Review Tekken Mobile: Game HP Gratis dengan Grafis Gurih!

Nggak bisa main game Tekken di PlayStation 4? Mungkin game Tekken Mobile ini bisa menjadi alternatif tersendiri. Yuk, baca review-nya di artikel ini!

Review Tekken Mobile: Game HP Gratis dengan Grafis Gurih!

Sempat merilis Tekken 7 untuk konsol generasi saat ini, Bandai Namco kembali memberikan kejutan yang sangat luar biasa dengan menghadirkan game mobile berkualitas bertajuk Tekken. Saya sendiri menyebutnya Tekken Mobile.

Semalam, rekan saya bilang bahwa dia penasaran dengan seluruh aspek yang ada di game Tekken versi Mobile. Saya yang tidak begitu banyak mengikuti mengenai perkembangan game mobile langsung kaget dan tidak percaya bahwa Tekken mobile memang benar adanya. Saat itu juga saya langsung melakukan cek di PlayStore karena platform yang saya gunakan adalah Android.

Saat itu saya melihat bahwa Tekken Mobile memang ada dan yang paling gila adalah game ini gratis! Biasanya, game Tekken akan dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi oleh Bandai Namco. Bahkan Tekken 7 saja harganya bisa mencapai Rp 500 ribu. Nah, mengapa Tekken mobile ini diberikan gratis? Awalnya saya mengira Bandai Namco akan membanderol harga game ini dengan harga yang cukup tinggi.

Tapi meskipun gratis, game yang satu ini menyimpan banyak nilai plus yang harus kalian sambut dengan tangan terbuka. Bahkan saya tidak ragu untuk mengatakan bahwa game Tekken mobile ini mirip sekali dengan game versi konsolnya di segala aspek. Mau tahu apa saja yang dipersembahkan oleh game ini? Penasaran? Langsung saja simak review Duniaku.net ini sobat.

**Oiya, pengujian yang saya lakukan menggunakan Handphone Samsung Galaxy S6 dengan update terbaru.

Review Tekken Mobile: Game HP Gratis dengan Grafis Gurih! Sumber: Tekken Mobile[/caption]

Saat masuk ke dalam game, kita kemudian dihadapkan oleh tutorial bagaimana kita memainkan game ini mulai dari cara bertarung hingga melayangkan berbagai macam kombo. Tutorialnya sendiri terasa asyik dan itulah kerennya game ini. Tekken mobile memberikan sensasi bermain yang ciamik bahkan sejak tutorial! Dihadapkan dengan tutorial yang asyik, saya langsung penasaran dengan apa yang game ini tawarkan.

Ketika tutorial selesai, saya langsung lanjut memainkan story mode. Dalam satu Story mode, kita akan dihadapkan dengan beberapa part dan setiap part memiliki boss uniknya masing-masing. Seperti yang saya dapatkan, boss pertama yang harus saya hadapi adalah Paul.

Bicara soal gameplay, game Tekken mobile masih mempertahankan sentuhan brutal khas Tekken yang selama ini kita kenal. Pergerakkan karakter yang berat namun dengan diimbangi oleh pukulan dan tendangan yang luar biasa membuat kita merasa seperti sedang bermain Tekken versi konsol. Gameplay solid dan sangat halus yang diterapkan oleh Bandai Namco untuk Tekken mobile dipastikan akan langsung membuat kalian jatuh hati.

Review Tekken Mobile: Game HP Gratis dengan Grafis Gurih! Sumber: Tekken Mobile[/caption]

Daritadi saya berbicara masalah combo dan combo, memangnya bisa menyematkan combo untuk game mobile? Sebelum menjawab itu, saya akan menjelaskan dulu soal mekanisme pukul-memukul di game ini. Tekken mobile memiliki mekanisme layaknya game fighting lain di android seperti Battle of God atau Mortal Kombat X. Sistem dari Tekken mobile ini tidak jauh beda karena game ini menggunakan sistem tap-tap play dan slide play. Untuk bergerak maju mundur, kalian hanya perlu mengusap layar ke depan dan belakang.

Terus mukul dan nendang gimana? Mukul dan menendangnya, kalian harus menekan layar di sebelah kanan dan untuk menangkis, kalian harus tap dan tekan layar sebelah kanan dan kiri. Kemudian jika kalian menekan layar dan kemudian menekannya beberapa detik, kalian akan memicu jurus berat yang damagenya sangat besar.

Lalu gimana combo-nya? Combo di game ini tersedia dua buah. Selain melakukan tap tiga kali, kita juga diperkenankan melakukan combo dengan kartu. Setiap combo bisa kalian bongkar pasang sebelum pertarungan dimulai, cool.

Di gambar, ada tiga kartu yang memiliki cooldown. Bila ketiga kartu sudah selesai cooldown, kalian bisa langsung mengeksekusi combo dengan menekan kartu itu satu per satu. Intinya, gameplay yang disematkan oleh Tekken mobile sangat halus dan mengasyikkan. Bila memberikan nilai, saya akan memberikan gameplay game ini dengan nilai 98/100.

Oiya, jelang menghadapi pertarungan, selain bisa mengatur combo, kita juga bisa melakukan recovery. Karakter yang terluka lama-kelamaan akan semakin lemah dan harus segera di recovery. Kalian hanya harus mengumpulkan recovery fragmen dari hasil pertarungan-pertarungan kalian.

Bila karakter kalian sudah kuat, kalian bisa memainkan versus online atau memilih Dojo Challenge. Pilihan yang satu ini bisa kalian pilih ketika level akun kalian sudah mencapai level empat.

Nah, ada pembahasan apalagi ya yang kita bahas dari game yang satu ini? Langsung meluncur ke halaman selanjutnya!

Review Tekken Mobile: Game HP Gratis dengan Grafis Gurih! Sumber: Tekken Mobile[/caption]

Bagi gamer konsol atau PC, grinding merupakan hal yang membosankan. Namun untuk game mobile, grinding justru menjadi hal yang nikmat karena game mobile bisa dimainkan kapanpun dan kapanpun. Bayangkan bila game konsol atau PC, main game jarang-jarang malah dipaksa grinding, hahaha.

Bagi yang malas, kalian tinggal membeli berbagai macam diamond untuk membeli peti-peti yang isinya karakter atau skill-skill tertentu. Namun bagi yang tidak mau menghabiskan uangnya, Grinding menjadi jalan tengah.

Review Tekken Mobile: Game HP Gratis dengan Grafis Gurih! Sumber: Tekken Mobile[/caption]

Kalian hanya harus mengumpulkan uang sebanyak mungkin untuk membeli peti, mulai dari peti standar hingga yang terbaik. Memainkan story mode hingga selesai akan membuat kalian kaya raya, asal uang yang kalian pergunakan harus dihemat-hemat.

Bila karakter kalian masih cukup kuat, tidak usah membeli karakter atau equip lainnya. Sebagai informasi, kalian akan dimodali karakter bintang 1. Karakter ini bisa kalian naikkan levelnya. Saya sendiri belum mencoba apakah karakter bintang 1 ini bisa dinaikkan bintangnya seperti di Mortal Kombat atau tidak (seharusnya sih bisa).

Oiya, usai menang menghadapi boss di story mode, kalian akan mendapatkan berbagai macam hadiah, salah satunya adalah fragmen karakter. Fragmen ini berguna untuk ditukarkan untuk mendapatkan karakter tertentu. Namun syaratnya, kalian harus mengumpulkan fragmen ini hingga 10 buah. Intinya, game ini menuntut kalian untuk sabar hingga menjadi kuat. Tapi dengan gameplay yang maksimal, tentu saja grinding akan dilakukan dengan senang hati.

Game ini memang pay to win, namun bukan berarti yang membayar bisa mutlak menjadi kuat. Dengan kesabaran dan grinding, main gratisan juga bisa jadi kuat kok.

Review Tekken Mobile: Game HP Gratis dengan Grafis Gurih! Source: Tekken Mobile[/caption]

Game zaman sekarang seperti tidak bisa dilepaskan dari grafis ciamik. Wajar memang, karena engine untuk membuat game dengan grafis yang memukau semakin banyak saat ini. Tekken Mobile memiliki grafis yang bahkan harus diakui lebih keren dan ciamik dari PlayStation 2 sekalipun. Lingkungan dan karakter begitu detail. Setiap otot karakter hingga uratnya sekalipun digambarkan dengan sangat detail.

Sepertinya harus diakui Tekken Mobile memiliki grafis setara dengan Mortal Kombat X mobile yang memiliki ukuran hingga 1,5GB. Namun hebatnya, Tekken Mobile memiliki ukuran data yang jauh di bawah itu. Selain detail karakter yang memukau, detail lingkungan di game ini juga tidak kalah gurih. Selain memiliki detail dan tingkat pencahayaan hampir setara versi PlayStation 4 (agak lebay sih), game ini juga menyajikan efek lingkungan.

Efek lingkungan yang dimaksud adalah ketika karakter terjatuh dan terpukul, maka akan ada retakan-retakan lantai yang menyertainya. Efek seperti ini benar-benar luar biasa diterapkan di mobile. Selain itu efek dan sensasi ketika melakukan jurus juga sama seperti versi PlayStation 4. Akan ada efek-efek lebay yang menyertainya ketika kita atau musuh melakukan serangan biasa maupun serangan fatal.

Saya harus akui game ini menjadi salah satu game paling direkomendasikan untuk para gamer khususnya para gamer mobile. Di sini Bandai Namco juga seakan menunjukkan kelasnya bahwa mereka tidak ingin setengah-setengah dalam membuat Tekken Mobile. Grafis ciamik dan gameplay yang luar biasa membuat kita lupa bahwa game ini merupakan game yang memiliki celah sebagai pay to win.

Review Tekken Mobile: Game HP Gratis dengan Grafis Gurih! Sumber: Tekken Mobile[/caption]

Game dengan fitur online tentu saja membutuhkan koneksi internet yang baik agar bisa berjalan maksimal. Untuk game Tekken Mobile, sepertinya adalah kewajiban memiliki internet yang cepat dan stabil. Saya tidak tahu apakah gamenya yang error atau bagaimana, saya menggunakan paket data dengan jaringan H+ (4G sedang tidak aktif), game tidak mau dibuka dan dengan wifi kantor juga begitu.

Sementara saya melakukan tes game ini dengan wifi rumah yang bisa dikatakan cukup stabil jaringannya. Tapi yang pasti, loading di game ini cukup lama dan masih butuh perbaikan. Karena loading yang lama ini turut mengganggu aktivitas.

Bila loading lama disebabkan karena gamenya, maka Bandai Namco wajib melakukan pembenahan. Tapi bila koneksi internetnya yang membuat game ini mendapatkan loading lama, maka saya sarankan kamu menggunakan internet cepat atau seminim-minimnya yang stabil.

Yang manapun itu, loading lama adalah minus dari game ini.

Review Tekken Mobile: Game HP Gratis dengan Grafis Gurih! Sumber: Steam[/caption]

OverallTekken Mobile bisa dikatakan sebagai salah satu game terbaik yang ada di mobile. Game yang satu ini seakan berhasil mempertahankan identitas Tekken sebagai salah satu game fighting terbaik yang pernah ada. Selama saya main game, jarang rasanya mendengar bahwa game Tekken gagal total.

Di versi mobile, gameplay-nya terasa nendang dan grafisnya gurih, meskipun ada beberapa kekurangan seperti loading yang lama. Namun meski begitu, mengumpulkan karakter kuat untuk kalian mainkan membuat game ini seperti tanpa celah karena akan membuat kalian lupa dengan kekurangan game ini.

Game ini sangat cocok dan benar-benar direkomendasikan untuk para gamer khususnya gamer mobile. Saya sendiri langsung terbuai dengan apa yang ditawarkan oleh Tekken mobile ini.

Tekken Mobile bisa kamu mainkan melalui perangkat iOS dan Android.

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU