SEDIH! 5 Idol K-pop Ini Menderita Gangguan Makan Akibat Tuntutan Tubuh yang Super Langsing!

Jangan dilihat hanya sukanya, inilah salah satu susahnya jadi selebriti!

Tak bisa dipungkiri bahwa Korea Selatan memiliki standar yang sangat tinggi dalam hal penampilan. Mulai dari bentuk wajah, warna kulit, tinggi badan, hingga berat badan. Berbagai cara ditempuh oleh masyarakat Korea untuk memenuhi standar tersebut, mulai dari operasi plastik hingga melakukan diet ekstrem.

Untuk urusan berat badan, di Korea sering kali terjadi pem-bully-an terhadap orang-orang yang dianggap gemuk dan memiliki berat badan berlebih. Bagi cewek-cewek yang memiliki berat lebih dari 50 kg biasanya sudah masuk dalam kategori gemuk oleh masyarakat sana.

Hal di atas tentunya juga terjadi di dunia hiburan Korea. Sering kali, masyarakat mengejek para selebriti yang tidak memenuhi standar kecantikan negeri mereka dan mengecap mereka tak pantas berada di panggung hiburan Korea. Karena itulah, beberapa selebriti memilih untuk melakukan diet ekstrem yang pada akhirnya membuat mereka menderita gangguan makan.

Berikut adalah selebriti Korea yang menderita gangguan makan akibat diet ekstrem demi memenuhi tuntuan memiliki tubuh super langsing.

1

IU

selebriti Korea yang menderita gangguan makan

Selebriti Korea yang menderita gangguan makan yang pertama adalah IU. Ketika awal debut di panggung musik Korea pada 2008, IU tidaklah selangsing sekarang. Saat itu, pemilik nama asli Lee Ji-eun ini memiliki tubuh yang lebih berisi dan masih memiliki baby fat di wajahnya. Sehingga ketika bernyanyi di panggung, ia mendengar ada penonton yang memanggilnya babi.

Hal itulah yang membuatnya menghadapi tekanan tinggi dan ingin tampil dengan tubuh sebaik mungkin. Dalam hal ini tentu saja tubuh yang super langsing. Karena tekanan inilah, IU melakukan diet ekstrem yang membuatnya menderita bulimia.

Setiap habis makan, pelantun “Through The Night” ini akan merasa gugup dan ketakukan, sehingga ia akan memuntahkan kembali makanan yang telah dimakannya.

“Aku selalu mengisi perut kosongku dengan makanan. Namun bukannya merasa lebih baik, aku selalu merasa cemas yang membuatku merasa punya kekurangan dan tak sempurna. Saat itu aku selalu memuntahkan kembali makanan yang aku makan. Bahkan aku pergi ke dokter untuk mengobati penyakitku ini,” jelas penyanyi kelahiran 1993 ini.

Padahal tubuh IU saat ini sangatlah ideal. Dengan tinggi 160 cm, IU memiliki berat badan yang kurang dari 50 kg. Bahkan ketika membintangi drama Pretty Man, IU masih melakukan diet dengan hanya mengkonsumsi sebuah apel, ubi rebus, serta minuman protein setiap harinya.

2

Gyuri

selebriti Korea yang menderita gangguan makan

Sumber: Soompi

Selebriti Korea yang menderita gangguan makan berikutnya dalah Gyuri. Dalam variety show Quiz to Change The Word, semasa masih aktif menjadi personel girl grup KARA, bentuk tubuh Gyuri sering kali dibandingkan dengan Hara dan Seungyeon yang notabene memiliki tubuh yang lebih kurus darinya.

Hal ini mendorong wanita yang merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 21 Mei ini untuk menurunkan berat badan dengan cara yang tak sehat hingga menyebabkannya terindikasi menderita bulimia.


CONTINUE READING BELOW

Wow! Aktris Cantik Korea Ini Pernah Berperan Sebagai Pria di Drama

Seorang aktor dan aktris pastinya dituntut untuk tampil secara totalitas dan profesional dalam membawakan karakter yang diperankannya dalam suatu film atau drama, termasuk salah satunya adalah memerankan karakter yang berlawanan dengan gendernya.


“Karena diet adalah suatu hal yang sulit bagiku, setelah shooting aku biasanya akan mencari makan karena aku merasa stress. Namun karena aku banyak makan, aku merasa bersalah sehingga aku langsung berolahraga dengan keras setelahnya,” tutur Gyuri

Yang menjadi masalah adalah, ketika bintang serial drama Nail Shop Paris ini melakukan hal tersebut, ia selalu merasa mual dan berakhir muntah-muntah sebelum tidur yang membuatnya memiliki gangguan asam lambung.

Beuntung Gyuri sudah menghentikan diet tak sehatnya ini dan melakukan sesuatu yang lebih sehat untuk menjaga bentuk badannya.

3

Sojung (Ladies Code)

selebriti Korea yang menderita gangguan makan

Sumber: koreanwaveindo.com

Hampir sama dengan Gyuri, Sojung melakukan diet yang ekstrem lantaran ia selalu dibandingkan dengan personel Ladies Code lainnya yang dinilai lebih cantik dan langsing darinya. Untuk membuatnya lebih menarik, Sojung pun melakukan bertekad untuk menjadi lebih kurus.

Ia yang biasanya mempunya berat badan hanya 49 kg selalu merasa bahwa dirinya terlihat gemuk di TV. Sehingga ia melakukan diet ketat dengan cara makan sedikit namun berolahraga keras hingga beratnya turun 12 kg dan mengakibatkannya menderita anorexia.

“Aku tidak punya pikiran untuk makan. Aku benci saat aku merasa ingin makan, sehingga aku tak melakukannya. Aku tidak makan sama sekali dan hanya minum air seharian serta berolahraga. Selama 2 hingga 3 hari aku hanya makan buah tomat ceri. Saat aku lapar dan perutku bergejolak, aku mengatakan pada diriku sendiri bahwa aku tidak lapar. Ketika hal tersebut terjadi, aku akan mengatakan kepada perutku, ‘Aku tidak lapar, kenapa kamu bunyi?’ Sekarang ketika aku mengingatnya, aku tak tahu mengapa aku sampai melakukan hal itu,” tutur Sojung.

Penyanyi yang saat ini bernaung di bawah Polaris Entertainment ini mengaku bahwa kebiasaan tak sehatnya tersebut menyebabkannya selalu merasa pusing dan gemetar. Bahkan ia merasa seolah-olah tubuhnya akan hancur ketika ia mandi dan merasa sakit ketika ia mengelap badannya dengan handuk.

Lebih parahnya lagi, gangguan makannya ini menyebabkannya tak mengalami menstruasi selama 1 tahun. Hal inilah yang akhirnya membuat Sojung tersadar untuk berkonsultasi ke dokter dan menghentikan kebiasaan tak sehatnya ini. Sejak saat itu, kesehatan Sojung sudah berangsung-angsung membaik dan berat badannya sudah melebihi 40 kg.

Masih ada 2 selebriti Korea yang menderita gangguan makan lainnya di halaman berikutnya. Yuk cari tahu!

TENTANG PENULIS