Menguras Kesabaran! 5 Misi Sampingan Game yang Lebih Menantang dari Misi Utama

Di dunia game, terkadang ada misi sampingan yang lebih menantang dari misi utama. Lebih menantang di sini terutama dari tingkat kesulitannya atau ceritanya.

Menguras Kesabaran! 5 Misi Sampingan Game yang Lebih Menantang dari Misi Utama

Banyak formula yang membuat sebuah game bisa tampil maksimal saat dirilis. Beberapa developer umumnya menyuntikkan formula untuk memperbagus jalan cerita, membuat gameplaynya yang solid, dan tentu grafis yang luar biasa. Akan tetapi, ada beberapa game yang mengambil jalur berbeda yakni dengan menyediakan misi sampingan yang tentu saja keren.

Ya, misi sampingan ini digarap dengan serius sehingga membuatnya lebih menantang dari misi utama. Biasanya, misi utama memiliki tingkat kesulitan yang tidak begitu sulit, namun untuk misi sampingan, para developer seakan memiliki kebebasan lebih dalam membuat misi sampingan ini. Tak heran ada beberapa misi sampingan yang lebih menantang dari misi utama lho.

Misi sampingan yang menantang ini pada umumnya bersifat puzzle, sehingga para gamer butuh kerja keras ekstra serta kesabaran untuk bisa menyelesaikan misi sampingan tersebut. Nah, kali ini Duniaku.net tertarik untuk membahas soal misi sampingan yang lebih menantang dari misi utama. Kali saja setelah membaca artikel ini, kalian ingin mencoba untuk menyelesaikannya kan?

Yuk, tanpa basa-basi yang berkepanjangan, langsung saja kita bahas mengenai misi sampingan yang lebih menantang dari misi utama. Yuk, meluncur!

Menguras Kesabaran! 5 Misi Sampingan Game yang Lebih Menantang dari Misi Utama

Di tahun 2011, para gamer kedatangan salah satu game keren yakni Batman Arkham City. Nah, seri ini merupakan seri kedua dari trilogi Batman Arkham dan merupakan suksesor dari Batman Arkham Asylum yang dirilis pada tahun 2010. Game ini memiliki jalan cerita yang unik dan Batman banget. Kita akan benar-benar diperlakukan seperti Batman lengkap dengan berbagai macam alat-alat canggihnya.

Rocksteady selaku developer dianggap berhasil dalam meracik Batman Arkham City, mulai dari cerita, gameplay, dan tentu saja hal-hal lainnya di luar itu. Dari segi cerita juga sebenarnya Batman Arkham City bisa dibilang sangat baik. Tapi, harus diakui misi yang ada terlalu mudah karena kurang lebih kita akan dihadapkan pada pola yang sama sampai akhirnya bertemu dengan boss.

Bagi kalian yang merasa kurang menantang ketika bermain misi utama, kalian bisa bergeser untuk memainkan misi sampingannya. Ya, misi sampingan di Batman Arkham City bisa dibilang sebagai salah satu misi sampingan yang lebih menantang dari misi utama. Kenapa begitu? Karena kalian harus mengumpulkan sebanyak 400 tropi milik Riddler yang tersebar di seluruh Arkham City.

Setelah itu kalian barulah bisa menemukan tempat persembunyian Riddler dan menangkapnya. Yang jadi masalah, misi ini memang cukup mudah. Tapi untuk mencari sebanyak 400 tropi kalian harus benar-benar sabar untuk menyusuri setiap sudut Arkham City yang sangat luas. Dari kalian siapakah yang sanggup menemukan 400 tropi ini?

Menguras Kesabaran! 5 Misi Sampingan Game yang Lebih Menantang dari Misi Utama

Harus diakui segala yang ada di game Legend of Zelda: Majora's Mask memang sangat seru. Berbagai misi keren telah menanti untuk diselesaikan. Akan tetapi, ada sebuah misi sampingan yang dianggap sebagai misi yang lebih menantang dari misi utama di game ini. Hal tersebut tentu bukan kata saya ya, melainkan kata berbagai media online game yang ada.

Ya, misi sampingan itu bernama Kefei and Anju. Misi ini terkesan sederhana karena kalian hanya disuruh untuk mempertemukan Kefei dan Anju sebelum dunia hancur. Terkesan sepele bukan? Tapi jangan salah, untuk mempertemukan Anju dan membawanya kepada Kefei, kalian dituntut untuk sabar.

Bahkan misi ini merupakan misi yang benar-benar menutut kalian bersabar karena meskipun sepele, namun bagi yang tidak sabaran pasti akan langsung bosan. Misi ini sangat repetitif karena kalian harus melakukan banyak pengulangan tentunya. Tapi tidak usah khawatir, ketika kalian bisa membawa Anju kepada Kefei, kalian akan mendapatkan kepuasan tersendiri.

Oiya, dalam perjalanan mencari Anju, kalian bisa menemukan beberapa item menarik lho. Apakah beberapa dari kalian berhasil mempertemukan Kefei dan Anju? Atau justru melewatkan misi yang satu ini?


Ada misi sampingan yang lebih menantang dari misi utama apalagi ya? Yuk langsung saja kita pindah ke halaman selanjutnya!

Menguras Kesabaran! 5 Misi Sampingan Game yang Lebih Menantang dari Misi Utama

Harus diakui bahwa Persona merupakan salah satu game yang sangat keren. Dari sederet game Persona, tentu salah satu yang terbaik adalah game Persona 3. Di game ini, kita akan dikenalkan pertama kali oleh sistem baru bernama Social Links dan sistem ini menjadi sebuah misi sampingan yang ada di game tersebut.

Social Link merupakan cara kita untuk berinteraksi dengan karakter yang lainnya. Nantinya, setiap satu hubungan dengan karakter lain terbuka (dinamakan social link), kita akan mengaktifkan satu Arcana. Semakin kita berinteraksi dengan orang tersebut, maka Arcana yang kita miliki akan semakin kuat. Para Persona dari Arcana bersangkutan pun bisa semakin perkasa. Setidaknya ada 20 buah Arcana yang bisa kalian aktifkan.

Untuk mendapatkan semuanya tentu dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, apalagi kalian dituntut untuk melakukan interaksi yang intens dengan karakter lain. Hubungan yang baik ini bisa didapatkan dengan cara seperti saling berbicara atau memberikan jawaban yang baik ketika sedang dalam percakapan.

Rasanya mustahil kamu bisa memaksimalkan 20 Arcana dalam sekali main, kecuali kamu sudah siap guide.

Menguras Kesabaran! 5 Misi Sampingan Game yang Lebih Menantang dari Misi Utama Source: The Zombie Chimp[/caption]

The Elder Scroll V: Skyrim merupakan salah satu game fenomenal. Dibuat oleh Bethesda dan Iron Galaxy, Skyrim kemudian menjadi RPG dengan standar yang tinggi. Akan tetapi, kenyataannya adalah Skyrim dianggap memiliki cerita yang bagus, tapi kurang nendang. Bahkan dari segi cerita atau misi utama, Skyrim masih kalah dari pendahulunya yakni Morrowind dan Oblivion.

Tapi jangan khawatir, meski kurang dari cerita atau misi utama, Skyrim tetap bisa dinikmati dan juga terdapat salah satu misi sampingan yang cukup asyik yakni misi sampingan Daedric. Bahkan bisa dibilang, seluruh misi Daedric sangat seru lho, gila, dan mengasyikan. Salah satu yang menjadi favorit adalah ketika menyelesaikan misi Daedric milik Clavicius Vile.

Menguras Kesabaran! 5 Misi Sampingan Game yang Lebih Menantang dari Misi Utama Source: EB Games[/caption]

Misi sampingan yang lebih menantang dari misi utama selanjutnya adalah mengumpulkan artefact atau patung yang tersebar di Monteriggioni di Assassin's Creed 2. Memang sebagai gamer saya sangat menikmati jalan cerita dan misi utama yang ada di Assassin's Creed 2, tapi untuk urusan menantang, sepertinya misi yang ada cukup mudah untuk dituntaskan.

Salah satu misi sampingan terbaik di game ini adalah ketika kita berperan sebagai Ezio dan mengitari seluruh sudut di Monteriggioni untuk mendapatkan artefak. Kesabaran sudah pasti harus dimiliki gamer yang ingin menyelesaikan misi ini. Teka-teki yang sulit menjadi keasyikan tersendiri untuk bisa menyelesaikan misi tersebut.

Memang Assassin's Creed dulu sangat terkenal dengan pengumpulan bendera atau benda-benda seperti ini yang tersebar di seluruh wilayah gameplay. Itu tentu saja menjadi tantangan tersendiri. Oiya, bila kalian menganggap misi ini kurang bagus, kalian bisa mainkan Assassin's Creed: Brotherhood dan selesaikan seluruh misi sampingan bernama Lair of Romulus yang tersebar di seluruh Roma.


Ya, mungkin itulah lima misi sampingan yang lebih menantang dari misi utama. Sebagai gamer tentu saja kita merasa tertantang dengan misi sampingan sulit seperti lima misi di atas. Nah, diantara lima tersebut, mana yang telah kalian selesaikan guys?

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU