Hyper Universe: MOBA Side-Scrolling Buat Kamu yang Sudah Bosan dengan MOBA Analog!

MOBA kok Side-Scrolling?

Hyper Universe: MOBA Side-Scrolling Buat Kamu yang Sudah Bosan dengan MOBA Analog!

Apa yang kalian pikir tentang MOBA? Top-view seperti DOTA 2, Leauge of Legends, MOBA analog seperti Mobile Legends, atau Arena of Valor? Bagaimana kalau MOBA tapi side-scrollingHyper Universe jawabannya!

Jika kalian sudah cukup bosan dengan MOBA yang biasanya memiliki top-view atau MOBA analog yang dirancang untuk smartphone, mungkin kalian butuh inovasi baru dari sebuah game MOBA. Bagaimana jika kalian bermain MOBA dengan sistem side-scrolling? Adalah Hyper Universe, game MOBA dengan sistem side-scrolling yang dapat dikatakan sebagai inovasi yang tidak diduga. Kamu bisa menemukan game ini di Steam.

[duniaku_baca_juga]

Hyper Universe merupakan game MOBA dengan sistem side-scrolling dari publisher Nexon Amerika. Teknik permainannya pun sama seperti MOBA pada umumnya: menghancurkan markas utama musuh. Tapi yang membuat perbedaan yang sangat mencolok hanya satu: Hyper Universe dimainkan secara side-scrolling.

Beberapa fitur lain juga diaplikasikan untuk game ini sebagai orisinalitas dari game ini. Di antaranya sebagai berikut:

[page_break no="1" title="Side-Scrolling"]

Hyper Universe: MOBA Side-Scrolling Buat Kamu yang Sudah Bosan dengan MOBA Analog!

Fitur utama dari Hyper Universe tentu saja, MOBA side-scrolling. Kamu hanya bergerak ke kiri dan ke kanan. Lebihnya, di game ini kamu bisa melompat. Ya, kamu yang melompat, bukan efek dari skill lawan yang membuatmu mengudara. Bahkan kamu bisa jongkok di game ini.

Karena ini merupakan MOBA, tentunya peta game ini sedikit disamakan dengan MOBA pada umumnya seperti adanya 3 jalur penyerangan (lanes), ada jungle, dan sebagainya. Karena Hyper Universe merupakan MOBA side-scrolling, pengganti dari lanes adalah floor level.

Kamu memerlukan tangga atau lantai hologram untuk naik atau turun, sementara untuk jungling, kamu bisa menemukan neutral creeps di zona yang bukan merupakan jalur penyerangan. Ditambah lagi, game ini hingga patch v4.0 memiliki dua peta sehingga sepertinya kamu perlu perhatian ekstra untuk memahami setiap peta.

[page_break no="2" title="Karakter dari Berbagai Dunia"]

Hyper Universe: MOBA Side-Scrolling Buat Kamu yang Sudah Bosan dengan MOBA Analog! Sumber: Nexon[/caption]

Dalam game Hyper Universe, kamu akan melihat bahwa game ini menceritakan tentang pengumpulan jagoan-jagoan dari berbagai dunia (multiverse) yang disebut dengan hyper, dimulai dari jagoan dari masa medieval, jagoan dari dunia fantasi, jagoan dari masa depan, jagoan dari tentara militer, bahkan jagoan yang biasa saja seperti seorang petinju. Selain itu, ada juga seorang superhero hingga karakter mitologi, dan masih banyak lagi.

Ya, mereka semua dikumpulkan untuk adu kekuatan dan juga menguji kemampuan bertarung mereka. Tapi mereka tidak selamanya terjebak di sana. Mereka masih bisa pulang ke dunia mereka dan kembali lagi ke Hyper Universe.

[page_break no="3" title="Skill Karakter"]

Hyper Universe

Berbeda dengan MOBA pada umumnya dimana kamu harus naik level dulu untuk buka skill karakter. Di Hyper Universe, dari kamu level 1, semua skill karakter sudah terbuka, kecuali ultimate skill yang hanya bisa dilakukan saat kamu sudah level 6.

Kira-kira apalagi yang bisa ditemukan di game MOBA side-scrolling ini?

[page_break no="4" title="Mengandung Cerita"]

Hyper Universe: MOBA Side-Scrolling Buat Kamu yang Sudah Bosan dengan MOBA Analog!

Selain terfokus akan pertarungan, Hyper Universe juga menyajikan cerita dari awal permainan. Game ini menceritakan tentang pengumpulan para jagoan dari berbagai dunia dan juga berbagai latar waktu sehingga di game ini terdapat banyak ras dan juga gaya.

Game ini tidak menceritakan perang besar ataupun perselisihan dua kelompok, melainkan sekedar pengumpulan banyak jagoan dari berbagai dunia untuk bertarung hanya untuk seru-seruan dan uji kekuatan. Setiap pertarungan di dunia ini hanya sebatas simulasi. Mungkin jika digambarkan seperti "Bagaimana sih kalau karakter atau pemain MOBA bermain?" Game ini menggambarkan banget tentang hiruk pikuk kehidupan pemain MOBA.

Kalau pun ada perselisihan, di sini hanya ada semacam persaingan antar karakter atau sedikit masalah perbedaan saja. Selain cerita utama, ada juga cerita tambahan dari masing-masing hyper maupun relasi antar hyper.

[page_break no="5" title="Item Di-upgrade?"]

Hyper Universe: MOBA Side-Scrolling Buat Kamu yang Sudah Bosan dengan MOBA Analog!

Seperti halnya MOBA analog di mana untuk penyusunan item harus disusun terlebih dahulu sebelum permainan dan tinggal klik resepnya di layar samping, hal ini juga diterapkan untuk Hyper Universe. Tapi bedanya, di Hyper Universe, item yang kamu susun memang sudah jadi, tapi di game ini bukan menyusun resep sehingga menjadi item yang diinginkan melainkan meningkatkan performa item.

Selain itu, di Hyper Universe juga ada yang disebut dengan special item dimana item tersebut hanya bisa digunakan untuk karakter tertentu. Special item biasanya memiliki efek khusus untuk skill karakter. Untuk mendapatkan special item, kamu perlu membelinya terlebih dahulu. Kabar baiknya, kamu bisa membeli special item dengan in-game money, meskipun kamu bisa saja membelinya dengan uang asli.

[duniaku_baca_juga]

[page_break no="6" title="Partial Controller Support"]

Berbeda dengan MOBA biasa yang hanya mengandalkan mouse dan keyboardHyper Universe memiliki fitur untuk menunjang penggunaan controller eksternal, namun penulis himbau untuk menggunakan controller berformat XBOX atau PS agar lebih nyaman dilihat.

Jika kamu tidak memiliki controller eksternal, tidak masalah. Sekiranya game ini dapat dikatakan hanya menggunakan keyboard untuk bermain. Jadi mungkin kamu memerlukan gaming keyboard yang bagus untuk memainkan game ini (terlebih jika kamu adalah pemain hardcore).

Apalagi kelebihan Hyper Universe selain sejumlah poin diatas? Lanjut ke halaman 2!

[page_break no="7" title="Sistem Beli Karakter"]

Hyper Universe: MOBA Side-Scrolling Buat Kamu yang Sudah Bosan dengan MOBA Analog!

Jika kamu baru memainkan game ini, maka dipastikan hero atau di dalam game ini disebut dengan hyper yang dipastikan bisa kamu gunakan hanya 1. Kalau pun kamu bisa menggunakan karakter lain saat kamu baru bermain, itu merupakan karakter dalam free rotation dimana kamu bsia menggunakan karakter itu sementara waktu dan akan berganti pada waktu tertentu.

Sama halnya seperti League of LegendsArena of Valor, atau Mobile Legends, di Hyper Universe kamu perlu membeli karakter. Kamu bisa membelinya dengan in-game money atau dengan uang asli. Namun hal baiknya, semua karakter di Hyper Universe harganya sama, jadi tidak ada namanya diskriminasi akan pemain pemula karena harga karakter. Bahkan, kamu bisa mencoba karakter di training room sebelum kamu beli karakternya.

[page_break no="8" title="Multiserver"]

Hyper Universe: MOBA Side-Scrolling Buat Kamu yang Sudah Bosan dengan MOBA Analog!

Game ini memiliki cukup banyak server, sekiranya satu server per benua seperti Eropa, Amerika (utara dan selatan), dan Asia. Sekiranya kamu bisa mengakses server yang lebih dekat denganmu sehingga tingkat delay-mu lebih rendah.

[page_break no="9" title="Sedikit Sentuhan Komedi"]

Hyper Universe: MOBA Side-Scrolling Buat Kamu yang Sudah Bosan dengan MOBA Analog!

Jika kamu menyaksikan video opening-nya, video trailer-nya atau cerita masing-masing hyper dalam Hyper Universe, kamu bisa menyadari bahwa pembawaan dalam game ini mengarah ke cerita komedi situasi. Pasalnya, memang sepertinya game ini dirancang benar-benar untuk bersenang-senang, meskipun di dalam pertandingan kamu akan serius dalam bertanding.

[page_break no="10" title="Ramah Spesifikasi"]

Jika kamu memiliki spesifikasi PC yang low-tier, jangan takut untuk memainkan game ini karena spesifikasi minimal yang dibutuhkan PC kamu adalah sebagai berikut:

  • OS: Windows® 7 32-bit
  • Processor: Intel Dual Core or better
  • Memory: 3 GB RAM
  • Graphics: GeForce 9600 or better AMD Radeon HD 4830 or better
  • Network: Broadband Internet connection
  • Storage: 3 GB available space

Sementara untuk mendapatkan kualitas grafis yang maksimal, kamu hanya perlu spesifikasi sebagai berikut:

  • OS: Windows® 7 64-bit
  • Processor: Intel Core i3 or better
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics: GeForce 650 or better AMD Radeon HD 7750 or better
  • Network: Broadband Internet connection

[page_break no="11" title="Piercing Projectiles"]

Hyper Universe: MOBA Side-Scrolling Buat Kamu yang Sudah Bosan dengan MOBA Analog!

Entah apakah bisa dikatakan sebagai bug atau memang disengaja. Sekiranya sampai patch v4.0, jika kamu memilih hyper dengan gaya menyerang ranged kamu akan menyadari bahwa hampir semua proyektil yang dikeluarkan akan menembus lawan, tapi hasil damage yang diterima akan semakin mengecil.

Mungkin hal baiknya adalah, "Wow, mudah sekali untuk mengalahkan creeps di sini kalau proyektilnya bisa menembus lawan.". Tapi jika dipikir-pikir, ini aneh sekali. Sebagai contoh karakter hyper Aisha yang menyerang menggunakan bola salju. Bagaimana sebuah bola salju dapat tetap utuh setelah mengenai lawan?

Sekiranya segitu saja pengamatan penulis terhadap MOBA side-scrolling Hyper Universe. Jika penulis bisa nilai, penulis berpendapat kalau game ini sangat layak untuk dimainkan. Bahkan mungkin game ini bisa dijadikan cabang game e-sport.

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU