Teori: Kenapa SpongeBob Tidak Pernah Mendapatkan SIM?

Kamu senasib dengan SpongeBob karena tidak memiliki SIM?

Teori: Kenapa SpongeBob Tidak Pernah Mendapatkan SIM?

Mungkin kamu sudah mengetahui jawaban kenapa SpongeBob tinggal di rumah berbentuk nanas. Atau kenapa Stephen Hillenburg menciptakan karakter SpongeBob berwarna kuning. Tapi, apakah kamu juga tahu, mengapa SpongeBob tidak memiliki SIM?

Bagi kamu yang waktu kecil rajin menonton serial SpongeBob SquarePants pasti mengetahui salah satu kelemahan SpongeBob adalah selalu gagal dalam ujian mengemudi. Entah sudah berapa kali makhluk kuning ini gagal dalam mengendarai mobil (perahu) yang diadakan oleh sekolah mengemudi pimpinan Mrs Puff.

1. Spongebob gagal dalam ujian praktik

Teori: Kenapa SpongeBob Tidak Pernah Mendapatkan SIM?dok. Nickelodeon/ SpongeBob SquarePants

Kesulitan SpongeBob mendapatkan lisensi mengemudi secara khusus ditunjukkan dalam episode berjudul "Boating School". Diceritakan jika pada suatu hari SpongeBob akan menjalani tes mengemudi perahu di bawah arahan Mrs Puff.

Setelah mengambil ujian tulis sebanyak tiga puluh delapan kali sebelumnya, SpongeBob pun mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mudah. Tapi, semua berubah saat ia memasuki ujian praktik mengendarai mobil.

Karena takut dan panik, SpongeBob malah menabrak mercusuar hingga menyebabkan tubuh Mrs. Puff mengembang.

2. Spongebob hampir lulus setelah berbuat curang

Teori: Kenapa SpongeBob Tidak Pernah Mendapatkan SIM?dok. Nickelodeon/ SpongeBob SquarePants

SpongeBob sangat sedih karena lagi-lagi ia gagal mendapatkan surat izin mengemudi yang ia idam-idamkan. Sampai suatu ketika, SpongeBob bertemu dengan sahabatnya, Patrick, dan menceritakan apa yang baru saja ia alami. Patrick lalu mengusulkan sebuah ide brilian, yaitu menaruh sebuah walkie-talkie di kepala SpongeBob.

Di saat SpongeBob sedang menjalani tes mengemudi, Patrick yang berada dari kejauhan bisa mengontrol pikiran SpongeBob lewat walkie-talkie. Cara tersebut lumayan sukses karena SpongeBob berhasil melewati beberapa rintangan dalam ujian mengemudi.

Beberapa saat kemudian, Mrs. Puff bercerita tentang cara curang untuk mendapatkan lisensi mengemudi. SpongeBob yang merasa apa yang dilakukan dirinya dan Patrick adalah bentuk kecurangan berakhir panik dan gagal saat hampir menyentuh garis finis ujian mengemudi. Lagi-lagi SpongeBob gagal.

3. Mrs. Puff sendiri sampai lelah!

Teori: Kenapa SpongeBob Tidak Pernah Mendapatkan SIM?dok. Nickelodeon/ SpongeBob SquarePants

Dalam episode lain, SpongeBob memang pernah mendapatkan lisensi mengemudi. Tapi, itu karena Mrs. Puff sudah lelah menjadi guru mengemudi SpongeBob. Mrs. Puff akhirnya memberikan nilai ekstra bagi SpongeBob dengan cara mengerjakan esai sepuluh kata berjudul "Apa yang saya pelajari di sekolah berperahu adalah ... ".

4. Lalu, kenapa Spongebob tidak pernah mendapatkan SIM?

Teori: Kenapa SpongeBob Tidak Pernah Mendapatkan SIM?dok. Nickelodeon/ SpongeBob SquarePants

Melihat SpongeBob tidak memiliki SIM mungkin akan terlihat tidak masuk akal, mengingat sahabatnya sendiri, Patrick, mampu lulus ujian mengemudi. Bahkan di episode "Boating School", Patrick membantu SpongeBob untuk bisa lolos tes di bawah pengawasan Mrs. Puff.

Lalu, kenapa SpongeBob selalu kesulitan saat sedang melakukan ujian mengemudi, padahal saat ujian tertulis ia bisa menjawab semua pertanyaan seputar berkendara mobil dengan mudah.

Salah satu teori yang masuk akal mengenai SpongeBob tidak memiliki SIM adalah karena ia punya trauma mendalam seputar mengendarai mobil atau perahu.

Hal itu terlihat dalam episode "Boating School". SpongeBob yang duduk di kursi pengemudi mudah merasa panik dan sangat ketakutan, sehingga SpongeBob tidak bisa mengontrol laju mobil lalu menabrak sebuah bangunan.

Trauma berkaitan erat dengan pengalaman yang dilalui seseorang yang bersifat psikis hingga memberikan dampak yang negatif pada dirinya untuk sekarang dan masa depan. Bisa saja di masa lalu, SpongeBob pernah mengalami kecelakaan mobil hebat sampai akhirnya ia tidak berani lagi untuk berada di kursi pengemudi.

Teori lain kenapa SpongeBob tidak memiliki SIM adalah karena dia memang tidak dibekali bakat untuk bisa mengemudi. Kasus ini bukan cuma dialami oleh SpongeBob saja, loh! Beberapa artis dunia seperti Ed Sheeran, Lorde, hingga Robert Pattinson konon tidak bisa menyetir mobil sehingga belum memiliki SIM.

Nah, apakah kamu juga belum punya surat izin mengemudi seperti SpongeBob? Atau jangan-jangan punya SIM karena nembak? Hayo ngaku!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU