Setelah Ultra Instinct, Apakah Goku Akan Mendapatkan Form Baru Lagi?

Dari komentar Akira Toriyama sih, sepertinya Ultra Instinct bukanlah form terakhir Goku. Ini pembahasannya!

Ultra Instinct menjadi form terbaru Goku yang muncul dalam seluruh serial Dragon Ball. Karena kemunculannya di akhir serial Dragon Ball Super, tentunya kita pasti berpikiran bahwa form ini adalah form terakhir yang didapatkan oleh Goku. Akan tetapi, sepertinya Ultra Instinct bukanlah form terakhir Goku. Ada kemungkinan kalau Goku akan mendapatkan form baru lagi!

Hal ini diutarakan sendiri oleh Akira Toriyama ketika dia mengomentari Dragon Ball Movie yang akan menjadi lanjutan dari Dragon Ball Super. Dalam komentarnya, Akira Toriyama menyebutkan bahwa manga Dragon Ball yang dibuat oleh Toyotaro akan memiliki beberapa perbedaan dengan anime dan movie.

dragon ball super berlanjut ke movie form baru goku

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manga dan anime Dragon Ball Super memiliki banyak sekali perbedaan. Hal ini dikarenakan Akira Toriyama hanya memberikan garis besar cerita Dragon Ball Super sementara ceritanya sendiri dikembangkan oleh Toyotaro (manga) dan studio Toei (anime).

Banyak tambahan di sana-sini yang dilakukan oleh Toyotaro dan Toei. Misalnya, seperti Kale dan Caulifla yang merupakan ide dari Studio—bukan Toriyama.

form baru goku

Dalam manga, Goku dan Vegeta memiliki beberapa form yang tidak mereka miliki di anime. Misalnya saja seperti Super Saiyan Blue Complete (SSGSS Complete) yang dimiliki oleh Goku dan Vegeta dan hanya ada di manga. Lalu, ada pula Super Saiyan God Vegeta yang tidak ditunjukkan dalam anime. Sebaliknya, anime memberikan Goku Super Saiyan Blue: Kaio-Ken dan SSGSS Evolution pada Vegeta (SSGSS sendiri belum dikonfirmasikan akan muncul dalam manga).

Dengan banyaknya perbedaan form antara manga dan anime ini, bukannya tidak mungkin kalau nanti di anime Goku bakalan mendapatkan form selain Ultra Instinct. Memang, tanda-tanda adanya Ultra Instinct dalam manga sendiri sudah disebutkan oleh Whis semenjak Goku dan Vegeta berlatih bersamanya. Akan tetapi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa Goku akan mendapatkan form baru lagi.

Belum lagi, ada tweet dari Toyotaro ini…

Lanjut ke halaman 2!

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.