing pemimpin. Kujo menggunakan gunpla Gundam AGE II Magnum yang berdasarkan pada Gundam AGE II dari serial Mobile Suit Gundam AGE. Sementara itu, Rommel menggunakan gunpla Grimoire Red Beret yang didasarkan pada mobile suit Grimoire dari serial Gundam Reconguista in G.

Tipe pertandingan yang dipertandingkan adalah siapa yang berhasil menghancurkan bendera lawan maka tim tersebut yang menang, seperti halnya tipe permainan kill the VIP. Hanya saja, lawan tidak mengetahui siapa yang memegang benderanya.

Yang sedikit membuat kejutan adalah munculnya sejumlah gunpla kustom baru yang muncul di seri ini, namun lebih banyak ditunjukan oleh tim 7th Panzer Division. Bahkan ada Big Gun dari Zeon dari seri Mobile Suit Gundam Thunderbolt.

Sejumlah faktor yang membuat serial ini menjadi unik akan penulis jabarkan di bawah ini.

Dunia Multiras

Gundam Build Divers

Tidak seperti serial Gundam Build Fighter yang tentu saja isinya manusia semuanya, di serial Gundam Build Divers, ada berbagai macam ras dalam dunia tersebut seperti ras manusia hewan, manusia bertanduk, dan ras-ras pada dunia fantasi pada umumnya. Di sini, Rommel yang merupakan pemimpin dari 7th Panzer Division adalah ras manusia anjing.

Penulis sempat berpikir apakah ini merupakan dunia Arian, dunianya Reiji, beberapa tahun setelah kembalinya Direktur Utama PPSE, Mashita yang akhirnya berjualan gunpla di Arian.

Menang untuk Avalon, tapi Seri untuk Para Pemimpin

Gundam Build Divers

Meskipun Avalon berhasil menghancurkan bendera lawan, tetapi pertarungan kedua pemimpin tim, yaitu Kyoya Kujo dan Rommel, terhenti akibat momen tersebut. Setelah pertandingan dinyatakan selesai, mereka sedikit berbincang-bincang lalu mengakhiri kontak mereka dengan berjabat tangan dengan gunpla-nya.

Mungkinkah hal ini dikarenakan arena yang terlalu besar sehingga kedua tim terlalu lelah untuk berjalan ke tengah arena? Sedikit pengingat, arena Gunpla Force Tournament ke-14 terlihat lebih besar dari Yajima Stadium.

Semua itu VR!

Gundam Build Divers

Riku (kanan) melepaskan helm VR-nya.

Terlihat di akhir cerita saat Mikami Riku dan temannya, Hidaka Yukio, selesai menonton pertandingan Gunpla Force Tournament ke-14, Riku melepaskan sebuah helm yang disinyalir seperti NerveGear dari serial Sword Art Online. Bisa dikatakan bahwa semua pertandingan, adanya jabat tangan antar mobile suit, dan adanya multi-ras di serial ini adalah karena semua itu berada di dunia virtual.

Salah satu buktinya adalah gaya Riku di dunia virtual seperti karakter fantasi, sementara Riku di dunia nyata mengenakan seragam sekolah. Mungkin inilah alasan kenapa Kyoya Kujo dan Rommel berjabat tangan lewat gunpla mereka karena dimungkinkan mereka tidak dalam satu tempat, dan pertandingan Gunpla Force Tournament diadakan secara online.

Hal ini tentunya cukup memenuhi istilah Divers dalam judul Gundam Build Divers karena pertarungan digelar dalam dunia virtual.

Gunpla Terbaru

Gundam Build Divers

Seperti biasanya, kanal Gundaminfo juga memberikan pengumuman untuk gunpla terbaru mereka. Di akhir video ditunjukan 2 unit gunpla baru. Pertama ada HG 1/144 Gundam AGE II Magnum yang akan dirilis pada Maret 2018, dan yang kedua ada HG 1/144 Gundam 00 Diver yang akan dirilis pada April 2018.

Sejumlah gunpla dari seri Gundam Build Divers lainnya seperti gunpla Ogre GN-XGrimoire Red BeretGM III Beam Master, dan Momokapool juga sudah dipamerkan, namun belum diumumkan kapan akan dirilis.

[dn_adsense]

Diedit oleh Snow

TENTANG PENULIS
Faisal9101

Sedikit dipercaya untuk menjadi pengamat dunia perhobian yang tidak terakreditasi. Namun percayalah bahwa ia akan terus mengamati jika beliau berkehendak.