Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Apakah mobage favorit kalian masuk ke dalam daftar 10 besar ini?

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Dengan banyaknya daftar mobage yang ada, baik yang lama maupun yang baru dirilis, terkadang kita akan bertanya game apa yang hingga saat ini paling sering dimainkan oleh pengguna smartphone di Jepang. Sebuah survey di Jepang berhasil mendaftarkan 10 mobage terpopuler!

Sudah bukan rahasia lagi apabila mobile game atau yang disingkat sebagai mobage di Jepang merupakan salah satu permainan yang paling sering dimainkan. Akses yang mudah serta gratis membuat pengguna smartphone tertarik untuk mencoba hingga akhirnya ketagihan.

Hingga saat ini, sudah ada sangat banyak mobage yang beredar, baik dari Jepang maupun luar Jepang. Sebuah survery di Jepang diberikan kepada pengguna ponsel pintar untuk mencaritahu sepuluh besar mobage terpopuler yang hingga saat ini masih ramai dimainkan. Yuk, kita lihat apa saja yang dimainkan oleh para gamer di Jepang!

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Memulai daftar mobage terpopuler kali ini, Jikkyou Pawafuru Puro Yakyu atau Real Life Powerful Pro Baseball menduduki peringkat terbawah dalam daftar ini. Game ini juga merupakan satu-satunya mobage dengan genre sport. Pada permainan ini, pengguna ponsel pintar dapat memainkan tim baseball favorit mereka melawan pemain lainnya.

Dikembangkan oleh Konami, game ini awalnya merupakan game untuk konsol. Sebagai satu-satunya game olahraga di daftar ini, tidak begitu banyak orang yang mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli in-app purchase pada game ini.

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Menduduki peringkat ke sembilan, Shadowverse yang dikembangkan oleh Cygames merupakan Trading Card Game dengan aspek yang mirip dengan Hearthstone. Mekanika permainan yang mirip serta karakter-karakter ikonik dari seri Cygames membuat game ini ramai dimainkan.

Salah satu aspek menarik dari game ini datang dari pack gratisan yang seringkali dibagikan secara gratis. Pemain tidak perlu membuang uang banyak-banyak untuk merakit deck, cukup dengan rajin login dan bermain, mereka akan mendapatkan pack gratis atau gold untuk membeli pack.

Tidak hanya itu saja, setiap kartu yang dihadirkan pada Shadowverse memiliki voice masing-masing, yang membuat TCG satu ini terasa lebih hidup. Dukungan untuk dimainkan pada PC juga menjadi poin tambahan untuk para gamer yang ingin melihat tampilan yang lebih wah.

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Hadir sebagai pemain lama di segmen mobageShironeko Project merupakan RPG yang hanya perlu dikendalikan menggunakan satu tangan saja. Tampilan grafis 3D yang menarik membuat game ini menarik untuk dimainkan baik sendiri maupun bersama teman.

Bahkan, game ini berhasil masuk jajaran 10 besar game dengan in-app purchase yang paling sering dibeli!


Penasaran dengan mobage terpopuler lainnya? Klik halaman selanjutnya!

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Jika idol cantik bukanlah game yang kalian incar, bagaimana kalau idol pria-pria yang tampan nan menawan? Ensemble Stars merupakan game music rhythm yang dikhususkan untuk kaum hawa, dengan tokoh-tokoh pria yang charming.

Hadir dengan gameplay ala beat rhythm, para pemain akan diajak untuk merakit unit kesayangan mereka untuk mendapatkan high-score pada masing-masing lagu yang dapat diakses secara gratis.

Tidak hanya Ensemble Stars! saja, versi idol wanita ini dirilis dengan nama Ensemble Girls! Namun tentu saja, popularitas Ensemble Girls masih kalah populer dengan Love Live maupun IDOLM@STER.

 

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Para penggiat mobage dan penikmat anime tentu sudah tidak asing dengan nama satu ini. Menduduki peringkat ke enam di daftar mobage terpopuler, Granblue Fantasy merupakan game berbasis browser yang hadir dengan tampilan dua dimensi yang lucu dan unik.

Namun tunggu dulu, jangan terperangkap dengan tampilannya yang serba simpel! Turn-based RPG gratis ini menghadirkan Hideo Minaba sebagai desainer karakter untuk GBF! Tidak hanya itu saja, Nobuo Uematsu juga bertugas untuk mengatur aransemen lagu pada game ini.

Saking populernya, Granblue Fantasy berhasil diadaptasi menjadi serial animasi pendek berjudul Granblue Fantasy: The Animation. Pada seri ini, Gran selaku karakter pria dijadikan sebagai tokoh utama yang bermimpi menjadi skyfarer untuk mengeksplorasi dunia yang luas.

 

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Pada perang fandom idol, seringkali kita mendengar perseteruan antar dua kubu, salah satunya adalah kubu dari game ini. Ya, Love Live yang berawal dari anime yang mengisahkan tentang 9 murid sekolahan yang ingin menyelamatkan sekolah mereka diangkat menjadi game gacha gratis!

Berbeda dengan kubu lawan, game ini selalu diperbarui dengan karakter-karakter terbaru untuk setiap serinya. Tidak hanya anggota Muse saja yang akan dapat kalian mainkan, Aqours juga tampil pada game ini!

Satu faktor cukup unik terdapat pada gameplay yang ditawarkan. Pada LLSIF, lane yang ditampilkan berbentuk setengah lingkaran dengan total 9 lane. Hal ini tentunya akan terasa asing bagi para gamer yang terbiasa dengan lane datar pada rhythm game kebanyakan.

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Duduk di peringkat ke empat, Monster Strike hadir sebagai turn-based Roleplaying game yang unik! Jika pada umumnya pemain disuguhkan opsi untuk memilih tipe serangan, maka pada Monster Strike kalian akan bermain dengan menarik para monster layaknya ketapel!

Gameplay yang unik, hingga 1000 monster yang dapat dikoleksi hingga beragam mode permainan seperti co-op membuat game ini awet dimainkan oleh segala macam gamer!


Bisa ditebak 3 besar dari mobage terpopuler? Klik halaman selanjutnya!

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Urutan ke tiga sekaligus game idol terpopuler di daftar ini, IDOLM@STER Cinderella Girls Starlight Stage berhasil mencapai peringkat tiga besar dalam mobage terpopuler.

IDOLM@STER saat ini sudah hadir sejak sangat lama hingga akhirnya mulai masuk menuju pasar mobile dengan Cinderella Girls sebagai game pertama mereka. Starlight Stage merupakan versi baru dengan tampilan yang lebih indah serta gameplay yang intuitif, berbeda dengan seri orisinilnya yang hanya merupakan game berbasis social network.

Faktor yang membuat game ini berbeda dengan music rhythm lainnya adalah penggunaan grafis 3D yang indah dan memukau. Tentunya, opsi ini bisa dimatikan apabila pemain tidak memiliki ponsel dengan spesifikasi yang tinggi.

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Bejeweled? Bukan, game ini merupakan Puzzle & Dragons, salah satu puzzle RPG lama yang hingga saat ini masih banyak dimainkan oleh gamer mobile! Sama seperti Monster Strike, kalian akan diajak untuk merakit tim naga terkuat kalian.

Jika dilihat secara sekilas, game ini tampak seperti Bejeweled, namun game ini ternyata memiliki mekanika permainannya sendiri. Dengan memindahkan gem menuju lokasi lainnya, pemain diajak untuk mendapatkan combo sebanyak-banyaknya untuk melancarkan serangan serta skill masing-masing naga.

Ini Dia, Top 10 Mobage Terpopuler di Jepang Berdasarkan Survey!

Sudah tidak perlu kaget lagi apabila Fate/Grand Order akan menduduki peringkat pertama dalam daftar mobage terpopuler ini.  Berawal dari seri Visual Novel Fate/Stay Night, popularitas dari seri VN dewasa ini diangkat menjadi beberapa adaptasi!

Saat ini, adaptasi dari seri Fate dibawa ke dalam beberapa media, seperti anime, movie maupun game konsol. Hadir sebagai mobage pertama dari seri Fate, FGO langsung mendapatkan jumlah pemain yang tinggi berkat popularitasnya!

Gameplay-nya pun juga tergolong simpel. Dengan model turn-based, pemain akan memiliki opsi untuk memilih tiga jenis serangan, Quick, Burst dan Arts. Menggabungkan tiga serangan dengan jenis yang sama akan meningkatkan total damage yang diterima.


Kesepuluh game ini merupakan daftar lengkap dari 10 mobage terpopuler di Jepang. Apakah kalian memainkan salah satu dari game ini? Sudah berapa jumlah uang yang kalian bakar hanya untuk gacha?

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU