Bagaimana Luffy Bisa Menggunakan Haoshoku Haki untuk Gear 4? Ini Spekulasinya!

Tampaknya, untuk Snake Man Luffy akan memaksimalkan penggunaan Kenbunshoku dan Bushoshoku Haki. Tapi gimana Luffy bisa menggunakan Haoshoku Haki juga? Ini pembahasannya!

Bagaimana Luffy Bisa Menggunakan Haoshoku Haki untuk Gear 4? Ini Spekulasinya!

Luffy adalah petarung yang langka di One Piece. Dia bukan hanya menguasai Kenbunshoku dan Bushoshoku Haki, namun juga salah satu dari sangat sedikit manusia yang memiliki Haoshoku Haki; Haki-nya para raja.

Sejak latihan dengan Rayleigh di Pulau Rusukaina, Luffy bisa menggunakan ketiga Haki itu dengan lebih baik. Namun masih ada ruang bagi dirinya untuk mengembangkan masing-masing kemampuan tersebut.

Dengan Snake Man, tampaknya Luffy akan memaksimalkan Kenbunshoku Haki. (Tanpa melupakan Bushoshoku tentu saja, karena kalau tidak ia tidak akan bisa menyakiti Katakuri). Tapi bagaimana dengan Haoshoku Haki?

Bisa jadi wujud Gear 4 Luffy setelah Snake Man juga akan mengintegrasikan Haoshoku Haki, sehingga Luffy memiliki wujud yang memanfaatkan semua fungsi Haki.

Apa Sih Guna Haoshoku Haki?

Bagaimana Luffy Bisa Menggunakan Haoshoku Haki untuk Gear 4? Ini Spekulasinya!

Walau dikatakan sebagai Haki langka, Haoshoku Haki sejauh ini justru yang kurang terasa efeknya.

Bushoshoku Haki mengizinkan pengguna untuk memukul para Logia, yang seharusnya tak tersentuh. Kenbunshoku bisa digunakan untuk memprediksi serangan musuh dan menghindarinya dengan efektif.

Haoshoku memang bisa meng-K.O., musuh tanpa pertarungan, tapi musuh-musuh yang ditaklukkan Luffy dengan teknik ini kebanyakan hanya begundal kelas rendah. Ini diperlihatkan di Pulau Fishman maupun dalam pertarungan dengan Katakuri. Para preman rendahan memang ambruk, namun ujung-ujungnya Luffy masih harus menghadapi musuh besar yang tidak terpengaruh sama sekali.

Luffy juga bisa menggunakannya untuk adu dominasi mental saat menghadapi monster atau hewan buas, sehingga Luffy justru dapat menjinakkan makhluk tersebut.

Jadi, bagaimana Haoshoku Haki bisa digunakan dalam wujud Gear 4?

Merontokkan Anak Buah Musuh dengan Lebih Efektif?

Bagaimana Luffy Bisa Menggunakan Haoshoku Haki untuk Gear 4? Ini Spekulasinya!

Luffy mungkin bisa menggunakan Haoshoku Haki dengan lebih baik sekarang, tidak seperti dirinya dulu yang hanya bisa melepasnya saat dalam tekanan emosi hebat. Tapi ada indikasi ia belum benar-benar dapat memanfaatkannya dengan efektif.

Ada beberapa situasi di mana Luffy sudah harus kerepotan melawan musuh tangguh, seperti Katakuri, namun ia sekalian di-bully juga oleh anak buah musuhnya. Kalau saja kendali Haoshoku Haki-nya sudah lebih baik, seharusnya ini tidak terjadi, dan musuh-musuh itu sudah rontok tanpa perlu ia tangani.

Ingat saja Shanks, yang bisa membuat banyak sekali anak buah Whitebeard mencium permukaan kapal hanya dengan berjalan saja.

Jadi salah satu implementasi Haoshoku Haki yang paling jelas dalam wujud Gear 4 Luffy adalah Luffy terus-menerus memancarkan aura raja ini, sehingga benar-benar hanya dirinya dan musuh utamanya saja yang bertarung. Para keroco akan rontok dengan sendirinya.


Kemungkinan lain impelentasi Haoshoku Haki ke wujud Gear 4 Luffy bisa kamu cek di halaman kedua!

Membuat Musuh Kehilangan Fokus

Bagaimana Luffy Bisa Menggunakan Haoshoku Haki untuk Gear 4? Ini Spekulasinya!

Kalau dibandingkan Rayleigh dan Shanks, Haoshoku Haki milik Luffy memang terasa masih level dasar.

Yang menarik adalah, saat Rayleigh melepas Haoshoku Haki-nya di lelang Sabaody, ia tampaknya tidak melakukannya dengan serius. Namun tetap saja salah satu anak buah Law, yang sukses bertahan, mengeluhkan kalau dirinya nyaris ambruk.

Luffy mungkin bisa mengembangkan Haoshoku Haki-nya menjadi lebih mantap lagi, hingga musuhnya yang kebal sekalipun tetap merasakan efeknya.

Dalam pertarungan, fokus adalah hal yang utama. Kalau kamu lengah sedikit saja, musuh akan dengan mudah memanfaatkan kesempatan untuk menghajarmu. Bahkan Rob Lucci pun bisa dibilang takluk karena ia sempat mengira pertarungannya dengan Luffy sudah berakhir, lalu Luffy bangkit lagi dan menghajarnya.

Haoshoku Haki pada dasarnya memberi tekanan karisma ke target tertentu. Bila tekanan Luffy sudah selevel Shanks atau Rayleigh, ia mungkin bisa membuat musuhnya kehilangan fokus, sehingga ia dapat memberi mereka satu-dua pukulan telak dengan mudah.

Namun bagaimana bisa ia melakukan ini?

Haoshoku Haki Difokuskan ke Satu Target

Bagaimana Luffy Bisa Menggunakan Haoshoku Haki untuk Gear 4? Ini Spekulasinya!

Tapi kemungkinan yang paling menarik adalah: sejauh ini Haoshoku Haki selalu disajikan menyebar.

Mungkin dalam mengembangkan wujud Gear 4  Luffy baru, Luffy akan mencari cara untuk memfokuskan Haoshoku Haki-nya ke satu target.

Haoshoku Haki Luffy sudah sangat besar, sampai-sampai mampu meng-K.O. orang sebelum ia bisa mengendalikannya. Kalau aura kekuasaan ini difokuskan ke satu orang, mungkin musuh Luffy juga akan senantiasa diserang oleh tekanan batin, hingga fokus mereka lenyap.

Ini sebenarnya bisa vital kalau digunakan untuk melawan musuh yang menggunakan Kenbunshoku Haki, karena Haki yang satu itu benar-benar harus digunakan dengan fokus. Katakuri saja sempat dihajar Luffy saat emosinya menggila karena Kenbunshoku Haki-nya ikut berantakan.

Kemungkinan Lain: Aura Haki Memperkuat Sekutu?

Bagaimana Luffy Bisa Menggunakan Haoshoku Haki untuk Gear 4? Ini Spekulasinya!

Untuk yang satu ini sih jelas hanya spekulasi, soalnya Haoshoku Haki belum pernah diperlihatkan digunakan dengan cara begini.

Walau namanya adalah Haki yang biasa dimiliki para raja, sejauh ini Haoshoku Haki hanya ditunjukkan sebagai senjata intimidasi untuk menyelesaikan pertarungan dengan cepat dan efektif menghadapi sekumpulan orang lemah.

Tapi bagaimana kalau Haoshoku Haki juga memiliki fungsi lain untuk memperkuat sekutu? Mengingat betapa Luffy mengedepankan para nakama, bisa jadi Haoshoku Haki-nya akan berkembang untuk membantunya memperkuat teman-temannya, bukan lagi sekedar mengintimidasi.

Soalnya, seorang raja yang baik pastinya bukan hanya mereka yang mampu membuat musuh ketakutan, tapi juga mereka yang mampu membangkitkan semangat anak buahnya untuk bertempur.

Bisa dibayangkan kalau diam-diam Shanks dan Gol D. Roger juga menguasai aplikasi Haoshoku Haki seperti ini, dan itulah kunci mereka bisa menjadi begitu kuat meski sebagian besar kru mereka bukan pemakan Buah Iblis. Keberadaan Shanks dan Roger saja membuat kru mereka menjadi jauh lebih kuat.


Nah, itulah spekulasi penulis bagaimana kira-kira Haoshoku Haki bisa dimanfaatkan Luffy ke dalam wujud Gear 4 Luffy baru. Gimana kalau menurutmu? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar!

Ingin mendiskusikan topik ini ke teman-temanmu? Jangan ragu untuk share dan tag!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU