Dr. Genus Berhasil Memahami Rahasia Kekuatan Saitama di One-Punch Man 129?!

Sebetulnya apa sih rahasia di balik kekuatan Saitama? Sepertinya Dr. Genus dari House of Evolution akhirnya berhasil menemukan jawabannya!

Pembahasan soal rahasia kekuatan Saitama ini jelas mengandung spoiler, karena bab One-Punch Man 129 ini jelas belum diadaptasi ke anime. Kalau kamu anti-bocoran, kamu salah masuk artikel dan tidak dianjurkan lanjut membaca.

Tapi kalau kamu memang tidak keberatan bocoran atau sudah membaca dan masih penasaran, simak saja pembahasannya di bawah ini.

SPOILER ALERT!!!

rahasia kekuatan saitama

Sebetulnya, apa sih rahasia kekuatan Saitama? Saitama sudah lama membocorkannya (100 push-up, 100 sit-up, 100 squat, lari 100 KM, tidak menyalakan AC di musim panas, tidak menyalakan penghangat di musim dingin). Tapi tidak ada yang percaya kalau jawabannya hanya itu.


CONTINUE READING BELOW

Kenapa Ya? Ini 4 Kemungkinan Alasan Serial Dragon Ball Super Tamat!

Mengingat Dragon Ball Super laris manis di Jepang, rating sudah jelas bukan penyebab seri ini berakhir. Mungkin inilah alasan sejati serial Dragon Ball Super tamat!


Nah, di One-Punch Man 129 tampaknya Dr. Genus sudah mengetahui teori di balik rahasia kekuatan Saitama.

Kalau kamu lupa, Dr. Genus adalah bos dari House of Evolution, penjahat yang dihadapi Saitama di bagian awal manga kocak ini.

Zombieman – yang ternyata mantan eksperimen Genus juga – berhasil melacak Genus. Namun, seperti yang sudah diketahui pembaca, Genus sudah lama berhenti jadi penjahat. Sekarang dia dan Armored Gorilla ganti profesi jadi penjual Takoyaki.

Seharusnya, selama Genus hidup, House of Evolution akan terus ada. Zombieman pun merasa begitu. Alasan sejati Genus pensiun adalah karena dia telah berjumpa dengan manusia yang telah melepas limiter-nya.

Rangkuman teori Genus soal limiter adalah begini:

Setiap makhluk hidup memiliki batasan pertumbuhan. Bila seseorang meraih kekuatan yang melebihi batasnya, maka mereka justru menjadi gila seperti monster. Limiter adalah batasan yang – menurut Genus – ditempatkan untuk melindungi si makhluk hidup itu sendiri.

Saitama, dengan rutinitas yang seharusnya remeh itu, berhasil membobol limiter itu tanpa kehilangan jati dirinya. Ia juga melakukan ini tanpa mutasi maupun kekuatan super, benar-benar hanya manusia biasa yang mendorong dirinya sendiri hingga menjebol batas.

Tapi itu bukan berarti Saitama tidak mengalami konsekuensi dari menjebol limiter. Pertama, dia menjadi botak. Kedua, dia menjadi begitu kuat hingga dia justru merasa terasing. Dua masalah ini sudah lama diketahui oleh pembaca dan penonton OPM.


Nah, jadi itulah teori Dr. Genus yang dia sampaikan ke Zombieman. Kamu setuju nggak? Atau kamu merasa ada penjelasan lain di balik kekuatan Saitama? Sampaikan di kolom komentar!

Ingin mendiskusikan pengungkapan ini dengan temanmu? Jangan ragu untuk share dan tag!

 

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.