Pembahasan Manga Boruto 21: Ao Bisa Mengalahkan Boruto?!

Di manga Boruto bab 21, Ao si veteran dari Kirigakure berhasil mengalahkan Boruto?!

Pembahasan Manga Boruto 21: Ao Bisa Mengalahkan Boruto?!

Jadi, di manga Boruto bab 20 kemarin cyborg Ao lanjut memburu Boruto meski dia sempat dikubur dengan tumpukan batu dan gatling gun chakra canggihnya dihancurkan Rasengan Konohamaru.

Boruto lalu menjawab Ao yang mendekat dengan menyalakan lightsaber. Apakah manga Boruto 21 akhirnya menjadi duel lightsaber versus cyborg?! Apakah manga Boruto sudah berhenti mengikuti jalan ninja dan mulai mencoba menyorot kisah jedi dan robot di Konoha? Ini pembahasannya!

Pembahasan Manga Boruto 21: Ao Bisa Mengalahkan Boruto?!

Kashin Koji, si jagoan organisasi Kara, kembali muncul di manga Boruto 21 ini untuk menemui Ao. Ia tampak terkejut karena Tim 7 plus Katasuke berhasil kabur dari jangkauan Ao, hingga ia mengira kalau menghadapi mereka membuat Ao dikuasai emosi.

Pembahasan Manga Boruto 21: Ao Bisa Mengalahkan Boruto?!

Jawaban Ao di sini yang akan penulis analisis. Ao mengatakan kalau dia sudah menganggap bagian dirinya yang shinobi sudah lama mati. Dia sekarang bisa bertahan hidup karena sains. Obyek yang ada untuk digunakan memenuhi tujuan organisasi Kara.

Jadi, apa yang sebenarnya terjadi kepada Ao?

Kemungkinan pertama: ledakan Bijuu Dama dari Juubi gagal membunuhnya, tidak seperti Inoichi dan Shikaku yang sudah dikonfirmasi tewas. Namun ledakan itu membuat Ao mengalami disabilitas total, sehingga saat Kara menawarkan cara agar ia bisa bergerak lagi, ia menerimanya saja. Konsekuensinya ya dia harus bekerja untuk Kara.

Kemungkinan kedua: Kara sudah mengintai sejak Perang Dunia Shinobi Keempat. Mereka lalu meninjau kerusakan dari Bijuu Dama. Mereka lalu menemukan hanya Ao yang masih hidup di reruntuhan lalu, tanpa izinnya, mengutak-atik tubuhnya agar bisa dijadikan agen mereka.

Yang jelas, tampaknya Ao tidak sepenuhnya jujur ke Kashin Koji. Apakah pengabdiannya ke Kara ini sebenarnya tidak disukai oleh Ao sendiri?

Pembahasan Manga Boruto 21: Ao Bisa Mengalahkan Boruto?!

Mungkin ini pertanyaan yang sudah terlintas di kepala kamu sejak melihat gambar header.

Sebagai veteran yang dulu pernah menjadi orang kepercayaan Mei Terumi, tak mengherankan kalau Ao bisa menghadapi Tim 7 plus Konohamaru sekaligus. Ao juga bisa membaca strategi Tim 7 dengan tepat. Dengan teknologi curiannya dari Katasuke, ia menyerap semua jutsu yang dilontarkan oleh Tim 7 kepadanya. Sambil melakukan itu, ia memperhitungkan arah serangan Boruto - yang bersembunyi di awal pertarungan.

Saat Boruto datang, Ao berhasil mengatasi serangan kejutan itu. Ao bahkan dapat merebut lightsaber dari Boruto dan menusuk perut putra Hokage Ketujuh itu. Apa Boruto mati?

Tentu tidak. Itu hanya jebakan. Kamu mungkin masih ingat kalau lightsaber, yang lebih tepat disebut sebagai chakrasaber, ini menguras energi penggunanya habis-habisan. Begitu Ao menyentuh pedang itu, terungkap kalau Boruto yang dia tusuk hanya Kage Bunshin. Mitsuki lalu menjerat tangan Ao agar pria yang satu itu tak bisa begitu saja melepaskan chakrasaber.

Pembahasan Manga Boruto 21: Ao Bisa Mengalahkan Boruto?!

Tiba-tiba, Ao sang veteran tua pun kehilangan banyak tenaga hanya karena trik ini.

Harus diakui, mengingat Ao lebih berpengalaman dari semua shinobi yang melawannya, taktik ini terasa brilian. Lebih masuk akal ketimbang mencoba menghadapinya secara frontal.


Lanjutan pembahasan hal menarik dari manga Boruto 21 bisa kamu cek di halaman kedua!

Pembahasan Manga Boruto 21: Ao Bisa Mengalahkan Boruto?!

Pesan moral dari alur ini tampaknya adalah: teknologi sendiri bukan sesuatu yang jahat. Baik-buruknya teknologi itu tergantung kepada penggunanya sendiri.

Adegan di atas menjadi contoh dari tema tersebut. Ao, yang berniat untuk melenyapkan Tim 7 plus Katasuke, sudah menggunakan sarung lengan penyerap jutsu dari Katasuke untuk mengungguli lawan-lawannya. Lalu ada Boruto, yang menggunakan sarung lengan serupa untuk melindungi teman-temannya. Dengan trik ini, Boruto sukses membuka pertahanan Ao hingga ia bisa meluncurkan jurus andalan turunan ayah dan kakeknya.

Pembahasan Manga Boruto 21: Ao Bisa Mengalahkan Boruto?!

Dengan begini, Boruto yang masih bocah pun dapat mendesak versi cyborg dari pria yang dulu pernah, bersama Chojuro, mengawal Mei Terumi. Sungguh prestasi yang tak bisa diabaikan.

Meski begitu, bukan berarti Ao sudah tamat sampai di sini. Rasengan mungkin mementalkan kakek tua ini, dan chakra-nya sudah diserap oleh jebakan chakrasaber, namun ia sepertinya masih menyimpan kejutan untuk Boruto bab 22.

Di awal Boruto 21 ini, Konohamaru menyampaikan kemungkinan kalau mata kanan Ao masih menyimpan Byakugan. Ia belum menggunakan kemampuan itu hingga sekarang. Apakah benar matanya sudah rusak? Ataukah ia hanya menyimpannya? Kita lihat saja nanti!


Itulah tiga kejadian menarik dari manga Boruto 21. Manakah yang paling menarik minatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Ingin mendiskusikan bab ini dengan teman-temanmu yang juga suka kisah Boruto? Jangan ragu untuk share dan tag!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU