4 Game dengan Ending Paling Singkat, Ada yang Hanya Diam Saja Terus Tamat!

Kalau kamu tau harus ngapain, game-game ini bisa tamat dengan luar biasa cepat!

4 Game dengan Ending Paling Singkat, Ada yang Hanya Diam Saja Terus Tamat!

Semua orang mendambakan sebuah petualangan yang panjanga dalam bermain game. Petualangan panjang mencirikan juga perjalanan yang dramatis disertai dengan musuh-musuh yang sangat kuat. Tengoklah beberapa game yang menyajikan cerita panjang seperti The Witcher 3 atau Final Fantasy Series.

Kedua game tersebut hampir selalu mendapatkan review positif dari para gamer maupun kritikus. Tapi, meskipun membuat game dengan petualangan panjang itu menjanjikan, asal digarap dengan serius ada beberapa developer yang acuh dan membuat game dengan ending paling singkat. Meskipun ending singkat ini sebenarnya menunjukkan bahwa developer-developer tersebut sangat kreatif.

Sebenarnya game-game yang memiliki ending singkat adalah game yang punya cerita panjang dan juga kompleks. Tapi geniusnya para developer game ini membuat game yang memiliki cerita panjang ini memiliki alternatif ending. Nah, ending alternatif inilah yang membuat game tersebut memiliki ending yang cepat. Ada berbagai macam cara untuk memicu alternatif ending ini. Kali ini Duniaku.net tertarik untuk membahas game apa saja yang dianggap sebagai game dengan ending paling singkat.

Yuk, tanpa basa-basi, langsung saja kita bahas satu per saty soal game dengan ending paling singkat yang pernah ada!

4 Game dengan Ending Paling Singkat, Ada yang Hanya Diam Saja Terus Tamat! Source: Mobygames[/caption]

Game dengan ending paling singkat pertama adalah Shadow Complex. Game ini adalah game multiplatform yang dirilis pada tahun 2009. Shadow Complex mendapatkan banyak pujian dari beberapa situs game ternama dan dianggap sebagai game yang memiliki cerita terbaik. Bagi yang menginginkan kualitas grafis lebih baik, Shadow Complex memiliki versi remaster dengan peningkatan yang sangat signifikan khususnya dari segi grafis.

Berbicara soal ending tercepat, Shadow Complex sangat cocok buat para gamer yang malas untuk lama-lama menamatkan game ini. Bagi yang malas, game ini menyediakan ending rahasia sehingga kalian bisa menamatkannya dalam waktu singkat.

Caranya bagaimana? Tentunya sangat mudah untuk memicu ending rahasia ini yakni kalian hanya perlu kembali ke tempat awal kalian berpetualang. Sebelum melakukan ini, kalian akan melihat cutscene di mana karakter bernama Claire ditangkap oleh pasukan militer. Usai ditangkap, Claire akan langsung di bawa masuk ke dalam halicopter.

Usai melihat cutscene ini, kalian cukup kembali ke mobil jeep kalian di mana mobil tersebut ada di awal kalian berpetualangan, kemudian pencet tombol untuk melakukan interaksi di sana dan tamatlah game ini! Mudah bukan? Kalian tidak perlu susah payah melawan penjahat-penjahat karena dengan begitu game ini langsung tamat. Bahkan kalian bisa mendapatkan sebuah achievement "Status Update: Single master challenge." Hal seperti ini menunjukkan bahwa chAIR Entertainment selaku developer cukup pandai membuat kejutan.

4 Game dengan Ending Paling Singkat, Ada yang Hanya Diam Saja Terus Tamat! Source: Alchetron[/caption]

Game dengan ending paling singkat selanjutnya adalah Metal Saga. Game ini bahkan luar biasa singkat karena kalian hanya disuruh memilih satu pilihan dan kemudian tamat. Game yang dirilis pada tahun 2005 untuk platform PS2 ini sebenarnya merupakan RPG turn based yang unik. Oiya, untuk menamatkan game ini dengan cepat, itu terjadi saat kalian sedang berbicara dengan karakter bernama Nina. Di situ si karakter utama akan meminta pendapat dengan Nina soal keinginannya untuk menjadi seorang pemburu atau menjadi seorang mekanik.

Bila memilih ingin menjadi seorang pemburu, petualangan kalian yang dramatis akan dimulai. Untuk menamatkannya secara cepat, pilihan menjadi seorang pemburu tentu saja bukan pilihan yang baik. Kalian hanya perlu memilih untuk menjadi seorang mekanik dan hoplaaa! Game ini akan tamat dengan sangat cepat. Bahkan, pilihan si karakter utama ini didukung oleh orang tuanya lho. Si orang tua karakter utama tidak ingin anaknya menghadapi monster menakutkan, membentuk otot, atau hal-hal yang dianggap berbahaya lainnya.

Bagi yang penasaran, kalian bisa memainkan game ini lho. Kapan lagi coba game dengan ending secepat ini, hahaha.


Nah, ada game apalagi ya yang memiliki ending paling singkat? Yuk, langsung kita meluncur ke halaman selanjutnya.

4 Game dengan Ending Paling Singkat, Ada yang Hanya Diam Saja Terus Tamat!

Selanjutnya game dengan ending paling singkat adalah Batman Arkham City. Ya, seri Batman kedua untuk trilogi Batman Arkham memang diracik dengan maksimal.

Untuk memicu ending ini kalian harus memiliki Catwoman DLC dan kalian harus bermain dengan Catwoman untuk memicu ending ini.

Saat menggunakan Catwoman tepatnya di misi ketiga, kalian disuruh untuk pergi ke kiri atau ke kanan dengan barang curian kalian. Untuk memicu ending ini, kalian hanya perlu pergi ke kanan bersama dengan barang curian kalian. Oiya, sebelum melakukan ini, kalian akan melihat cutsecene di mana Batman tertimpa atap yang runtuh. Di sini tidak diketahui apakah Batman tewas atau tidak. Bila kalian memicu alternatif ending, maka kalian akan melihat Batman benar-benar tewas.

Kalian hanya perlu melanjutkan perjalanan dan berakhirlah game ini. Setelah credit scene, kalian akan melihat cuplikan pembicaraan Oracle yang mengakui bahwa Joker telah menang sedangkan Batman sendiri kalah karena tewas tertimpa reruntuhan.

4 Game dengan Ending Paling Singkat, Ada yang Hanya Diam Saja Terus Tamat!

Bagi para penggemar seri Far Cry, tentu kalian sudah tahu bukan bahwa Far Cry 4 memiliki ending yang singat. Ya, game besutan Ubisoft beberapa tahun yang lalu ini memiliki ending yang mengejutkan. Seperti yang telah diketahui, Far Cry 4 menceritakan soal petualangan Ajay Ghale ke Kyrat untuk menaruh abu sang ibu. Namun sebelum bisa menaruh abu ini, Ajay harus terlebih dulu izin kepada antagonis utama, Pagan Min.

Pagan Min merupakan orang jahat yang tidak segan untuk membunuh siapapun yang membangkang. Ketika pertama kali bertemu, Ajay dan Pagan akan saling mengobrol selama beberapa lama. Namun ketika Ajay meminta izin untuk menaruh abu sang ibu, Pagan tiba-tiba izin untuk pergi selama kurang lebih 15 menitan karena dirinya mengakui punya urusan. Di sinilah kalian mulai memilih. Bila kalian pergi meninggalkan tempat Pagan, maka petualangan panjang untuk membunuh antagonis ini dimulai.

Tapi bila kalian bersabar untuk menunggu Pagan kembali, maka Pagan akan benar-benar kembali dan melanjutkan pembicaraan. Barulah setelah itu dirinya mengizinkan Ajay untuk menaruh abu sang ibu dan kemudian tamatlah game ini dengan Ajay yang bergabung dengan Pagan Min. Singkat bukan? Padahal bila melawan Pagan, kalian bisa menghabiskan waktu berjam-jam, hahaha.


Nah, kurang lebih itulah empat game paling singkat yang pernah ada. Keempat game ini memang layak ditiru karena ending alternatif ini lumayan untuk menambah fitur di dalam game. Hal seperti ini juga cenderung unik karena menunjukkan bahwa kreatifitas developer game mamiliki kreatifitas yang brilian.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU