Ini Alasan Ranger Merah Selalu Jadi Pemimpin di Power Rangers!

Berkat ini Ranger Merah selalu jadi favorit anak-anak kecil yang suka menonton Power Rangers.

Ini Alasan Ranger Merah Selalu Jadi Pemimpin di Power Rangers!

Mungkin banyak dari kita yang menyadari bahwa Ranger Merah hampir selalu dijadikan pemimpin. Tak cuma di serial Power Rangers dan Super Sentai, karakter dari serial lain pun ada yang menggunakan warna merah untuk menunjukkan kepemimpinan. Sebut saja Optimus Prime, Osomatsu, Luffy yang sering memakai pakaian merah, dan bahkan Superman juga memiliki unsur warna merah. Kenapa begitu? Berikut alasan warna merah identik dengan pemimpin!

Ini Alasan Ranger Merah Selalu Jadi Pemimpin di Power Rangers!

Super Sentai yang merupakan sumber footage yang digunakan Power Rangers berasal dari Jepang. Tentu banyak unsur budaya Jepang yang terbawa dalam pembentukan opini bahwa merah identik dengan pemimpin. Salah satunya adalah kesenian Kabuki yang merupakan semacam teater khas Jepang. Para pemain Kabuki ini memiliki dandanan khusus, dan siapapun yang menggunakan merah berarti dia adalah pahlawan dari permainan Kabuki tersebut.

Warna merah dalam permainan Kabuki ini digunakan untuk melambangkan warna darah yang ditumpahkan oleh lawan-lawannya. Tentu sangat cocok untuk karakter pahlawan, bukan? Merah adalah simbol warna darah dan api, sesuatu yang sering muncul di adegan-adegan aksi dan heroik. Itulah kenapa warna merah cenderung dikaitkan dengan pemimpin dari sebuah tim superhero.

Ini Alasan Ranger Merah Selalu Jadi Pemimpin di Power Rangers!

Bendera Negara Jepang terdiri dari warna merah dan putih. Orang-orang Jepang ada yang memanggil bendera ini dengan sebutan Hinomaru yang artinya lingkaran matahari. Warna putih di bendera Negara Jepang melambangkan kejujuran dan integritas yang menjadi identitas warga Jepang. Sedangkan warna merah sendiri melambangkan ketulusan. Matahari merah ini juga digunakan sebagai lambang Dewi Amaterasu yang merupakan dewi matahari dalam agama Shinto di Jepang sana. Kabarnya juga dianggap sebagai pendiri dan leluhur kerajaan di Jepang sana.

Inilah salah satu alasan kenapa superhero Jepang kebanyakan memiliki warna merah. Bahkan di serial Kamen Rider, sebagian besar Rider yang menjadi tokoh utamanya memiliki unsur warna merah atau warna campuran dari merah. Warna merah menjadi bagian dari identitas Negara Jepang itu sendiri sehingga superhero mereka pun banyak yang dikaitkan dengan warna merah.

Hal ini juga tercermin di salah satu serial Super Sentai yang berjudul Taiyou Sentai Sun Vulcan. Di serial itu disebutkan bahwa matahari adalah bintang yang memberikan kehidupan. Tema dari serial Taiyou Sentai Sun Vulcan sendiri sangat berkaitan erat dengan matahari. Tentu ini jadi salah satu tanda bahwa Negara Jepang memiliki keterikatan khusus dengan matahari merah di bendera mereka.

Ini Alasan Ranger Merah Selalu Jadi Pemimpin di Power Rangers!

Secara psikologis merah memiliki arti keberanian dan juga gairah. Merah juga merupakan perlambang kekuatan dan energi. Warna merah dipercaya mampu memberikan dorongan khusus untuk melakukan tindakan tertentu. Ini juga salah satu penyebab kenapa banyak Ranger Merah di serial Super Sentai maupun Power Rangers yang tampak selalu bergairah dan bertindak sebelum berpikir.

Selain itu warna merah juga adalah warna yang identik dengan kehidupan. Merah adalah warna jantung dan darah, tentu tak perlu dipungkiri bahwa warna merah adalah bagian dari diri kita. Warna merah juga memiliki daya tarik tersendiri, apalagi warna merah menyala. Perlu diakui bahwa sebagian besar dari kita tentu akan lebih dulu menyadari sesuatu berwarna merah. Ini juga salah satu alasan kenapa merah adalah warna pemimpin dan berada di tengah-tengah atau di depan formasi tiap tim Ranger. Ranger Merah identik dengan pemimpin karena mereka selalu dijadikan pusat perhatian terlebih dulu dibanding yang lainnya.


Itu dia sebagian alasan kenapa Ranger Merah identik dengan pemimpin. Apa di antara kalian ada yang tahu alasan lainnya? Coba sebutkan di kolom komentar, ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU