Kata Mutiara Hokage yang Berkesan! Dari Hashirama Sampai Naruto!

"Ninja yang meninggalkan temannya lebih buruk dari sampah."

Kata Mutiara Hokage yang Berkesan! Dari Hashirama Sampai Naruto!

Sebagai seorang pemimpin desa, tentunya Hokage yang dipiih oleh masyarakat Konoha adalah dia yang berkompeten, dan juga mampu memimpin desa lebih baik lagi. Tentu sebagai kekuasaan tertinggi di Konoha, Hokage sangat karismatik dan bisa diandalkan oleh orang-orang di sekitarnya.

Bahkan, setiap kata-kata dari para Hokage menjadi trademark dan terus dikenang oleh rakyatnya. Kira-kira, apa saja kata mutiara Hokage yang berkesan, mulai dari Hashirama sampai Naruto? Simak daftar kata mutiara Hokage berikut ini!

1. Kata mutiara Hashirama Senju

Kata Mutiara Hokage yang Berkesan! Dari Hashirama Sampai Naruto!naruto.fandom.com

Hashirama Senju adalah Hokage pertama. Dialah yang bertanggung jawab atas lahirnya Konoha bersama dengan Madara.

Hashirama dikenal sebagai ninja yang hebat, bahkan juga dijuluki seorang dewa shinobi. Lalu apa kata mutiara Hokage pertama ini? Kata yang paling diingat dari Hashirama Senju adalah:

"Apapun yang terjadi, aku akan terus melindungi desa. Aku percaya dengan melindungi desa, maka itu adalah cara untuk melindungi shinobi, penduduk, dan juga anak-anak. Siapapun yang ingin menghancurkan desaku, maka aku akan melawannya" - Hashirama Senju

Kata itu dia ucapkan oleh Hashirama pada Madara saat keduanya memiliki pandangan berbeda dalam hidup, dan terjadi pertarungan dua sahabat lama yang berjasa dalam pembangunan Konoha ini.

2. Kata mutiara Tobirama Senju

Kata Mutiara Hokage yang Berkesan! Dari Hashirama Sampai Naruto!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Setelah Hashirma selesai menjabat sebagai Hokage, maka Hokage berikutnya adalah adik kandung dari Hashirama, yaitu Tobirama Senjut. Dia adalah Hokage yang berjasa dalam pembangunan Hokage, dan membuat berbagai macam sistem dan jutsu yang hebat (dan sebagiannya menyebabkan kekacauan bagi generasi berikutnya seperti Edo Tensei).

Apa kata mutiara Hokage dari Tobirama Senju?

"Saru, kau harus melindungi siapapun yang mendukungmu, dan siapapun yang menjaga desa Konoha. Latihlah mereka yang menurutmu sangat layak menjadi generasi berikutnya yang kuat untuk menjaga desa, karena hari ini, kau adalah seorang Hokage." - Tobirama Senju

Kata ini ia ucapkan saat perang, dan diucapkan untuk Hiruzen Sarutobi. Sejak ini Hiruzen menjadi Hokage Ketiga, Tobirama mati, Danzo menjadi benci dengan Hiruzen, dan Hiruzen menemukan tiga generasi baru tersebut, yaitu Jiraiya, Orochimaru, dan Tsunade.

Baca Juga: 10 Fakta Tobirama Senju, Si Hokage Kedua yang Jarang Diketahui!

3. Kata mutiara Hiruzen Sarutobi

Kata Mutiara Hokage yang Berkesan! Dari Hashirama Sampai Naruto!naruto.fandom.com

Hiruzen Sarutobi adalah Hokage Ketiga, sekaligus Hokage (bahkan Kage) pertama yang diperlihatkan dala cerita anime dan manga Naruto. Dia sangat dekat dengan Naruto, dan menjadi pengurusnya selama dia tidak memiliki orang tua. Dia sangat disegani dan dihormati oleh penduduk desa.

Konohamaru sangat mengidolakan kakeknya ini, dan berharap suatu hari nanti bisa menjadi Hokage yang sehebat kakeknya. Apa kata mutiara Hokage yang pernah diucapkan oleh Hiruzen Sarutobi?

"Hidup itu hanya sekali, jadi pilihlah jalan hidup yang kau sukai dan bisa kau raih. Satu hal yang paling penting, yaitu lindungi orang-orang yang penting bagimu, apapun jalan yang nantinya kau pilih, pastikan hal ini tidak kau lupakan." - Hiruzen Sarutobi.

Sebenarnya banyak kata mutiara Hokage dari Hiruzen, mengingat dia sering muncul dan menjadi si kakek bijaksana di serial Naruto. Namun kata-katanya yang diucapkan di atas paling berkesan, karena dia mengucapkannya kepada anak-anak di Akademi, dan juga memiliki makna yang umum, yaitu pilihlah tujuan hidup yang kau sukai dan bisa kau raih, karena hidup hanya sekali.

4. Kata mutiara Minato Namikaze

Kata Mutiara Hokage yang Berkesan! Dari Hashirama Sampai Naruto!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Minato Namikaze adalah Hokage Keempat sekaligus murid dari Jiraiya, guru dari Kakashi si Hokage Keenam, dan ayah dari Naruto, Hokage Ketujuh. Meskipun dia menjabat tidak terlalu lama, namun Minato cukup disegani karena dia adalah pahlawan Perang Dunia Ninja Keempat. Lalu, apa yang dikatakan Hokage Keempat ini?

"Selama masih ada orang yang dicintai di dunia ini, maka perang tidak akan pernah berakhir." - Minato Namikaze.

Kata mutiara Hokage berikut ini berkaitan dengan fakta bahwa perang awalnya pecah karena ada satu sisi yang ingin melindungi atau membalaskan dendam seseorang yang mereka cintai. Jika terus terjadi berulang, hal ini disebut rantai kebencian, sampai akhirnya semua orang akan mati.

5. Kata mutiara Tsunade

Kata Mutiara Hokage yang Berkesan! Dari Hashirama Sampai Naruto!crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generations

 Tsunade adalah Hokage Kelima, sekaligus sosok yang awalnya tidak ada keinginan untuk menjadi Hokage. Dia hanya ingin meneruskan keinginan Dan, kekasihnya dan Nawaki, adik laki-lakinya.

Tsunade adalah satu-satunya Hokage wanita sampai saat ini. Apa kata mutiara Hokage yang keluar dari seorang Tsunade?

"Jiraiya dan Hiruzen Sarutobi, serta Chiyo dari Suna memiliki sesuatu yang tidak kalian miliki, yaitu rasa percaya! Kakekku (Hashirama) mempercayakan desa pada generasi berikutnya, yaitu kalian, maka saat ini, percayalah pada generasi berikutnya setelah kalian, yaitu Naruto!" - Tsunade Senju.

Kata ini ia ucapkan pada para tetua desa saat Pain menyerang Konoha dan mereka hanya ingin menyembunyikan Naruto sebagai senjata. Bagi Tsunade, mempercayai generasi berikutnya sangat penting dengan perkembangan desa.

6. Kata mutiara Kakashi Hatake

Kata Mutiara Hokage yang Berkesan! Dari Hashirama Sampai Naruto!crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generation

Kakashi Hatake adalah guru dari Hokage Ketujuh, Naruto. Mirip seperti Tsunade, Kakashi juga awalnya tidak ada keinginan untuk menjadi Hokage, dan justru meneruskan keinginan dari sahabatnya, Obito Uchiha. Selain itu, menjadi Hokage adalah hal yang penting bagi Konoha saat itu. Apa kata mutiara dari Kakashi?

"Di dunia Ninja ini, siapapun yang melanggar peraturan adalah sampah, namun mereka yang mengabaikan teman mereka itu lebih buruk dari sampah." - Kakashi Hatake.

Membawa kembali nostalgia jika mendengar kata mutiara itu. Kata tersebut paling terkenal bahkan sejak Naruto baru dimulai. Kakashi menyadur perkataan ini dari sahabatnya, Obito, sekaligus berkaitan langsung dengan pengalaman yang dialami ayahnya.

7. Kata mutiara Naruto Uzumaki

Kata Mutiara Hokage yang Berkesan! Dari Hashirama Sampai Naruto!crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Naruto Uzumaki adalah Hokage Ketujuh dan yang sedang bertugas dan menjabat sebagai pemimpin Konoha sampai saat ini era Boruto dimulai. Naruto sang tokoh utama akhirnya bisa mewujudkan impiannya menjadi Hokage, dan dia adalah orang hebat saat ini. Apa kata mutiara Hokage yang muncul dari sang tokoh utama ini?

"Boruto, dengan kondisiku saat ini, sekarang semua orang di desa adalah keluargaku. Ada masanya di mana aku tidak akan menjadi ayahmu secara utuh. Mungkin ini sulit, namun kau harus mengerti, karena kamu juga Ninja, bukan?" - Naruto Uzumaki.

Naruto mengucapkannya pada putra laki-lakinya, Boruto. Kata ini juga ia pelajari dari Hiruzen Sarutobi. Hiruzen pernah berkata, bahwa sebagai Hokage, dia adalah "ayah" dari semua orang di desa, dan harus melindunginya seperti anaknya sendiri.

Itulah daftar kata mutiara Hokage dari Hashirama, sampai Naruto. Bagaimana menurutmu? Mana kata yang paling berkesan? Tulis pendapatmu di kolom komentar dan bagikan ke teman-temanmu, ya.

Baca Juga: 6 Jutsu di Naruto Ini Telah Membunuh Banyak Orang!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU