Ini Dampak Kreator yang Lebih Sering Ngedrama daripada Berkarya!

Memang mending berkarya deh ketimbang bikin drama!

Drama mengenai kasus penipuan yang dilakukan oleh seorang webtunis ternama kembali menghebohkan jagat industri kreatif Indonesia.

Pasalnya, ini bukan pertama kalinya sang pelaku membuat drama di akun media sosialnya demi menutupi jejak kebohongan yang ia lakukan. Kasus yang telah berlangsung selama bertahun-tahun ini lantas berakibat kepada kemarahan para mantan penggemarnya, bahkan sampai diberitakan oleh salah satu media online terbesar di Indonesia!

Jika menilik kasus di atas, kita bisa melihat betapa seriusnya dampak yang dapat ditimbulkan oleh perbuatan sang kreator. Efeknya tidak hanya akan dirasakan oleh para penggemar dan mantan penggemarnya, tetapi juga kehidupan sang kreator itu sendiri.

Hal seperti ini tidak hanya berlaku untuk perbuatan kriminal saja, tetapi juga drama-drama kecil lainnya. Bahkan, aktivitas sederhana seperti berdebat di media sosial dan ditonton oleh banyak orang pun ada dampak negatifnya. Nah, kita perlu menyadari bahwa membuat drama ini punya efek yang buruk untuk kehidupan kita, juga kehidupan berkarya kita.

Oleh karenanya, jangan menjadi kreator yang penuh drama. Ayo kita simak beberapa dampak yang bisa ditimbulkan dari kreator penuh drama.

1

Tempat Kerjamu Kena Imbasnya

penipuan drama line webtoon felicia huang 304th study room

Sumber: The Kicker

Kita mungkin tak pernah menyadari bahwa drama yang kita timbulkan bisa berdampak buruk bagi perusahaan yang memekerjakan kita. Kita mungkin berpikir bahwa drama adalah urusan pribadi, tetapi nyatanya tidak sesederhana itu. Citra buruk yang telah kita tuai pada akhirnya juga akan berimbas bagi perusahaan tempat kita bernaung.

Benar bahwa drama akan membantu kita memperoleh instant popularity. Namun, popularitas yang kita peroleh akan memiliki kesan negatif. Dan kesan negatif ini akan “terciprat” pula kepada orang-orang yang memekerjakan dan menggaji kita.

Kalau sudah sampai seperti ini, secara tidak langsung kita akan membawa pengaruh buruk bagi bisnis orang lain. Apalagi, jika drama yang kita buat sampai masuk ke media-media kelas kakap. Bukanlah hal yang tak mungkin jika perusahaan tempat kita bekerja kehilangan sumber pendapatan dan bukan hal yang tak mungkin pula jika kita dipecat.

2

Kehilangan Kepercayaan dari Sesama Kreator

Menyebar drama atau isu yang negatif juga dapat membuat kita kehilangan kepercayaan dari rekan-rekan sesama kreator. Jika namamu sampai masuk dalam daftar blacklist para kreator, kamu tentu akan sulit mendapatkan bantuan maupun tawaran kolaborasi dari kreator lain. Hidup akan serba rumit karena nama baik kita telah tercemar. Masuk penerbit susah, diterima di production house susah, bahkan kerjasama pun jadi susah.

Apakah sikap ini juga akan berlaku pada penggemar? Tentu saja. Penggemar yang mengetahui peringai negatif kita bukan tidak mungkin akan berpaling dan meninggalkan karya yang kita buat. Andai pun mereka tidak berpaling dan kita memutuskan untuk berkolaborasi dengan mereka, tentu tidak akan berakhir menyenangkan. Sebab pada dasarnya mereka adalah penikmat, bukan pembuat.


Masih berniat bikin drama? Simak dampak-dampak lanjutan di halaman selanjutnya!

TENTANG PENULIS
Subject 09 Lite

Subject 09 Lite adalah singkatan dari Subject 09 Literature. Kami menyediakan bahan bacaan bermanfaat untuk mendorong kreativitas para kreator lokal. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. www.subject09.web.id