Selamat Tahun Anjing! Ini Dia Deretan Anjing di Dunia Superhero

Siapa saja anjing-anjing di dunia superhero?

Kita telah memasuki tahun anjing. Namun tiada salahnya jika kita masih meramaikan dengan mengenal berbagai anjing di dunia superhero. Siapa saja anjing superhero yang paling terkenal?

Krypto

Krypto the Super Dog adalah anjing super yang berasal dari planet Krypton. Ia merupakan anjing yang dipelihara keluarga El. Ia sebenarnya merupakan objek percobaan pesawat evakuasi yang nantinya digunakan Kal-El untuk dikirim ke Bumi. Namun pada percobaannya, pesawatnya meledak, dan ia terlempar dari jalur yang seharusnya diprogramkan.

Hal ini membuat Krypto baru mencapai Bumi beberapa tahun setelah Kal-El mencapai Bumi. Pada akhirnya ia bertemu dengan majikannya pada saat Kal-El berusia remaja.

Krypto sebagai anjing superhero memiliki kekuatan super seperti Superman, sebut saja kekebalan tubuh, kekuatan super, kecepatan super, bisa terbang, hingga mata memancarkan heat vision. Sebagai Kryptonian ia juga memiliki kelemahan jika terpapar Kryptonite.

Karena Krypto merupakan seekor hewan, ia sukar mengendalikan kekuatan tubuhnya, dan cenderung berbuat kerusakan di luar kehendaknya. Ia pun dikirim ke Fortress of Solitude di mana di bawah bimbingan robot Superman, ia dilatih untuk mengendalikan kekuatannya. Ia juga menjadi anjing penjaga di Fortress of Solitude.

Beberapa superhero akrab dengannya, sebut saja Starfire, Superboy, hingga Batman.

Ace the Bat-hound

Ace adalah anjing yang menjadi nama rutin dari anjing milik Bat-Family. Mengingat anjing adalah hewan berumur pendek, sehingga bat-hound ini sering mengalami pergantian.

Umumnya Ace the Bat-hound memiliki perawakan yang serupa, misalnya berbulu coklat. Namun ras anjing dari Ace bisa berganti-ganti dari anjing gembala hingga anjing herder.

Ia biasanya terlihat berkeliaran di Wayne Manor hingga Bat Cave.

Titus

Titus adalah anjing peliharaan yang diberikan untuk Damien Wayne, putra dari Bruce Wayne. Pada dasarnya Damien tidak suka anjing, namun lama kelamaan ia menjadi akrab dengan Titus. Hal yang positif dari ini adalah Damien jadi lebih manusiawi dengan memiliki hewan peliharaan.

Pada dasarnya Damien adalah pembunuh terlatih, sehingga ia justru jadi bisa melatih Titus menjadi anjing pemburu dan penjaga yang handal.

Lockjaw

Lockjaw adalah anjing raksasa yang sebenarnya merupakan Inhuman. Asal usulnya ia merupakan anjing yang menjadi objek eksperimen rekayasa bangsa Kree, sehingga ia menjadi Inhuman.

Ia menjadi hewan peliharaan kerajaan Inhuman. Walaupun merupakan peliharaan, namun perannya penting di lingkungan kerajaan Attilan karena bahkan hingga dipercaya melaksanakan tugas penting untuk kepentingan Attilan.

Sebagai Inhuman, ia memiliki kemampuan teleportasi. Ia bisa memindahkan dirinya dan orang di sekitarnya menembus ruang dan waktu.

Ia juga memiliki partikel yang memberinya ikatan batin dengan raja Inhuman, Black Bolt.

Belakangan ia menjadi mentor bagi Kamala Khan untuk bisa mengendalikan kemampuan Inhuman miliknya. Sekilas Kamala seperti memiliki anjing peliharaan, namun karena ia muslim, keluarganya melarang Kamala memasukkan Lockjaw ke dalam rumah.

Lockjaw sebagai anjing superhero bisa menjadi karakter serius, namun ia lebih sering menjadi karakter komikal di dunia Marvel. Contoh saja pada saat Original Sin, rahasia yang terungkap saat ia terpapar kekuatan mata the Watcher adalah lokasi rahasia tempat ia menyembunyikan sebuah tulang yang ingin ia makan. Ia bahkan berjasa berkali-kali dalam menghalau serangan Thanos, karena ia berkali-kali bisa mencolong Infinity Gauntlet dari tangan Thanos.

Cosmo

Cosmo adalah anjing yang menjadi objek eksperimen penjelajahan luar angkasa dari Rusia. Ia pun terlempar jauh ke luar angkasa di luar sasaran program eksperimen. Ia pun tersasar ke Knowhere.

Cosmo lambat laun bermutasi, membuat dirinya memiliki kekuatan psikis seperti telekinesis dan telepati.

Ia lebih sering berurusan dengan masalah kosmik dan bertemu superhero kosmik seperti Nova dan Guardians of the Galaxy.

Jadi, siapakah anjing superhero yang kamu suka?

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial