Sadar Nggak Kalau Selama Ini Kita Sudah Melihat Soul Stone Berkali-Kali?

Bingung mencari Soul Stone ada di mana? Sepertinya, keberadaan Infinity Stones yang satu ini lebih dekat yang dari kita kira dan hal ini juga dipertegas dengan promo art terbaru Avengers: Infinity War!

Sadar Nggak Kalau Selama Ini Kita Sudah Melihat Soul Stone Berkali-Kali?

Salah satu misteri dalam Marvel Cinematic Universe yang membuat fans penasaran adalah letak dari salah satu Infinity Stone ke-6: Soul Stone. Sebelumnya, banyak yang berpendapat bahwa Soul Stone akan muncul dalam film Black Panther karena film ini sendiri rilis sebelum Avengers: Infinity War. Akan tetapi, Infinity Stone yang satu ini malah tidak disebutkan sama sekali di film tersebut.

Nah, terdapat beberapa teori mengenai keberadaan dari Soul Stone ini—tetapi teori yang dijelaskan pada website Screenrant (dan penjelasan tambahan dari io9) ini bisa dibilang yang paling menarik. Teori ini menjelaskan kalau selama ini mungkin kita sudah melihat Soul Stone berkali-kali. Bentuknya sendiri bisa dibilang epik!

Sebelum kita membahas mengenai teori ini, saya akan memperingatkan bahwa artikel ini mungkin mengandung spoiler berat yang, jika teorinya benar, maka bisa mengurangi rasa terkejut ketika menonton Avengers: Infinity War nanti. Tapi kalau kamu tidak masalah terkena spoiler, silakan lanjutkan membaca.

SPOILER ALERT!

Jika kalian melihat kembali trailer dari Avengers: Infinity War di bawah ini, kalian akan mendapati sebuah “planet” berwarna jingga yang memenuhi layar. Nah, Soul Stone sendiri memiliki warna jingga—ini bisa berarti bahwa planet tersebut adalah Soul Stone!

Trailer Avengers Infinity War

Setelah memperlihatkan “planet” tersebut di trailer, adegan berikutnya yang diperlihatkan adalah Tony Stark memegang tangan—yang diduga adalah milik—Peter Parker. Setelahnya pula, diperlihatkan pertarungan-pertarungan melawan Thanos yang berpusat di planet berwarna jingga tersebut.

Sadar Nggak Kalau Selama Ini Kita Sudah Melihat Soul Stone Berkali-Kali?

Jika kalian bandingkan antara planet jingga tersebut dengan planet Bumi, lingkungan sekitarnya sangatlah jauh berbeda. Bisa dibilang, pertarungan tersebut terjadi di dalam dunia Soul Stone. Oh, dan bagi kamu yang belum tahu, footage dari Comic Con yang rahasia dan tidak boleh disebarluaskan juga memperlihatkan para anggota Guardians of the Galaxy di planet jingga itu, lho!

Teori ini semakin diperkuat dengan bagaimana komik Marvel memperlihatkan Soul Stone. Lanjut ke halaman 2!

Soul Stone adalah batu kosmik yang memiliki kekuatan untuk mengontrol kehidupan dan kematian—nyawa atau soul dari makhluk hidup. Batu kosmik yang satu ini juga bisa dibilang hidup karena menginginkan nyawa seseorang, menghisap dan memperangkap mereka ke dalam dunia berwarna jingga.

Sadar Nggak Kalau Selama Ini Kita Sudah Melihat Soul Stone Berkali-Kali?

Dalam komik, warnanya sendiri sebenarnya tidak jingga. Tetapi untuk menyesuaikan dengan MCU, warna dari Infinity Stone pun diubah menjadi jingga. Nah, gambar di atas sendiri diambil dari Guardians of the Galaxy #150, komik terbaru Marvel yang menjadi bagian dari event terbaru mereka Infinity Countdown. Dalam gambar di atas, terlihat Adam Warlock berada di dalam Soul Stone.

Dalam komik-komik sebelumnya, diceritakan pula bahwa Gamora dan Drax pernah dikalahkan Thanos dan jiwa mereka diserap ke dalam Soul Gem. Keduanya pun menunggu untuk dihidupkan kembali/dikeluarkan dari dalam batu kosmik tersebut.

Sadar Nggak Kalau Selama Ini Kita Sudah Melihat Soul Stone Berkali-Kali?

Hal ini membuat mungkin bahwa pertarungan antara Thanos dan Iron Man serta Superhero lainnya terjadi di dalam batu kosmik tersebut.

Memang, dunia di dalam Soul Gem sendiri—yang disebut Soul World—adalah sebuah “dunia” dan bukannya “planet”, tetapi dalam komik terbaru juga diceritakan bahwa ukuran dari Infinity Stone bisa sangat besar layaknya sebuah planet kecil/planetoid. Gambar di bawah ini memperlihatkan bagaimana Nova Corps sedang memandangi Power Stone yang seukuran raksasa.

Sadar Nggak Kalau Selama Ini Kita Sudah Melihat Soul Stone Berkali-Kali?

Menariknya, dikatakan bahwa bintang-bintang disekitar Power Stone bergerak mengelilingi Infinity Stone tersebut.

Semua bukti yang ada, ditambahkan dengan promo art terbaru untuk Avengers: Infinity War semakin memperkuat teori yang ada. Lanjut ke halaman 3!

Berikut ini adalah promo art resmi yang dikeluarkan oleh Marvel untuk Avengers: Infinity War:

Sadar Nggak Kalau Selama Ini Kita Sudah Melihat Soul Stone Berkali-Kali?

Dalam promo art di atas, diperlihatkan seluruh Infinity Stones beserta dengan superhero di dalamnya Space Stone atau Tesseract pertama kali muncul di film Captain America, dalam gambar sendiri Steve Rodgers diperlihatkan berada di dalam Space Stone. Lalu, ada Peter Quill dengan Power Stone; Thor dengan Reality Stone atau Aether; dan… Iron Man dengan Soul Stone!

Melihat dari sejarahnya, bisa diartikan bahwa dalam setiap Infinity Stone yang ada sangatlah dekat dengan superhero yang bersangkutan. Tidak harus menggunakannya seperti Dr. Strange dengan Time Stone, atau memilikinya dibagian tubuhnya seperti Vision dan Mind Stone. Nah, Iron Man sangatlah dekat dengan Soul Stone!

Sepanjang trailer, kita diperlihatkan bagaimana Iron Man hampir selalu berada di lokasi yang segalanya berwarna jingga. Ini bisa menjadi sebuah petunjuk bahwa Tony Stark berada di dalam Soul Stone yang memiliki ukuran sangat besar layaknya planet!

Yah, tentu saja, ini masih berupa teori—bisa benar, bisa salah. Akan tetapi, rasanya plot twist seperti ini untuk sebuah film puncak dalam Marvel Cinematic Universe.

Avengers: Infinity Wars akan dirilis pada tanggal 27 April mendatang. Masih belum ada informasi kapan rilisnya di Indonesia. Tetapi, biasanya akan rilis seminggu lebih cepat. Yah, kita tunggu saja kabarnya selanjutnya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU