Lewat Setahun, Nintendo hapus Progress Switch! Kok Bisa?

Apakah konsol Switch kalian juga terkena permasalahan ini?

Suatu hari, kalian menyalakan Nintendo Switch kalian dan mencoba memeriksa beberapa game. Namun, ternyata ada yang janggal dari daftar game yang ada, progress Switch kalian ternyata terhapuskan dan tertulis kalian baru saja memainkan game tersebut. Waduh?!

Sudah setahun sejak Nintendo Switch dirilis, banyak perkembangan dan tidak sedikit masalah yang berdatangan. Namun, konsol portable besutan Nintendo satu ini tidak bisa dianggap remeh.

Pada saat ini, total penjualan konsol Switch sudah menembus angka penjualan Wii U, konsol terakhir Nintendo sebelum Switch. Angka ini merupakan pencapaian yang sangat positif bagi Nintendo, sebab konsol ini terbukti sukses berat di pasaran.

Bahkan, saking populernya, banyak pengembang pihak ketiga mulai melirik konsol unik ini. Sebut saja Psyonix dengan Rocket League atau id Software dengan DOOM yang dirilis pada tahun 2016 lalu.


CONTINUE READING BELOW

Wow, Penjualan Nintendo Switch Berhasil Mengalahkan Wii U di Jepang!

Meskipun dipasarkan hanya dalam waktu singkat, salah satu konsol terbaru milik Nintendo yaitu Nintendo Switch mampu menjadi konsol terlaris bahkan mengalahkan seniornya sendiri yaitu Nintendo Wii U.


Ditambah lagi, Nintendo semakin sering dijadikan bahan pembicaraan semenjak mereka mengumumkan Nintendo LABO. Ya, prakarya dari kardus ini berhasil menarik minat orang tua yang memiliki anak, namun tidak sedikit yang membicarakan dan mengejek LABO.

Satu tahun berlalu, ternyata Nintendo Switch mulai membawa satu permasalahan yang membuat para pemiliknya terheran. Tanpa ada alasan yang jelas, progress Switch terhapuskan, para pemain kehilangan progress mereka.

progress switch

Hilangnya progress Switch pada konsol pemain, Sumber: GameSpot.

Namun pemilik konsol Switch tidak perlu khawatir dulu, sebab bukan save file yang hilang pada Nintendo Switch, dan tidak ada hal fatal yang terjadi. Konsol portable ini hanya menghapus waktu bermain para pemilik konsol, selebihnya pemain masih bisa melanjutkan permainan mereka seperti biasa.

Hal ini tentu membuat beberapa pemain sedikit kaget, pasalnya saat mereka memeriksa game yang dimiliki, semuanya tertulis “First played 2 days ago” atau bahkan “Played for 2 hours or more”. Hal ini tentu membuat beberapa pemain jengkel.

Tenang, Nintendo menyadari permasalahan ini. Nintendo menyebutkan konsol Switch masih mencatat total playtime hingga saat progress pemain ‘hilang’. Hanya saja, konsol ini menghadapi sedikit permasalahan dan menyembunyikan total waktu permainan.

Nintendo juga menyebutkan mereka akan memberikan update terbaru bagi para pemilik Switch. Wah, untungnya bukan save file yang hilang!

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.