Mengenal Infinite Crisis, Puncak Kehancuran Universe DC!

DC Universe sudah beberapa kali mengalami krisis. Salah satu nya adalah Infinite Crisis. Infinite Crisis sendiri bisa dibilang lanjutan kehancuran yang disebabkan oleh krisis sebelumnya yaitu Crisis on Infinite Earths. Penasaran kehancuran apa yang terjadi di Infinite Crisis? Ini dia penjelasannya!

Mengenal Infinite Crisis, Puncak Kehancuran Universe DC!

DC Universe sudah beberapa kali mengalami krisis. Salah satunya adalah Infinite Crisis. Infinite Crisis sendiri bisa dibilang lanjutan kehancuran yang disebabkan oleh krisis sebelumnya yaitu Crisis on Infinite Earths. Penasaran kehancuran apa yang terjadi di Infinite Crisis? Ini dia penjelasannya!

Infinite Crisis adalah kejadian di mana semua Earth yang ada di Parallel Universe terbentuk atau kembali lagi di satu universe yang sama. Kejadian ini sengaja dibuat oleh para superhero dari Earth 2 antara lain Superman, Alexander Luthor dan Superboy Prime. Tujuan mereka adalah menggantikan Earth 1 dengan Earth 2 untuk menjadi pusat atau satu-satunya Earth yang ada di Universe.

Mengenal Infinite Crisis, Puncak Kehancuran Universe DC!

Setelah perang yang terjadi di Crisis on Infinite Earths, Earth yang tadi nya hidup di Multiverse menjadi satu kesatuan dan bergabung di Earth 1. Para superhero yang ada di Multiverse pun ikut bergabung di Earth 1 dan beberapa orang dan doppleganger telah terhapus dari timeline.

Mengenal Infinite Crisis, Puncak Kehancuran Universe DC!

Superman, Alexander Luthor, Superboy Prime dan Lois Lane yang berasal dari Earth 2 harusnya juga ikut terhapus setelah Crisis on Infinite Earths. Tetapi agar tidak terhapus dari timeline, mereka menciptakan sebuah dimensi terpisah dari Earth 1 dan menetap di tempat itu dalam waktu yang lama.

Dari tempat tersebut mereka bisa menyaksikan semua yang terjadi di Earth 1. Saat itu, sebelum Infinite Crisis terjadi, Earth 1 sedang mengalami beberapa kehancuran, banyak superhero yang gugur. Hal itu semakin buruk ketika The Trinity (Superman, Batman, Wonder Woman) terpecah belah. Tiga Pahlawan paling ikonik ini bertengkar satu sama lain.

Mengenal Infinite Crisis, Puncak Kehancuran Universe DC!

Superman Earth 2, Alexander Luthor dan Superboy Prime menyaksikan kehancuran ini dan memutuskan untuk mengembalikan Earth mereka yang telah hilang, Earth dimana orang-orang di dalamnya hidup lebih damai dan superhero-nya tidak bertengkar satu sama lain. Rencana ini juga untuk mengambalikan Lois Lane Earth 2 yang sedang sekarat karena hal yang tidak masuk akal. Mereka bertiga percaya bahwa jika mereka bisa mengembalikan Earth 2, Lois Lane juga akan terselamatkan.

Mengenal Infinite Crisis, Puncak Kehancuran Universe DC!

Rencana pengembalian Earth 2 pun disusun oleh Alexander Luthor. Alexander Luthor menyamar menjadi Lex Luthor Earth 1 dan mengumpulkan semua villain dari Earth 1 untuk dia gunakan. Alexander Luthor juga memanfaatkan mereka untuk mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dalam metode pengembalian Earth 2.

Mengenal Infinite Crisis, Puncak Kehancuran Universe DC!

Perang pun tidak bisa dihindari, The Watchtower markas Justice League pun juga ikutan hancur. Hampir superhero yang ada harus melawan Superboy Prime yang sangat kuat. Infinite Crisis ini mengakibatkan semua Earth yang ada di Parallel Universe hidup kembali di luar angkasa dan mengabitkan universe menjadi tidak stabil.

Infinite Crisis pun berakhir dengan penganggalan rencana Alexander Luthor yang dilakukan oleh superhero Earth 1 dan penangkapan Superboy Prime.


Jadi gimana menurut kalian tentang krisis yang satu ini? Jangan lupa untuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar ya! Dan juga lupa untuk membaca event Infinite Crisis secara lengkap di komik Infinite Crisis yang teridiri dari 7 issue.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU