Comifuro X: Ramai, Sejuk, Namun Tetap Penuh dengan Hiburan

Comifuro X tahun 2018 ini menjadi event yang seru dan tetap nyaman! Ada apa saja sih di Comifuro X ini? Simak liputannya berikut ini!

Comifuro X: Ramai, Sejuk, Namun Tetap Penuh dengan Hiburan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara tahunan Comic Frontier atau Comifuro pastinya sangat ditunggu oleh para penggemar karya-karya lokal. Event ini memang menyediakan tempat bagi para kreator independen atau indie untuk menjajakan karya-karya mereka seperti komik, poster, light novel, kaos, dan lain sebagainya.

Meskipun didominasi dengan budaya pop kultur Jepang seperti karya-karya fan yang berdasarkan serial anime, manga, atau sejenisnya yang berasal dari negeri Sakura tersebut, namun karya yang berdasarkan budaya barat seperti serial komik atau film terkenal juga ada.

Comifuro X: Ramai, Sejuk, Namun Tetap Penuh dengan Hiburan

Jika membahas Comifuro, tentu drama dan kejadian di ajang Comifuro 9 yang diselenggarakan tahun lalu masih diingat oleh para pengunjung. Tahun lalu, sempat dipenuhi drama, salah satunya adalah ruangan yang sangat panas ditambah kerumunan pengunjung yang menambah pengap ruangan indoor Balai Kartini Jakarta saat itu.

Bagaimana dengan Comifuro X yang digelar pada tahun 2018 ini? Pada tahun ini, ruangan sangat sejuk, dan hawa AC pun terasa dengan sangat baik. Penulis sendiri tidak merasa terganggu dengan suhu ruangan, dan bisa dengan bebas mengelilingi seluruh ruangan.

Comifuro X: Ramai, Sejuk, Namun Tetap Penuh dengan Hiburan

Namun ada sedikit perbedaan. Jumlah pengunjung tahun lalu, dibandingkan tahun ini sepertinya lebih ramai pada Comifuro 9. Penulis selama acara masih bisa bergerak dengan bebas, meskipun di tempat yang padat sekali pun, tidak seperti tahun lalu yang dipenuhi oleh lautan manusia.

Sepertinya pengaruh guest star. Tahun lalu, cosplayer yang menjadi tamu tidak main-main, yaitu ada tiga cosplayer internasional, mereka adalah Aliga, Ying, dan Nemesia, yang tentunya mereka bukan cosplayer biasa. Pada tahun ini, guest star lebih banyak dari dalam negeri, dan mereka juga tidak kalah kerennya!

Comifuro X: Ramai, Sejuk, Namun Tetap Penuh dengan Hiburan

Selain itu, acara Comifuro X tahun ini juga penuh hiburan, terutama di Main Stage. Ada Creative Talkshow dengan publisher komik ternama, seperti Ciayo Comics, Re:ON Comics, dan Comico. Untuk menghibur, ada penampilan dari IXRE Band, Nanairo Symphony, OtaGroove DJ, sampai special performance dari Nia dan Angelyn.

Comifuro X: Ramai, Sejuk, Namun Tetap Penuh dengan Hiburan Comifuro X: Ramai, Sejuk, Namun Tetap Penuh dengan Hiburan

Dari segi keamanan, Comifuro X juga aman dan nyaman, karena setiap ingin keluar, pengunjung akan diperiksa tasnya. Kesimpulannya, Comifuro X kembali menjadi ajang yang seru untuk kamu semua para penggemar budaya pop kultur terutama karya indie. Acara Comifuro X masih ada loh di minggu tanggal 4 Maret 2018 ini, dan tiket masih dibuka sampai jam 5 sore, ayo serbu Balai Kartini!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU