Kenapa Goten Diperbolehkan Chichi Bertarung Semenjak Kecil?

Semenjak kecil, Gohan selalu disuruh untuk belajar oleh sang Ibu, Chichi. Sebaliknya, Goten malah dilatih menjadi seorang petarung semenjak kecil. Kira-kira kenapa ya?

Berbeda dengan kakaknya yang selalu didorong untuk belajar, Goten malah dilatih bertarung oleh Chichi semenjak kecil!

Gohan adalah salah satu karakter yang dibuang sia-sia menurut banyak fan. Hal ini karena, meski memiliki potensi kekuatan yang tak terbatas, Gohan selalu didorong oleh sang Ibu, Chichi, untuk belajar agar bisa menjadi seorang ilmuwan. Oleh karena itulah, dia selalu disebut kehilangan kekuatan penuhnya di sepanjang seri. Berbeda dengan Gohan, Goten semenjak kecil tidak pernah terlihat didorong ibunya untuk belajar. Malahan, disebutkan bahwa semenjak kecil anak kedua Goku ini sudah dilatih bela diri oleh Chichi.

Hal ini diceritakan sendiri oleh Goten ketika dia sedang berlatih dengan Gohan untuk menghadapi Kejuaraan Bela Diri Dunia ke-25. Dia menjelaskan bahwa dia menjadi Super Saiyan ketika dulu sekali sedang dilatih bela diri oleh ibunya.

Nah, perbedaan perlakuan kepada kedua anak ini tentunya membuat kita bertanya-tanya: kenapa sih Gohan disuruh belajar semenjak kecil sementara Goten malah dilatih bela diri? Pertanyaan ini sendiri tidak pernah dijelaskan di manga Dragon Ball. Akan tetapi, ada beberapa kemungkinan mengapa demikian.

alasan goten boleh bertarung semenjak kecil dragon ball

Salah satu kemungkinan yang bsia menjelaskan hal ini adalah kematian Goku setelah melawan Cell. Tanpa sepengetahuan Goku, Chichi sedang hamil ketika Cell Games berlangsung. Sembilan bulan setelah Cell Games berakhir pun, lahirlah Goten.

Kematian Goku ini mungkin menyebabkan Chichi merasa bersalah. Seperti yang kita tahu, Chichi merasa sangat kehilangan Goku ketika diberi tahu oleh Gohan bahwa Goku telah tewas. Chichi mungkin berpikir, kalau saja dia tidak keras kepala menyuruh Gohan belajar dan berlatih dengan Goku, mungkin Gohan akan mendapatkan kekuatannya (Super Saiyan 2).


CONTINUE READING BELOW

4 Penjahat Dragon Ball yang Pernah Diselamatkan oleh Goku!

Ada banyak penjahat yang muncul dalam seri Dragon Ball. Tapi hanya 4 penjahat Dragon Ball ini saja yang pernah diselamatkan oleh Goku! Siapa sajakah mereka?


Jika saja Gohan telah memiliki Super Saiyan 2 saat Android tiba atau Cell Games berlangsung, maka mungkin Goku atau bahkan Piccolo bisa mengajari Gohan mengenai bagaimana menggunakan kekuatan tersebut dan “kelemahannya”.

Kelemahan Gohan adalah dia terlalu sombong dan cepat puas setiap kali berhasil mendapatkan kekuatan yang luar biasa. Hal ini bisa menjadi sebuah bumerang bagi dirinya dan juga orang-orang disekitarnya. Contohnya saja seperti ketika melawan Cell, yang mana menyebabkan Goku tewas. Lalu, ketika melawan Super Buu, yang mana. karena kelengahannya, Super Buu malah berhasil menyerap Gotenks dan Piccolo.

[dn_adsense]

Hal ini juga diterangkan sendiri oleh Piccolo ketika dia melatih Gohan sebelum Tournament of Power berlangsung. Gohan berhasil mengalahkan Piccolo dan mendapatkan kekuatannya kembali dalam sesi latihan. Saat itu, Gohan yang sudah merasa puas pun menjadi lengah dan menerima serangan Piccolo dari belakang.

Lanjut ke halaman 2!

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.