5 Hal yang Membuat Dunia Game Semakin Baik dari Waktu ke Waktu

Para pekerja di developer seakan bebas untuk menuangkan ide mereka dan akhirnya lahirlah game-game yang sangat keren seperti yang kita kenal. Di luar cerita, grafis, dan gameplay, ada banyak hal yang membuat dunia game semakin baik dari waktu ke waktu.

Dunia game itu dinamis. Para pekerja di developer seakan bebas untuk menuangkan ide mereka dan akhirnya lahirlah game-game yang sangat keren seperti yang kita kenal. Di luar cerita, grafis, dan gameplay, ada banyak hal yang membuat dunia game semakin baik dari waktu ke waktu.

Bahkan, para developer seakan benar-benar membuat dunia atau industri game saat ini sudah jauh lebih modern dan futuristik dibandingkan dengan industri game zaman dulu. Setidaknya ada lima hal yang menandai bahwa dunia game semakin baik dari waktu ke waktu.

Perkembangan industri game bisa dikatakan sangat luar biasa pesat. Dulu, kita melihat grafis game adalah bukan sesuatu hal yang vital dan developer membuat visual di dunia game alakadarnya. Tapi sekarang, dengan didukung oleh engine yang bagus, para developer bisa membuat grafis sebuah game nyaris menyerupai fotografi asli. Bahkan, grafis yang bagus sudah menjadi sebuah keharusan bagi para developer. Begitupun dengan para gamer.

Gamer bisa menganggap game A jelek hanya karena grafisnya yang kurang memukau. Namun disamping masalah grafis, sebenarnya banyak faktor-faktor yang membuat dunia game semakin baik. Bahkan beberapa faktor yang membuat dunia game semakin baik ini bukan di dalam game melainkan di luar game itu sendiri.


CONTINUE READING BELOW

5 Senjata Paling Lemah yang ada di Game, Kalian Perlu Tahu!

Senjata merupakan aspek yang paling penting di dunia game. Senjata seolah menjadi jalan bagi seorang gamer untuk bisa menamatkan sebuah game. Ironisnya, terdapat beberapa senjata yang dianggap sebagai senjata paling lemah di game.


Saya sangat penasaran dengan hal ini. Oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas mengenai hal ini. Kalian yang merasa penasaran bisa langsung membaca artikel ringan ini sampai habis. Biar lebih enjoy, jangan lupa sediakan cemilan dan snack ya guys!

1

Kualitas Grafis Menakjubkan

Uncharted 4 A Thief's End

Hal pertama yang membuat dunia game semakin baik dari masa ke masa adalah grafis. Ya, ketika era konsol khususnya PlayStation baru lahir di industri game, kita hanya akan melihat grafis 2D yang gambarnya pun tidak begitu baik.

Namun perlahan tapi pasti, para developer mempu memanfaatkan kekuatan engine PS1 dan mulai banyak memproduksi game-game dengan kualitas grafis yang baik serta pengaplikasian FMV. FMV ini biasanya banyak kita temui di game dengan genre RPG. Selain itu, grafis yang dihasilkan juga sudah mulai halus.

Menjelang akhir kejayaan PS1, kita disuguhkan dengan game-gem bergrafis mentereng seperti Final Fantasy IX, Legend of Dragoon, dan lainnya. Tapi sayangnya, meski mentereng, resolusi game tersebut masih tergolong rendah,

Beranjak ke PlayStation 2, sudah banyak peningkatan resolusi yang semakin baik. Gambar yang diproduksi pun sangat halus. Namun faktor grafis benar-benar berkembang signifikan ketika memasuki era PlayStation 3. Bahkan ketika pertama kali membeli PS3 dan memainkannya, saya dibuat sangat takjub.

Bagaimana tidak, PS3 mendukung resolusi high definition atau 720p yang memang merupakan standar monitor dan TV pada saat itu (sekitar tahun 2006). Di PS3, kita diperkenalkan dengan grafis-grafis halus hampir menyerupai fotografis asli.


CONTINUE READING BELOW

Tak Hanya Kung Lao dan Liu Kang, Ini 5 Martial Artist Terbaik di Mortal Kombat!

Mortal Kombat merupakan game yang selalu asik untuk dibahas. Salah satu yang patut untuk dibahas adalah Martial Artist terbaik di Mortal Kombat.


Bahkan, salah satu yang membuat saya kagum adalah ketika saya memainkan game Devil May Cry 4 yang grafisnya jauh di atas Devil May Cry 3 yang ada di PS2. Tak berhenti sampai di situ, kemajuan grafis terus ditunjukkan ke arah yang lebih baik oleh para developer.

Di tahun 2014, kita diperkenalkan dengan PlayStation 4 dan Xbox one yang memiliki resolusi sebesar 1080p bahkan untuk PS4 Pro dan Xbox One X bisa mencapai resolusi 4k! Saat PS4 baru diluncurkan, kita diperkenalkan dengan game Assassin’s Creed Unity dan Watchdogs yang benar-benar memiliki visualisasi jempolan.

Padahal, grafis PS3 sudah sangat bagus dan hal ini disempurnakan di PS4 yang memang terlihat lebih real. Kemajuan grafis ini juga membuat industri game saat ini kurang lebih menggunakan peralatan yang hampir serupa dengan pembuatan film hollywood. Bahkan menurut saya pribadi, industri game sekarang bukanlah industri game yang dulu karena industri sekarang sudah bisa dibilang setara dengan industri film-film besar di luar negeri.

2

Pengaplikasian Internet

larangan unik di cina

Saat ini hampir semua game bisa terhubung dengan internet. Malah, sekarang ini internet seakan menjadi bagian vital bagi sebuah game. Contohnya, sebuah game akan memiliki fitur online bila kita menggunakan internet dan fitur online tersebut tidak akan tersedia bila dimatikan.

Setidaknya hal ini tercermin di Grand Theft Auto IV dan V yang masing-masing memiliki fitur online yang mengasyikan. Selain itu, internet juga memudahkan pekerjaan para developer. Mengapa mudah?

Ya, biasanya ada beberapa game yang tidak akan berjalan sempurna ketika baru dirilis. Pasti ada saja kekurangan dari game-game tersebut baik secara visual maupun Framerate per second (FPS). Namun dengan adanya internet, developer bisa leluasa dan langsung membetulkan game tersebut. Caranya dengan melempar patch ke internet baik melalui Steam maupun ke server gamenya itu sendiri.

Hal ini membuat gamer yang merasa gamenya kurang nendang bisa langsung mengunduh patch tersebut baik itu gamer konsol maupun gamer PC.


CONTINUE READING BELOW

Inilah 5 Fakta Kitana Mortal Kombat, Putri Angkat Shao Kahn yang Cantik dan Mematikan!

Mortal Kombat dipercaya menjadi salah satu dari game fighting yang selalu sukses mencuri perhatian. Dari konsol jadul hingga sekarang, Mortal Kombat selalu menarik untuk dibahas termasuk soal fakta-fakta karakternya. Kali ini yang akan kita bahas adalah putri Kitana.


Beda dengan dulu, kita akan kesulitan untuk mendapatkan patch karena memang internet belum memadai. Kemajuan ini juga membuat gamer bisa mendapatkan update rutin dari setiap game yang dibelinya. Entah itu DLC atau patch hanya untuk membetulkan performa game tersebut. Pengaplikasian internet di dalam sebuah game menandai bahwa dunia game semakin baik dari masa ke masa.

Oiya, dulu untuk bermain multiplayer, kita harus bermain dengan dua stik. Bahkan bila ingin bermain dengan orang yang lebih banyak, kita harus menggunakan converter.

Tapi sekarang, kita tidak usah bermain dengan dua stik bila ingin bermain multiplayer, karena semuanya bisa saling terhubung dengan internet meski kalian bermain di konsol yang berbeda. Keren bukan?

Nah, apalagi yang yang membuat dunia game semakin baik dari masa ke masa? Yuk kita langsung melangkah ke halaman selanjutnya.

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!