Ahli Banget! 10 Developer Game yang Ga Pernah Bikin Game Jelek!

Nah, berikut adalah 10 develeoper game yang terbukti ga pernah bikin game jelek!

6

KOJIMA PRODUCTIONS

Jika kita berbicara tentang Hideo Kojima, tentu yang kita ingat adalah karyanya Metal Gear Solid dan hengkangnya dia dari Konami. Sangat disayangkan memang Kojima harus “berpisah” dengan Konami, tapi Kojima hanya megerjakan satu franchise paling populer dalam sejarah video game, dan hanya itu saja yang benar-benar penting.

Setelah hengkang Hideo Kojima mendirikan studio sendiri bernama Kojima Productions pada tahun 2005 dan telah menghasilkan beberapa game yang cukup terkenal, seperti Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots, Metal Gear Solid: Peace Walker, dan tentu saja seri terakhir Kojima Productions yang dirilis oleh Konami, Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

Death Stranding merupakan game Kojima pertama sejak hengkang dari Konami yang diterbitkan oleh Sony. Kami juga baru mendengar kabar bahwa Troy Baker tengah ikut mengerjakan Death Stranding sebagai voice actor.

7

THATGAMECOMPANY

bikin game

Sumber: Twitter

Thatgamecompany tak hanya menciptakan karya besar yaitu Journey, sebuah game yang sangat unik, tapi mereka juga bikin game seperti Flow, Flower, dan Cloud yang mematahkan anggapan bahwa game keren itu berasal dari gameplay atau ceritanya saja.

Developer game yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat ini senantiasa berusaha menciptakan pengalaman gameplay yang unik dengan cara terbaik. Produk terbaru mereka berikutnya, Sky dijadwalkan rilis akhir tahun lalu, namun sayangnya ditunda dan belum ada informasi lebih lanjut tentang kelanjutannya.

8

Team ICO

review shadow of the colossus

Shadow of the Colossus dan The Last Guardian adalah dua produk Team ICO terbaik sepanjang masa. Game ini membawa kamu ke dunia di mana kamu benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan. Yang kamu tahu hanyalah menyelamatkan seorang gadis bernama Mono.

Tugas mengalahkan 16 colossi tanpa instruksi apapun adalah salah satu sensasi yang paling memuaskan bagi saya pribadi. Dan memang inilah yang membuat Shadow of Colossus begitu istimewa.

9

MONOLITH SOFT

xeno game

Sumber: Time Magazine

Dikenal sebagai pengembang dari Xenoblade Chronicles 2 (Switch), Xenoblade Chronicles X (Wii U), dan Xenoblade Chronicles (Wii), Monolith Soft sontak menjadi sosok hebat saat menciptakan JRPG spektakuler untuk konsol game.

Studio ini tidak selalu berada di sisi Nintendo, sebenarnya Monolith Soft adalah milik Namco Bandai sampai tahun 2007, di mana mereka telah mengembangkan beberapa judul franchise Xenosaga serta Baten Kaitos untuk Nintendo GameCube.

Rata-rata skor yang diperoleh Monolith Soft di Metacritic sekitar 78 dan dengan kemitraan yang mereka jalin bersama Nintendo, maka kami sangat yakin skor tersebut akan meningkat dalam waktu dekat.

10

MEDIA MOLECULE

Setiap orang yang memiliki PlayStation 3 mungkin telah memainkan Little Big Planet setidaknya satu kali. Fitur dan mekanika yang dimiliki game ini memang super kreatif.

Little Big Planet bukanlah satu-satunya game yang dikembangkan oleh Media Molecule. Tim ini juga telah bikin game seperti Tearaway (PlayStation Vita), yang telah memanfaatkan fitur “aneh” milik Vita, yakni layar sentuh depan dan belakang.

Proyek terbaru karya Media Molecule berikutnya adalah Dreams, yang akan mengambil beberapa unsur yang dimiliki Little Big Planet.

Diedit oleh Doni Jaelani

TENTANG PENULIS
era