Saking Populernya, Ensiklopedia Mario Akan Dirilis dalam Bahasa Inggris!

Ensiklopedia Mario yang akan hadir dalam bahasa Inggris ini menampilkan informasi lengkap sejak awal rilis.

Tidak jarang sebuah game mendapatkan ensiklopedianya sendiri, apalagi jika game tersebut telah mendapatkan kesuksesan yang sangat besar sejak awal rilis. Hal ini terjadi pada Nintendo, yang mendapatkan Ensiklopedia Mario. Ya, ensiklopedia ini akan menghadirkan sang tukang ledeng ikonik, Mario.

Popularitas sebuah game dapat diukur dari beberapa hal. Terkadang, total penjualan dari keseluruhan game dapat dijadikan patokan. Namun, terkadang juga rilisnya ensiklopedia resmi juga dapat dijadikan panutan dari kesuksesan game tersebut. Sama halnya dengan Super Mario Bros. yang tercatat memiliki total penjualan yang positif serta ensiklopedianya sendiri.

Pada waktu sebelumnya, Jepang sudah mendapatkan Super Mario Bros. Encyclopedia, sebuah buku ensiklopedi tebal yang berisikan informasi lengkap mengenai game Super Mario Bros. dari masa ke masa. Buku ini mencatat lengkap perjalanan Mario dari 1985 menuju 2015. Namun, pada saat ensiklopedi tersebut baru dirilis, buku tersebut hanya terbatas di Jepang saja.


CONTINUE READING BELOW

Kisah Tersembunyi di Balik Pipa di Halaman Bermain Doraemon

Pernah enggak sih kamu bertanya untuk apa tumpukan pipa di halaman bermain Doraemon, Nobita, dkk? Ternyata pipa-pipa itu punya sejarah panjang. Penasaran?


Namun tenang, Dark Horse Publishing telah mendapatkan hak resmi untuk mempublikasikan ensiklopedi tersebut ke dalam bahasa Inggris. Buku setebal 256 halaman ini akan menghadirkan keseluruhan informasi mengenai game Mario, termasuk wawancara dengan para pengembangnya!

Tetapi tunggu dulu! Buku yang akan dipublikasikan ini tidak menghadirkan informasi yang lengkap! Ya, mengingat buku yang akan dipublikasikan ulang adalah ensiklopedia yang sama, maka konten yang dihadirkan hanya sebatas sampai game yang dirilis pada tahun 2015 saja. Ini berarti Super Mario Odyssey tidak akan dicantumkan ke dalam buku tersebut.

Buku ensiklopedi tebal ini akan dibanderol seharga $40 untuk edisi biasa melalui situs Amazon pada Oktober 23 nanti. Disebutkan juga buku ini akan dibawa menuju UK dan Eropa, namun tidak ada kabar mengenai negara-negara lainnya.

Tidak disebutkan apabila edisi khusus kolektor akan dirilis, namun mengingat Dark Horse dikenal sebagai media publikasi yang gemar merilis collector’s edition, hal tersebut bisa saja terjadi untuk ensiklopedia Mario ini.

Jika kalian ingin mendapatkan buku ini, mungkin kalian harus mencoba mencari para penjual di situs online yang menerima international shipping. Ensiklopedia ini akan sangat menarik untuk para kolektor.

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.