Bagaimana Luffy Bisa Menggunakan Haoshoku Haki untuk Gear 4? Ini Spekulasinya!

Tampaknya, untuk Snake Man Luffy akan memaksimalkan penggunaan Kenbunshoku dan Bushoshoku Haki. Tapi gimana Luffy bisa menggunakan Haoshoku Haki juga? Ini pembahasannya!

Luffy adalah petarung yang langka di One Piece. Dia bukan hanya menguasai Kenbunshoku dan Bushoshoku Haki, namun juga salah satu dari sangat sedikit manusia yang memiliki Haoshoku Haki; Haki-nya para raja.

Sejak latihan dengan Rayleigh di Pulau Rusukaina, Luffy bisa menggunakan ketiga Haki itu dengan lebih baik. Namun masih ada ruang bagi dirinya untuk mengembangkan masing-masing kemampuan tersebut.

Dengan Snake Man, tampaknya Luffy akan memaksimalkan Kenbunshoku Haki. (Tanpa melupakan Bushoshoku tentu saja, karena kalau tidak ia tidak akan bisa menyakiti Katakuri). Tapi bagaimana dengan Haoshoku Haki?

Bisa jadi wujud Gear 4 Luffy setelah Snake Man juga akan mengintegrasikan Haoshoku Haki, sehingga Luffy memiliki wujud yang memanfaatkan semua fungsi Haki.

Apa Sih Guna Haoshoku Haki?

Walau dikatakan sebagai Haki langka, Haoshoku Haki sejauh ini justru yang kurang terasa efeknya.


CONTINUE READING BELOW

ISLAND BUSTERS! Inilah 10 Tokoh One Piece yang Bisa Memusnahkan Pulau Sendirian!

Berpotensi jadi pemusnah massal, inilah 10 tokoh One Piece yang bisa memusnahkan pulau sendirian! Siapa saja? Cek saja daftar ini!


Bushoshoku Haki mengizinkan pengguna untuk memukul para Logia, yang seharusnya tak tersentuh. Kenbunshoku bisa digunakan untuk memprediksi serangan musuh dan menghindarinya dengan efektif.

Haoshoku memang bisa meng-K.O., musuh tanpa pertarungan, tapi musuh-musuh yang ditaklukkan Luffy dengan teknik ini kebanyakan hanya begundal kelas rendah. Ini diperlihatkan di Pulau Fishman maupun dalam pertarungan dengan Katakuri. Para preman rendahan memang ambruk, namun ujung-ujungnya Luffy masih harus menghadapi musuh besar yang tidak terpengaruh sama sekali.

Luffy juga bisa menggunakannya untuk adu dominasi mental saat menghadapi monster atau hewan buas, sehingga Luffy justru dapat menjinakkan makhluk tersebut.

Jadi, bagaimana Haoshoku Haki bisa digunakan dalam wujud Gear 4?

Merontokkan Anak Buah Musuh dengan Lebih Efektif?

Luffy mungkin bisa menggunakan Haoshoku Haki dengan lebih baik sekarang, tidak seperti dirinya dulu yang hanya bisa melepasnya saat dalam tekanan emosi hebat. Tapi ada indikasi ia belum benar-benar dapat memanfaatkannya dengan efektif.

Ada beberapa situasi di mana Luffy sudah harus kerepotan melawan musuh tangguh, seperti Katakuri, namun ia sekalian di-bully juga oleh anak buah musuhnya. Kalau saja kendali Haoshoku Haki-nya sudah lebih baik, seharusnya ini tidak terjadi, dan musuh-musuh itu sudah rontok tanpa perlu ia tangani.

Ingat saja Shanks, yang bisa membuat banyak sekali anak buah Whitebeard mencium permukaan kapal hanya dengan berjalan saja.

Jadi salah satu implementasi Haoshoku Haki yang paling jelas dalam wujud Gear 4 Luffy adalah Luffy terus-menerus memancarkan aura raja ini, sehingga benar-benar hanya dirinya dan musuh utamanya saja yang bertarung. Para keroco akan rontok dengan sendirinya.


Kemungkinan lain impelentasi Haoshoku Haki ke wujud Gear 4 Luffy bisa kamu cek di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.