Setelah Ultra Instinct, Apakah Goku Akan Mendapatkan Form Baru Lagi?

Dari komentar Akira Toriyama sih, sepertinya Ultra Instinct bukanlah form terakhir Goku. Ini pembahasannya!

Setelah Ultra Instinct, Apakah Goku Akan Mendapatkan Form Baru Lagi?

Ultra Instinct menjadi form terbaru Goku yang muncul dalam seluruh serial Dragon Ball. Karena kemunculannya di akhir serial Dragon Ball Super, tentunya kita pasti berpikiran bahwa form ini adalah form terakhir yang didapatkan oleh Goku. Akan tetapi, sepertinya Ultra Instinct bukanlah form terakhir Goku. Ada kemungkinan kalau Goku akan mendapatkan form baru lagi!

Hal ini diutarakan sendiri oleh Akira Toriyama ketika dia mengomentari Dragon Ball Movie yang akan menjadi lanjutan dari Dragon Ball Super. Dalam komentarnya, Akira Toriyama menyebutkan bahwa manga Dragon Ball yang dibuat oleh Toyotaro akan memiliki beberapa perbedaan dengan anime dan movie.

Setelah Ultra Instinct, Apakah Goku Akan Mendapatkan Form Baru Lagi?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manga dan anime Dragon Ball Super memiliki banyak sekali perbedaan. Hal ini dikarenakan Akira Toriyama hanya memberikan garis besar cerita Dragon Ball Super sementara ceritanya sendiri dikembangkan oleh Toyotaro (manga) dan studio Toei (anime).

Banyak tambahan di sana-sini yang dilakukan oleh Toyotaro dan Toei. Misalnya, seperti Kale dan Caulifla yang merupakan ide dari Studio—bukan Toriyama.

Setelah Ultra Instinct, Apakah Goku Akan Mendapatkan Form Baru Lagi?

Dalam manga, Goku dan Vegeta memiliki beberapa form yang tidak mereka miliki di anime. Misalnya saja seperti Super Saiyan Blue Complete (SSGSS Complete) yang dimiliki oleh Goku dan Vegeta dan hanya ada di manga. Lalu, ada pula Super Saiyan God Vegeta yang tidak ditunjukkan dalam anime. Sebaliknya, anime memberikan Goku Super Saiyan Blue: Kaio-Ken dan SSGSS Evolution pada Vegeta (SSGSS sendiri belum dikonfirmasikan akan muncul dalam manga).

Dengan banyaknya perbedaan form antara manga dan anime ini, bukannya tidak mungkin kalau nanti di anime Goku bakalan mendapatkan form selain Ultra Instinct. Memang, tanda-tanda adanya Ultra Instinct dalam manga sendiri sudah disebutkan oleh Whis semenjak Goku dan Vegeta berlatih bersamanya. Akan tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa Goku akan mendapatkan form baru lagi.

Belum lagi, ada tweet dari Toyotaro ini...

Lanjut ke halaman 2!

Jika benar begitu, mungkin pertanyaan yang tepat adalah kapan? Apakah saat Tournament of Power? Mengingat Tournament of Power menjelang Tournament of Power sendiri sudah cukup sering menyebutkan tentang keberadaan Ultra Instinct, saya rasa Goku akan tetap mendapatkan Ultra Instinct di dalam Tournament—jadi, bisa saja Goku akan mendapatkan kekuatan barunya setelah Tournament of Power.

Memangnya, apakah manga Dragon Ball Super akan berlanjut setelah Tournament of Power? Bisa iya, bisa tidak. Akan tetapi, Toyotaro melalui akun twitter-nya mengatakan: “Dengan begini, manganya akan terus berlanjut sebagai manga.

https://twitter.com/TOYOTARO_Vjump/status/973323491071049728

Kalimat itu sendiri dia lontarkan setelah membaca komentar Akira Toriyama terhadap pengumuman Dragon Ball Movie. Manga Dragon Ball Super masih tertinggal cukup jauh dengan anime. Tetapi berbeda dengan anime yang terasa dipanjang-panjangkan, Tournament of Power dalam manga sendiri tampak tidak basa-basi dalam mengeliminasi petarung-petarung lain. Dengan kecepatan yang seperti itu, bisa dibilang akan ada lebih banyak cerita yang ditawarkan daripada hanya sekedar Tournament of Power nantinya.

Dan jika kisah manga Dragon Ball Super melampaui anime, bukannya tidak mungkin kita bakalan melihat form baru lainnya yang akan didapatkan oleh Goku. Apakah kamu menikmati manga Dragon Ball Super yang dibuat oleh Toyotaro dan Akira Toriyama sejauh ini? Jangan sungkan untuk menyuarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU