6 Tokoh Angkatan Laut One Piece yang Dikira Penting (namun Kemudian Tersisihkan)

Walau awalnya dikira bakal berperan penting, sejauh ini tokoh-tokoh Angkatan Laut ini malah seperti terlupakan!

Ada banyak tokoh Angkatan Laut One Piece yang berkesan. Sebut saja Sakazuki, yang keberadaannya kini mempengaruhi dunia One Piece. Ada juga Smoker, yang kini justru lebih sering membantu Topi Jerami ketimbang memburu mereka.

Tapi ada juga tokoh-tokoh Angkatan Laut One Piece yang saat kemunculan pertama mereka akan dikira penting, namun kemudian justru terlupakan. Penasaran? Inilah daftarnya!

1

Brannew

tokoh angkatan laut one piece - brannew

Komodor Brannew pertama kali muncul di One Piece bab 96. Di sana, Brannew diperlihatkan ada di Markas Besar Angkatan Laut, saat pangkatnya masih komandan.

Brannew mengomentari status Luffy, sebagai rookie yang terlibat dalam tumbangnya tiga bajak laut utama East Blue: Buggy, Krieg, dan Arlong. Ia mengatakan kalau bounty awal 30 juta Belly mungkin berlebihan, tapi potensi Luffy membuat dia layak untuk diganjar begitu.


CONTINUE READING BELOW

Kenapa Ya Bounty Yonko Tidak Diperlihatkan? Ini Spekulasinya!

Kaido, Big Mom, dan Shanks sudah berkali-kali muncul. Meski begitu bounty Yonko-Yonko itu belum juga diperlihatkan. Kenapa ya?


Keberadaan Brannew di Markas Besar Angkatan Laut mungkin akan membuat pembaca dan penonton One Piece dulu mengira tokoh ini akan menjadi sosok penting di Angkatan Laut. Mungkin tipe-tipe karakter yang akan berperan penting dalam menghalangi jalan kelompok Topi Jerami.

Tapi sejauh ini peran Brannew hanya sebagai pelapor kejadian, seperti yang ia tunjukkan di akhir Perang Marineford saat ia melapor ke Sengoku, serta komentator dari aktivitas Luffy. Meski hadir di Marineford, Brannew tak terlihat berbuat banyak.

Meski begitu, Brannew masih lebih mending ketimbang tokoh Angkatan Laut lain yang muncul bersamanya di One Piece bab 96.

2

John Giant

tokoh angkatan laut one piece - john giant

Saat pertama kali muncul, John Giant langsung terasa sebagai tokoh Angkatan Laut One Piece yang penting.

Setelah Brannew menyampaikan alasannya mengganjar Luffy dengan bounty awal 30 juta Belly, Giant memberi pidato dengan lantang. “Semua yang ingin kabur, kuperintahkan untuk pergi saat ini juga!” teriaknya, karena menurutnya Angkatan Laut adalah benteng perdamaian di Era Bajak Laut. Bahkan setitik rasa pengecut tak bisa dimaafkan.

Pembaca One Piece yang belum tahu-menahu soal struktur Angkatan Laut mungkin langsung menganggap Giant sebagai salah satu petarung terkuat mereka. Mungkin tembok besar yang harus dilawan Luffy sebagai bajak laut.

Ternyata? Sama sekali tidak.

Posisi Giant di Angkatan Laut sebenarnya cukup penting. Walau bukan laksamana, dia kadang dipercaya untuk memerintah koleganya yang pangkatnya sama. Ini ditunjukkan di Enies Lobby, saat terjadi Buster Call. Itu sebabnya dia bisa memberi pidato di Markas Besar Angkatan Laut.

Tapi, setelah hanya muncul sebentar-sebentar, John Giant bahkan tak diberi kesempatan untuk pamer saat Perang Marineford dimulai. Selain pidatonya di mabes, adegan paling berkesan John Giant jelas adalah saat dia ditonjok oleh Whitebeard.

Meski begitu, terungkap kemudian kalau John Giant sebenarnya adalah salah satu anak yang diberikan oleh Mother Caramel ke Angkatan Laut. Pengungkapan ini mungkin menandakan kalau Oda masih mempersiapkan sesuatu untuk raksasa yang sempat dipermalukan Whitebeard ini.


Tokoh Angkatan Laut One Piece lain yang awalnya terasa penting namun kini tersisih bisa kamu cek di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.