Action Comics #1000 Hadirkan Sejarah Superman dalam Satu Sampul!

Ternyata sudah 80 tahun kita dikibulin kacamata dan celana dalam di luar

Action Comics #1000 Hadirkan Sejarah Superman dalam Satu Sampul!

Varian cover Action Comics #1000 menampilkan komposisi unik. Jika kita mengumpulkan seluruh variannya, maka akan terlihat ilustrasi besar yang menampilkan berbagai Superman. Gak main-main, karena cover-cover ini mengomposisikan sejarah panjang dari kisah Superman.

Action Comics sendiri merupakan judul dimana Superman muncul untuk pertama kalinya, tepatnya pada Action Comics #1 yang terbit pada 1938. Superman yang pertama kali muncul ini bisa terlihar di bagian paling kiri dari rangkaian varian cover Action Comics #1000.

Rangkaian Superman selanjutnya merupakan Superman pada Golden Age dan Silver Age. Cover ini juga menampilkan beberapa Superman pada momen pentingnya, misalnya saat the Return of Superman, Superman 52, dan Superman terkini. Lalu rangkaian cover ini juga menampilkan momen-momen penting dari Superman yang terlihat di latar belakang. Misalnya momen saat roket Kal-el meningalkan Krypton yang hancur, bendera Superman yang menjadi simbol kematian Superman, hingga kilasan Fortress of Solitude, "rumah" Superman di Bumi.

Action Comics #1000 Hadirkan Sejarah Superman dalam Satu Sampul!

Superman muncul pertama kali pada tahun 1938 di Action Comics #1 Superman. Superhero yang bisa dikatakan memiliki kekuatan yang lengkap ini menarik perhatian dunia.

Secara garis besar kekuatan sang manusia baja bisa digolong-golongkan berdasarkan kategori-kategori tertentu seperti, kekuatan fisik, kemampuan terbang, kecepatan dan lain sebagainya. Namun dalam perjalanannya, kekuatan Superman kerap mengalami peningkatan atau pengurangan sejalan dengan tuntutan jaman atau trend saat itu. Kekuatan yang paling kentara perubahannya adalah kemampuan terbang. Pada awalnya, Superman hanya melakukan lompatan yang jauh. Namun pada perkembangannya, ia menjadi bisa terbang di udara melawan gravitasi.

Walaupun begitu kuat, Superman juga diberikan kelemahan. Yang paling umum adalah jika ia terpapar radiasi kryptonite. Namun ia juga lemah dengan kekuatan sihir. Inilah yang membuat Shazam maupun Wonder Woman bisa menandingi kekuatan Superman.

Edisi khusus ini dipersembahkan untuk merayakan 80 tahun Superman, sekaligus menggenapi edisi ke-1000 dari Action Comics. Edisi ke 1000 ini ditulis oleh Brian Michael Bendis ilustrasi oleh Curt Swan, dan cover oleh Dan Jurgens. Action Comics #1000 akan terbit pada bulan April 2018.


Ternyata Superman sudah tua juga ya, 80 tahun! Tentunya sejarah panjang Superman merupakan hal menarik tersendiri bagi fan superhero.

Ingin mendiskusikan topik ini dengan temanmu? Jangan ragu untuk share dan tag ya!

Diedit oleh Fachrul Razi

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU