Komik Ga Jelas - Penghilang Stress: Ga Jelas, tapi Tetep Bikin Ketagihan

Buat kamu-kamu yang pingin hiburan kocak-kogak ga jelas nih!

Komik Ga Jelas - Penghilang Stress: Ga Jelas, tapi Tetep Bikin Ketagihan

Bagi sebagian orang, Jasmine Surkatty bukan lagi nama yang asing. Wanita yang pernah terpilih menjadi PopBabe pada tahun 2014 ini merupakan orang yang berada di balik kesuksesan Komik Ga Jelas (KGJ). Benar, ia adalah komikus Komik Ga Jelas yang sanggup menghebohkan dunia perkomikan Indonesia dengan kelakar-kelakar di atas normal. Atau di bawah normal, entahlah.

Walaupun cantik dan berperingai manis, Jasmine tak pernah merasa minder membuat komik yang isinya benar-benar nggak jelas, literally. Uniknya, walaupun tidak jelas, tetapi komik ini sanggup membuat orang terhibur dengan caranya masing-masing, lho! Ada yang menikmati Komik Ga Jelas dengan tawa menggelegar, ada yang kesal, ada yang mengernyit heran, ada pula yang serius seolah membaca buku politik.

Komik Ga Jelas - Penghilang Stres merupakan seri pertama dari buku Komik Ga Jelas buatan Jasmine. Tenang saja, walaupun isinya tidak jelas, tetapi pada dasarnya komik ini mengandung banyak pesan positif. Bahkan, beberapa di antara adegannya mampu membuat kita berpikir sekaligus tertawa.

Jadi, seperti apa ulasan komik yang digadang-gadang sebagai komik terbaik di dunia kahyangan ini? Simak ulasannya!

Komik Ga Jelas - Penghilang Stress: Ga Jelas, tapi Tetep Bikin Ketagihan Sumber: UP Station[/caption]

Sebelum mengulas Komik Ga Jelas lebih jauh, kita perlu mendefinisikan terlebih dahulu apa yang dimaksud "ga jelas" dalam komik buatan alumni PopBabe 2014 ini. Komik ini bukan hanya ga jelas dari sisi kontennya, tetapi juga ga jelas dari segi karakternya, posenya, temanya, lawakannya, bahkan cara membacanya. Tak heran, kita bisa saja tiba-tiba tertawa terbahak-bahak saking tidak jelasnya konten yang dibawakan oleh Jasmine.

Tetapi, ini bukan berarti buruk, lho. Mohon jangan terbawa susasana dulu. Jasmine sebenarnya ingin menunjukkan kepada audiens bahwa ketidakjelasan bukan berarti tidak dapat dinikmati secara jelas. Ini seni yang susah untuk dijelaskan oleh kata-kata. Sama seperti gado-gado yang tidak jelas komposisinya, Komik Ga Jelas juga memiliki kecenderungan yang sama. Walaupun ga jelas, tetapi komik ini justru membuat penikmatnya ketagihan.

Singkatnya, ga jelas versi KGJ berarti antimainstream.

Kenapa kami bisa mengatakan bahwa Komik Ga Jelas merupakan seni yang keren? Sebab, kalau pembaca teliti, pembaca akan menemukan segudang value positif di balik setiap strip yang dibawakan oleh KGJ. Selain kelakar, KGJ juga seringkali membawakan satir atau kritik sosial dengan cara yang elegan. Jasmine terbilang cukup sukses melakukan kritik tanpa harus menyakiti, pembaca seolah diajak untuk merenung sembari tertawa.

Tema dalam komik KGJ - Penghilang Stres juga bisa dibilang sangat bervariasi. Ada tema tentang persahabatan, percintaan, pekerjaan, bahkan politik ringan. Seolah-olah, Jasmine memang mengajak kita untuk melihat perbedaan tanpa membeda-bedakan. Oleh karenanya, jangan heran jika kamu bisa mendapatkan ekspresi yang beragam saat membaca komik ini. Sesaat tertawa, sesaat kzl, sesaat bingung.

Komik Ga Jelas - Penghilang Stress: Ga Jelas, tapi Tetep Bikin Ketagihan Sumber: Malesbanget[/caption]

Jokes atau lawakan dalam KGJ - Penghilang Stres sendiri terbilang cukup antimainstream. Misalnya begini, pernahkah kamu tertawa gara-gara melihat temanmu melakukan tingkah yang aneh? Atau, pernahkah kamu tertawa gara-gara melihat temanmu melawak, tapi tidak lucu? Kalau pernah, kira-kira seperti itulah yang dilakukan oleh KGJ - Penghilang Stres.

Singkatnya, Jasmine tidak sengaja ingin melucu, tetapi justru memanfaatkan sifat natural kita untuk menertawai hal-hal yang lebay dan tidak jelas. Lebih jauh lagi, jika kita memerhatikan fanpage-nya, Komik Ga Jelas justru memancing orang lain untuk menertawai komentar yang bermunculan.

Kami bisa mengatakan fenomena ini sebagai seni tertawa ala Komik Ga Jelas.

Komik Ga Jelas - Penghilang Stress: Ga Jelas, tapi Tetep Bikin Ketagihan Sumber: KAORI Nusantara[/caption]

Mengetahui seluk-beluk KGJ - Penghilang Stres lewat artikel ini saja takkan cukup. Kamu harus membacanya secara langsung, barulah kamu bisa merasakan experience hidup yang langka. Mental kamu baru benar-benar akan diguncang setelah melihat langsung hasil karya seorang Jasmine Surkatty.

Siapkah mentalmu? Oh, harus siap! Pokoknya, kamu yang membaca artikel ini, wajib punya Komik Ga Jelas - Penghilang Stres. Walau tidak jelas, tetapi komik ini siap menjadi teman untuk membendung gundah-gulana dalam jiwa. Ayo, beli di toko buku terdekat! 

Atau, kamu juga bisa membeli komiknya dengan menghubungi fanpage resminya di https://www.facebook.com/KomikGaJelas/

Diedit oleh Fachrul Razi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU