God Usopp Jauh Lebih Mahal daripada Semesta Dragon Ball

Maha besar God Usopp dan biji-bijian yang dia bawa. . .

God Usopp Jauh Lebih Mahal daripada Semesta Dragon Ball

Usopp sejatinya hanyalah manusia biasa. Penembak jitu yang dikenal sangat jujur dan pemberani ini mendapatkan status dewatanya–“God” (tuhan/dewa) –setelah berhasil menyelamatkan para budak yang diubah menjadi boneka di zaman orde lama Dressrosa (saat Doflamingo masih berkuasa, red.). Menariknya, setelah mendapatkan julukan God Usopp, sang hidung panjang ini memiliki nilai yang sangat mahal—bahkan lebih daripada semesta Dragon Ball.

Membaca kata “mahal”, tentunya hal pertama yang terlintas dalam benakmu adalah uang, dan memang itulah yang akan kita bahas kali ini: bahwa God Usopp memiliki nilai yang jauh lebih mahal daripada semesta Dragon Ball. Memang, animanga yang berbeda seri memiliki mata uang yang berbeda-beda. Tetapi, hal itu tidak serta merta membuat kita tidak bisa membandingkan mata uang-mata uang yang ada.

Pertama-tama, mari kita hitung dulu 1 Belly berapa Yen. Ada banyak versi dari perhitungan ini, seperti sebelumnya rekan saya, Fachrul_Run, pernah merilis dalam artikelnya bahwa 1 Belly sama dengan 1,08 Yen. Tetapi menurut perhitungan saya, 1 Belly bahkan tidak mencapai 1 Yen.

Jadi begini, menurut Eiichiro Oda, dalam sebuah cover chapter 476 One Piece, harga sebuah kubis adalah 150 Belly. Chapter itu dirilis pada tahun 2007 dan, tentunya, harga tersebut berdasarkan harga kubis di dunia nyata. Harga kubis sendiri di Jepang pada tahun 2007 adalah 158 Yen.

God Usopp Jauh Lebih Mahal daripada Semesta Dragon Ball

150 Belly sama dengan 158 Yen. Kalau kita hitung satuan, 150 Belly dibagi 158 yen, maka 1 Belly sama dengan 0,95 Yen. Dengan perhitungan tersebut, God Usopp yang memiliki bounty sebesar 200 Juta Belly berarti memiliki bounty sebesar 210,5 juta Yen.

Lantas, kenapa harganya bounty ini disebut lebih mahal daripada semesta Dragon Ball? Jawabannya ada di halaman 2!

Tournament of Power adalah sebuah turnamen yang mempertaruhkan nasib dari masing-masing semesta/universe yang ada dalam seri Dragon Ball. Jika seluruh petarung dari suatu semesta keluar arena, maka dihitung kalah dan semesta tersebut akan musnah. Sebaliknya, jika menang/bertahan di atas arena, maka semesta dari petarung yang bersangkutan tidak akan dimusnahkan.

Selain semestanya tidak dimusnahkan, pemenang juga akan bisa menggunakan Dragon Ball Super untuk mewujudkan keinginan mereka. Untuk hadiah berupa uang sendiri tidak disediakan dalam Tournament of Power. Tetapi, Goku (dan Bulma) menjanjikan akan membayar 10 Juta Zeni bagi para petarung Universe 7: No. 18 dan Master Roshi—total 20 Juta Zeni.

God Usopp Jauh Lebih Mahal daripada Semesta Dragon Ball

Ini bisa diartikan, bahwa harga untuk menyelamatkan semesta Dragon Ball Super adalah 30 Juta Zeni. Nah, dalam dunia Dragon Ball sendiri, Akira Toriyama pernah mengatakan bahwa 1 Zeni sama dengan 1 Yen. Dengan kata lain, harga dari satu semesta adalah 20 juta Yen—itu sekitar tujuh kali lebih “murah” daripada bounty God Usopp.

Tentunya, pernyataan ini dihitung berdasarkan hadiah yang sudah jelas diberikan kepada pemenang Turnamen—dalam kasus ini, uang. Perlu diingat, seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa kontestan yang terakhir berdiri dan menang dalam Tournament of Power akan dikabulkan permintaan mereka. Tetapi kita belum tahu, siapa yang akan menang atau bahkan permintaan apa yang akan dikabulkan.

Sejauh ini, permintaan yang baru diketahui adalah milik Frieza dan No. 17. Jika Frieza yang menang, maka Frieza ingin dihidupkan kembali. Kita tidak tahu harga sebuah nyawa—yang tentunya tidak ternilai. Tapi jika kita melihat rata-rata asuransi jiwa per tahun, maka nilainya adalah 500.000 USD atau sekitar 52,8 Juta Yen—sekitar seperempat nilai bounty God Usopp.

Lalu, jika No. 17 menang, maka dia ingin mendapatkan sebuah kapal pesiar yang bisa digunakan untuk keluarganya mengarungi lautan. Sebuah kapal pesiar rata-rata memiliki harga sekitar 150 juta USD atau sekitar 15 Milliar Yen—jauh lebih tinggi daripada bounty God Usopp.

Jadi, bisa dibilang harga semesta bisa lebih murah atau lebih tinggi daripada God Usopp—tergantung pada siapa yang memenangkan Tournament of Power. Tetapi, untuk saat ini bisa dipastikan bahwa harga minimum dari sebuah semesta di Dragon Ball jauh lebih murah daripada God Usopp. Haha!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU