Pembahasan Dragon Ball Super 128: Ultra Instinct Kembali! Harapan untuk Universe 7!

Vegeta dihajar habis-habisan di Dragon Ball Super 128. Namun di momen tergelap ini, akhirnya Ultra Instinct Goku bangkit lagi! Pertarungan final boss sejati telah dimulai!

Seperti biasa, pembahasan Dragon Ball Super 128 ini mengandung spoiler. Kalau kamu anti-bocoran dan sebenarnya masih mencari sendiri episodenya, kamu salah masuk artikel.

Tapi kalau kamu memang sudah nonton dan ingin mengingat detail tertentu, mengecek statistik terbaru Dragon Ball Super, atau tidak keberatan dengan spoiler, simak saja ulasannya di bawah ini!

SPOILER ALERT!!!

1

Perjuangan Jantan Vegeta

Di akhir Dragon Ball Super 127, Android 17 mengorbankan diri untuk menyelamatkan Goku dan Vegeta. Masalahnya, Goku benar-benar tak bisa berdiri meski 17 sudah memberinya waktu. Vegeta bisa bangkit, namun jangankan Limit Breaker… Vegeta bahkan tidak bisa mengaktifkan wujud Super Saiyan lagi.


CONTINUE READING BELOW

Pembahasan Dragon Ball Super 127: Masa Lalu Tragis Jiren Terungkap?!!

Masa lalu Jiren terungkap? Android 17 sukses menjadi yang pertama melukai Jiren?! Banyak kejadian menarik di Dragon Ball Super 127!


Sudah jelas Vegeta tak punya harapan untuk menang lagi dalam wujud itu. Ia juga tidak bisa mengerahkan Final Explosion lagi, untuk minimal mencoba menyingkirkan Jiren seperti ia mengeluarkan Toppo. Tetap saja Vegeta mencoba untuk menghajar Jiren, minimal untuk memberi waktu kepada Goku untuk memulihkan diri. Selama perjuangannya ini Vegeta mengingat kembali keluarganya, yang ingin ia lindungi. Juga Cabba, yang sudah ia janjikan untuk dipulihkan semestanya.

Tapi sayangnya energinya benar-benar sudah habis. Apapun yang ia lakukan, Vegeta bahkan tak mampu untuk membuat Jiren berkeringat.

Saat akhirnya ia tereliminasi, Vegeta pun memutuskan untuk melakukan satu-satunya tindakan terakhir yang bisa ia lakukan: menyumbangkan energi untuk Goku.

Bisa dibilang eliminasi Vegeta ini terasa menyakitkan. Soalnya, bahkan bila dibandingkan dengan Goku, Vegeta adalah karakter Universe 7 yang paling tergali motivasinya sepanjang turnamen. Dia punya tekad yang jelas untuk memenangkan kontes. Namun sayangnya keterbatasan energi memastikan kalau ia bahkan tak bisa memberi serangan terakhir yang berpengaruh untuk Jiren.

Meski begitu, melihat Vegeta berupaya mati-matian untuk melukai Jiren di saat ia bahkan tak mampu berubah menjadi Super Saiyan tetap terasa sebagai cara eliminasi yang sangat berkesan. Lebih berkesan ketimbang cara Gohan tersingkir, yang mengorbankan diri hanya untuk menyingkirkan petarung terlemah Universe 11 dari trio yang tersisa. (Dyspo mungkin kuat, tapi ia tak pernah memperlihatkan citra berbahaya seperti Dewa Kehancuran Toppo dan Jiren).


Tentu saja, bukan hanya itu hal heboh yang terjadi di Dragon Ball Super 128. Lanjutan pembahasan episode ini bisa kamu cek di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.