Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Dari scouter hingga mesin waktu, inilah 7 teknologi di Dragon Ball yang paling canggih!

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Dragon Ball barangkali lebih mengedepankan aksi pertarungan yang seru, dan ini sudah jauh dari konteks awalnya sebagai pencarian tujuh buah Dragon Ball. Namun pada perkembangannya malah menjadi animanga shonen penuh aksi dan pertarungan menyelamatkan Bumi, bahkan hingga semesta. Padahal banyak hal menarik di Dragon Ball seperti berbagai ras di alam semesta, hingga teknologi di Dragon Ball yang canggih-canggih.

Beberapa teknologi di Dragon Ball bahkan saking canggihnya, membuat kita berharap akan beneran jadi kenyataan. Karena walaupun animanga aksi, Dragon Ball juga bertaburan teknologi canggih yang walaupun jarang digunakan Son Goku dan kawan-kawan, namun tetap terlihat keren dan mutakhir. Bahkan ada beberapa teknologi yang bahkan kita belum bisa mendekati kecanggihannya.

Apa saja sih teknologi di Dragon Ball yang canggih-canggih itu? Yuk kita lihat pembahasannya berikut ini:

Scouter

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Salah satu teknologi di Dragon Ball yang canggih adalah scouter. Scouter adalah alat pengukut daya tempur seseorang maupun mahluk lainnya. Alat ini berupa gadget yang memiliki layar untuk sebelah mata yang tersambung pada tutupan telinga. Layar ini menampilkan informasi daya tempur dan lokasi dari seseorang. Sedangkan bagian telinganya bisa digunakan sebagai alat komunikasi antar pemakai scouter.

Alat ini pertama kali terlihat saat Saiyan saga, ketika Raditz mengenakan scouter untuk mencari Kakarot, adiknya (yang ternyata adalah Son Goku). Alat ini jadi hal keren karena kita bisa mengukur kekuatan tokoh-tokoh Dragon Ball sehingga terlihat mana yang kuat, atau mana yang lemah.

Konon Akira Toriyama membuat scouter ini agar fan bisa mengukur kekuatan karakter Dragon Ball. Namun lama kelamaan, alat ini membuat fan mudah menebak siapa yang akan menang dalam sebuah pertarungan (walaupun sebenarnya dalam Dragon Ball, menebak pemenang tidak sulit juga, sih).

Akira Toriyama pun membuat karakter bisa merasakan ki, sehingga acuan kuat atau lemah jadi tidak terlalu pasti, dan penggunaan scouter jadi semakin jarang digunakan.

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Scouter sendiri adalah teknologi bangsa Tuffles, penghuni Planet Vegeta sebelumnya sebelum diserang Bangsa Saiya. Bangsa Saiya membawa teknologi ini kepada pasukan galaksi Frieza dan mulai digunakan sebagai alat perlengkapan militer. Namun ilmuwan dari pasukan galaksi Frieza, Gichamu, meningkatkan kemampuan scouter ini menjadi alat komunikasi.

Scouter jadi semakin jarang terlihat di Dragon Ball dan terakhir digunakan saat Ressurection F Saga oleh sisa pasukan antar galaksi Frieza.

Pesawat Luar Angkasa

Secanggih-canggihnya Bumi di masa Dragon Ball, manusia Bumi ternyata masih belum bisa menjelajah luar angkasa. Keberadaan alien pun baru diketahui saat Saiyan Saga. Namun bukan berarti Bumi tidak pernah didatangi alien, karena pada perkembangannya, diketahui ada alien luar angkasa yang mengunjungi Bumi sebelumnya.

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Para alien ini ternyata adalah Son Goku, bangsa Saiyan yang diutus ke Bumi untuk menguasainya, dan Piccolo, yang datang ke Bumi karena planet asalnya Namek mengalami perubahan iklim. Mereka ke Bumi tentu membawa pesawat luar angkasa. Belakangan, pesawat mereka ditemukan dan dikembangkan teknologinya oleh Capsule Corps.

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Krilin, Son Gohan, dan Bulma, ke luar angkasa mengendarai pesawat angkasa bangsa Namek. Pesawat ini adalah peninggalan Piccolo, atau dulu ketika ia belum menjadi Dewa, yang disangkanya sebagai rumah. Padahal "rumah" ini adalah pesawat angkasa agar Piccolo bisa mengungsi dari Planet Namek yang mengalami perubahan iklim.

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Selanjutnya Son Goku pun menyusul mereka, menggunakan pesawat buatan Capsule Corps, yang konon menggunakan teknologi dari pesawat yang digunakan Son Goku pada masa kecil. Hal ini mengembangkan cerita di Dragon Ball dari aksi di Bumi menjadi penjelajahan di luar angkasa.

Apalagi teknologi di Dragon Ball yang canggih? Yuk kita lihat di halaman selanjutnya!

Mesin Waktu

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Ulah Android 17 dan Android 18 di masa depan tak tertahankan. Mereka meneror sisa manusia yang tersisa sambil menimbulkan kehancuran di sana-sini. Frustrasi, Bulma di masa depan membuat mesin waktu agar bisa ke masa ini sambil mencari cara menghadapi Android 17 dan Android 18.

Namun penjelajahan waktu ini tidak mengubah apa pun di masa mereka. Tapi Goku di masa ini setidaknya selamat sehingga masa ini berjalan lebih baik.

Keberadaan Mesin Waktu ini mengembangkan kisah Dragon Ball dengan kemunculan kisah lintas waktu. Namun kisah perjuangan Trunks kembali ke masa lalu untuk memperbaiki masalah di masanya tentu menjadi kisah Dragon Ball yang menarik bagi fan nya.

Dragon Radar

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Esensi dari Dragon Ball sebenarnya adalah mengumpilkan ketujuh bola naga. Namun ternyata mencari ketujuh bola naga tidak sesulit itu karena Bulma berhasil membuat dragon radar. Dragon radar sendiri adalah radar yang bisa mendeteksi lokasi dan letak dari Dragon Ball. Hal ini tentu jauh mempermudah pencarian ketujuh bola naga.

Namun dragon radar bukan temuan Bulma, karena sebelum terlihat dipakai Bulma, Emperor Pilaf dan Red Ribbon sudah punya radar berskala Global. Namun karena cakupan radarnya terlalu luas, sehingga akurasinya jadi kurang. Sedangkan dragon radar milik Bulma lebih kecil sehingga mudah dibawa dan lebih akurat.

Bulma bahkan pada perkembangannya bisa membuat radar super Dragon Ball. Tentunya animanga ini semakin jelas meninggalkan kesan petualangan pencarian ketujuh bola naga.

Alat Pengatur Gravitasi

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Semakin besar gravitasi, maka semakin berat tubuh kita. Prinsip ini yang digunakan animanga Dragon Ball untuk membuat kesan latihan yang keras. Ini terjadi pada saat Son Goku hendak ke Planet Namek. Di pesawat luar angkasa yang ia naiki, ia meminta Bulma untuk membuatkan alat pengatur gravitasi. Hal ini agar tubuhnya terasa berat, sehingga meningkatkan kualitas latihannya.

Vegeta pun diketahui juga berkali-kali menggunakan teknologi. Mengingat ia adalah suami dari Bulma, ia menjadi memilki akses kepada alat pengatur gravitasi dengan lebih mudah.

Jika Son Goku berlatih dengan gravitasi x100, Vegeta bahkan berlatih dengan gravitasi x300. Konon memaksakan berlatih dengan gravitasi x450 bisa membuat tubuh cedera berat.

Alat Penyokong Kehidupan

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Sebagai animanga aksi, tentunya jagoannya pasti bakalan terluka. Hal ini juga terjadi pada Son Goku dan kawan-kawannya. Maka tidak aneh diperlukan mekanisme memulihkan luka pada sebuah animanga aksi seperti Dragon Ball.

Pada Dragon Ball, kemampuan menyembuhkan barangkali hanya dimiliki oleh karakter Dewa, contoh saja Dende yang kini jadi Dewa Bumi, dan Kibito yang menemani Kaioshin. Selain itu ada juga makanan yang bisa menyembuhkan luka yaitu Kacang Ajaib yang ditanam Petapa Kucing Korin.

Namun, karakter Dragon Ball kadang juga menggunakan teknologi untuk menyembuhkan diri. Salah satunya adalah Alat Penyokong Kehidupan. Biasanya alat ini berupa bilik canggih yang berisi cairan atau udara yang bisa menyembuhkan orang yang berada di dalamnya.

Vegeta menggunakan Alat Penyokong Kehidupan di markas Frieza saat kembali dari serangan ke Bumi dalam keadaan babak belur. Sedangkan Son Goku menggunakann Alat Penyokong Kehidupan di pesawat Frieza sebelum melawan Frieza di Planet Namek.

Keberadaan alat penyembuh ini menjadi vital karena konon bangsa Saiya akan semakin kuat jika selamat dari keadaan hampir mati.

Capsule

Tahu Gak? Ini 7 Teknologi di Dragon Ball Ini Benar-Benar Canggih!

Teknologi paling canggih di Dragon Ball barangkali adalah capsule. Capsule adalah teknologi buatan Dr. Brief dari Capsule Corp. yang bisa membuat berbagai benda berubah menjadi kapsul sehingga mudah untuk dibawa dan berpindah.

Hal ini membuat berbagai benda di Dragon Ball memiliki tombol khusus untuk ditekan agar bisa menjadi capsule. Pada bentuk capsule, dengan menekan tombol di atasnya maka dalam beberapa detik akan meletup dan menjadi benda tertentu. Biasanya pengguna akan melempar capsule sesaat setelah menekan tombol.

Capsule memiliki warna dan kode tertentu untuk menandakan benda dari capsule tersebut.

Seandainya saja teknologi capsule beneran ada di dunia, maka nyaman sekali kehidupan manusia. Bayangkan, dari kulkas, mobil, hingga rumah sekalipun bisa jadi capsule yang mudah dibawa kemana-mana!

Manakah teknologi di Dragon Ball yang paling kamu suka?

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU