Awas! Ini 3 Kartu Kuat Hearthstone yang Akan Hilang di Tahun Raven!

Blizzard Entertainment akhirnya angkat bicara soal perpindahan tahun Hearthstone! Kali ini akan ada 3 kartu kuat Hearthstone yang akan hilang dari permainan mode Standard, apa saja?

Awas! Ini 3 Kartu Kuat Hearthstone yang Akan Hilang di Tahun Raven!

 

Memasuki tahun 2018, Blizzard Entertainment mulai angkat bicara soal perpindahan tahun Mamoth ke tahun Raven. Salah satu hal yang paling mengejutkan adalah ada beberapa kartu kuat Hearthstone yang terpaksa harus masuk ke Hall of Fame. Seperti tahun lalu, beberapa kartu klasik yang memiliki potensi terlalu kuat akan disingkirkan dari mode Standard. Nah kali ini akan ada tiga kartu kuat Hearthstone yang terpaksa harus disingkirkan.

Sejalan dengan perkembangkan ekspansi Hearthstone, maka akan ada banyak kartu baru yang tentunya akan memiliki gaya permainan berbeda. Kartu baru ini bisa bersinergi sangat kuat dengan kartu-kartu klasik yang sudah tersedia sejak permainan Hearthstone orisinal dirilis. Nah, berikut ini merupakan ketiga kartu yang akan dihilangkan di ekspansi berikutnya:

Molten Giant

Awas! Ini 3 Kartu Kuat Hearthstone yang Akan Hilang di Tahun Raven!

Molten Giant merupakan salah satu kartu Giant yang sebenarnya tidak begitu kuat saat ini. Sebelumnya, kartu ini sudah mengalami nerf berat, apalagi sejak kemunculan Reno Jackson di ekspansi Journey to Ungoro. Kartu ini sebelumnya sangat kuat di deck Giant Mage dan juga Control Warlock. Sayang karena terlalu kuat, ia mendapatkan nerf di bagian mana cost dari 20 menjadi 25.

Masalahnya nerf yang dilakukan ini justru "mematikan" kartu dengan kelangkaan Epic ini sendiri. Hingga saat ini, Molten Giant hampir sama sekali tidak terpakai di deck mana pun. Hal itu lah yang membuat Ben Brode, desainer kartu Hearthstone, memutuskan untuk membawa kartu ini ke Hall of Fame. Setidaknya Molten Giant bisa dikenang menjadi salah satu kartu terkuat yang pernah ada di sejarah Hearthstone.

Coldlight Oracle

Awas! Ini 3 Kartu Kuat Hearthstone yang Akan Hilang di Tahun Raven!

Salah satu kartu terkuat lain yang juga harus tersingkir di tahun ini adalah Coldlight Oracle. Kartu minion bertipe Murloc ini juga sangat sering dipakai oleh banyak pemain untuk memperkuat deck mereka. Kartu minion ini merupakan salah satu kartu "draw card" yang paling seimbang, karena efeknya juga dirasakan oleh musuh. Namun, hal ini juga dapat dimanfaatkan pemain untuk melakukan "mill" terhadap musuh.

Pihak pengembang melarang kartu ini karena dapat menciptakan sebuah combo kuat dalam giliran bersamaan, kartu normal yang memiliki efek "draw" terbaik (sehingga class lain seperti kehilangan identitas), dan juga kartu yang seharusnya menguntungkan lawan karena mengambil kartu disalahgunakan menjadi kerugian (mill).

Ice Block

Awas! Ini 3 Kartu Kuat Hearthstone yang Akan Hilang di Tahun Raven!

Nah, kartu kuat Hearthstone terakhir yang harus masuk Hall of Fame adalah Ice Block. Sebenarnya kartu ini memang sudah lama "dibenci" orang, karena membuat seorang Mage mampu bertahan hidup 1 giliran! Hal ini biasa saja jika mereka bisa bertahan satu giliran saja. Namun kini ada banyak kartu baru yang memungkinkan pemain mendapatkan Ice Block lebih dari satu dalam satu giliran (sistem Discover dan sebagainya)!

Sedangkan pihak desainer sendiri ingin melihat sebuah Mage yang memiliki gaya permainan baru. Mereka pun menjanjikan akan ada deck Mage baru yang bakal asyik untuk dimainkan, bahkan dapat bersaing dengan pemain lain walau tanpa Ice Block! Untuk sementara ini kita belum tahu, tetapi mereka sudah menyiapkan ekspansi baru.

Itu lah ketiga kartu kuat Hearthstone yang akan menuju ke Hall of Fame! Dari ketiga kartu ini, mana kartu yang paling kamu sesalkan untuk berpindah? Jika saya, maka jawabannya adalah Ice Block! Namun tenang, jika kamu memiliki kartu-kartu ini, maka kamu akan mendapatkan Dust gratis ketika kartu ini sudah resmi memasuki Hall of Fame.


Sementara itu, akan ada banyak informasi yang akan saya sampaikan, kamu bisa mengeceknya di halaman berikutnya.

Awas! Ini 3 Kartu Kuat Hearthstone yang Akan Hilang di Tahun Raven!

Tahun Raven ini, selain ada 3 kartu kuat Hearthstone yang akan memasuki Hall of Fame, ada beberapa ekspansi lama yang juga harus meninggalkan mode Standard. Berikut ini merupakan beberapa ekspansi yang dipastikan tidak akan bisa dipakai kembali di mode Standard:

Whispers of the Old Gods

Ekspansi ini cukup disesalkan kepergiannya, sebab ada beberapa kartu kuat yang pastinya akan susah tergantikan. Ekspansi ini menampilkan keempat minion kuat yang disebut dengan Old Gods. Mereka memiliki kemampuan Battle Cry kuat yang tentu saja menjadi podasi deck yang wajib diperhitungkan!

Sementara untuk kartu eksklsif tiap class yang mengalami perubahan besar jatuh pada Evolve Shaman karena kehilangan dua kartu spell pentingnya plus juga Minion Thing From Bellow dan Flamewreathed Faceless. Selain itu deck Pirate Warrior pun tampaknya harus musnah karena kehilangan N'Zoth's First Mate dan Bloodsail Cultist.

One Night in Karazhan

Adventure terakhir yang ada di game kartu ini tampaknya juga harus pindah haluan juga ke mode Wild. Padahal Adventure yang satu ini memiliki banyak kartu kuat yang mendukung hampir seluruh class yang ada di Hearthstone loh! Hampir seluruh kartu Legendary yang ada di ekspansi ini memiliki kekuatan yang sangat baik, hingga masih digunakan hingga saat ini, seperti Barnes, The Curator, dan Medivh, the Guardian.

Dampak class yang paling buruk setelah adventure ini pindah adalah pada Control dan Agro Mage yang mengandalkan Medivh's Valet dan Fireland Portal. Lalu disusul Hunter karena kehilangan Cloaked Huntress dan Cat Tricks. Terakhir adalah Zoo Warlock, karena seluruh kartu eksklusif di ekspansi ini telah hilang (Melchezaar's Imp, Kara Kazham!, dan Silverware Golem).

Awas! Ini 3 Kartu Kuat Hearthstone yang Akan Hilang di Tahun Raven!

Mean Streets of Gadgetzan

Mean Streets of gadgetzan sebenarnya merupakan klimaks dari ekspansi tahun lalu! Ekspansi ini membagi 9 class yang ada dengan 3 pilihan deck permainan yang berbeda. Masing-masing dari mereka dipimpin oleh Minion Legendary yang mewakili geng mereka. Sementara itu banyak sekali kartu kuat yang menjadi pondasi deck Hearthstone hingga saat ini, seperti Auctionmaster Beardo, Finja, the Flying Star, Dirty Rat, dan Doople Gangster.

Sementara untuk seluruh class yang ada di ekspansi ini juga menjadi kehilangan identitas mereka yang sudah melejit. Beberapa deck kuat seperti Jade Druid, Jade Shaman, Jade Rogue, Kazakus Priest, dan Kazakus Warlock harus mengundurkan diri dari persaingan global. Kini pondasi utama permainan ini bergantung pada Death Knight yang diperkenalkan di ekspansi Knights of the Frozen Throne.

Awas! Ini 3 Kartu Kuat Hearthstone yang Akan Hilang di Tahun Raven!

Totalnya ada lebih dari 130 kartu yang akan hilang di mode Standard. Namun tenang saja, pihak Blizzard Entertainment sudah berjanji di tahun Raven ini akan ada tiga ekspansi utama yang pastinya akan menampilkan kartu kuat Hearthstone lainnya! Sementar itu, ada fitur baru yang juga akan dirilis di tahun ini yaitu mode Tournament.

Mode baru ini bisa diakses di dalam permainan loh! Jadi pemain bisa mengkustomisasi turnamen mereka sendiri. Pemain bisa membentuk turnamen sendiri, mengajak teman untuk ikutan, menjadi partisipan, atau melihat deck mereka. Namun hingga saat ini, Blizzard Entertainment sendiri belum memberikan informasi lebih detail. Jadi kita tunggu saja kabar baiknya.

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU