Review Scribblenauts Showdown – Game Kreatif untuk Keluarga, Teman, dan orang Pacaran

Kalau suka Scribblenauts, iterasi terbarunya ini bisa kamu coba. Tapi… kayaknya mendingan beli Far Cry 5 aja deh?

Apakah kamu familier dengan serial game Scribblenauts? Kalau kamu suka dengan gaya permainan sandbox dan word puzzle game tersebut, review Scribblenauts Showdown ini mungkin akan membuatmu ingin memainkannya.

Coba, kapan terakhir kamu bermain game multiplayer (selain FIFA dan PES) di dalam satu layar? Kebanyakan dari kamu pasti akan menjawab sudah lama sekali. Mungkin bahkan ada yang bilang terakhir main split screen waktu zaman PlayStation!

Scribblenauts Showdown adalah seri terbaru dari Scribblenauts yang menitikberatkan pada pengalaman bermain bersama dengan orang lain di dalam satu layar, alias multiplayer split screen.

Scribblenauts Showdown

Sesuai dengan namanya, yaitu showdown, game ini menawarkan fitur arcadeboard game, dan juga sandbox yang bisa dinikmati berdua hingga berempat pemain.

Dibanderol dengan harga Rp542.000 di PS4, US$39.99 (sekitar Rp540 ribu) di Xbox One, dan US$39.99 di Nintendo Switch, apakah Scribblenauts Showdown adalah game yang seru untuk dimainkan, baik bagi pemain Scribblenauts sebelumnya atau pemain baru? Simak review Scribblenauts Showdown berikut ini!

Party game dengan grafis 2D hand drawn khas Scribblenauts

Scribblenauts Showdown

Kalau kamu pernah bermain atau sekadar melihat gameplay Scribblenauts, iterasinya kali ini pun masih mengusung grafis 2D yang lucu dan khas dari game tersebut.

Seakan menambah keseruan dan kelucuan bermain, Shiver Entertainment yang kali ini menggarap IP Scribblenauts, mencoba mengaplikasikan konsep party game ke dalamnya.

Kamu bisa bermain seorang diri atau bermain bersama dengan teman-temanmu di semua mode yang tersedia, yaitu Versus, Showdown, dan Sandbox. Mari kita bahas satu persatu mode-nya!

Pertama adalah Versus, sebuah mode yang menitikberatkan pada kompetisi antara 2 pemain. Kamu ingat game Bishi Bashi bukan? Konsepnya kurang lebih seperti itu, yaitu memainkan mini game untuk mendapatkan poin kemenangan.

Scribblenauts Showdown

Jadi, kamu dan temanmu (atau CPU) akan bermain beberapa ronde mini game yang kamu tentukan sendiri jumlahnya dan juga jenis game-nya, yaitu Wordy, Speedy, Both, atau Freeplay.

Wordy adalah game yang menitikberatkan pada kreatifitasmu membuat benda-benda yang memang menjadi ciri khas dari Scribblenauts itu sendiri.

Tergantung dari kategori yang ditentukan oleh sistem, semakin dekat benda yang kamu ciptakan pada kategori tersebut, maka akan semakin mudah kamu memenangkan duelnya.

Sedangkan Speedy, sesuai namanya, adalah jenis mini game yang memang fokus pada kecepatan tanganmu menekan tombol dan ketangkasan koordinasi mata serta tangan dalam menyelesaikan tantangan.

Scribblenauts Showdown

Kemudian Both, yang menggabungkan mini game pada kategori Speedy dan Wordy secara acak. Lalu Freeplay adalah sesederhana memilih game yang akan dimainkan, baik itu Speedy atau Wordy.

Mode Showdown adalah fitur utama dari Scribblenauts Showdownwell, sesuai namanya. Di mode ini, kamu akan bermain seperti mode Versus, namun dengan tambahan fitur board game.

Alih-alih hanya bermain saja, kamu juga akan menggunakan kartu sebelum bermain. Kartu tersebut akan berisi perintah yang mampu memodifikasi posisi pemainmu dalam board. Jika kamu berhasil memenangkan mini game, maka kamu akan mendapatkan efek dari kartu tersebut. Jika kalah, maka lawanmulah yang mendapatkannya.

Game yang terlalu family friendly dan simpel

Scribblenauts Showdown

Sayangnya, mode ini terkesan sangat straightforward dan terlalu sederhana. Hal yang seharusnya menjadi seru, malah terasa “tawar”. Hal ini pun juga disebabkan karena mini game yang disediakan oleh Scribblenauts Showdown sendiri terkesan sangat mudah dimainkan, dan memiliki kompleksitas rendah.

Contohnya, ada sebuah mini game yang menugaskanmu untuk mengendarai space rover. Tombolnya hanya 2, yaitu tombol melompat, dan analog untuk mengatur ketinggian space rover yang ternyata tidak begitu berpengaruh besar pada permainan.

Tujuanmu adalah bisa sampai ke titik tujuan secepat mungkin daripada lawanmu. Tapi, tingkat kesulitannya terlalu mudah untuk sebuah party game. Hal ini bisa dimaklumi sih, karena kalau melihat dari rating Scribblenauts Showdown sendiri, game ini memang ditujukan untuk pemain dengan umur mulai dari 10 tahun.

Mode Sandbox terasa lebih menjual

Scribblenauts Showdown

Meskipun agak mengecawakan untuk sebuah party gameScribblenauts Showdown masih memiliki trump card di dalamnya. Ada mode yang menurut saya malah terasa lebih asyik dimainkan berlama-lama, yaitu mode Sandbox.

Kalau kamu pernah bermain Scribblenauts versi NDS, pasti familier kan dengan main menu dari game tersebut yang di mana kita bisa berkreasi segila mungkin menciptakan barang-barang dan melihatnya berinteraksi dengan objek lain?

Scribblenauts Showdown

Nah akhirnya fitur tersebut dibuat ke dalam sebuah mode tersendiri, yaitu Sandbox. Terdapat 8 stage yang bisa kamu coba di dalam mode ini, namun 4 di antaranya harus kamu unlock terlebih dahulu menggunakan Starites yang didapat dari memenangkan mini game, atau menyelesaikan hidden quest.

Mode Sandbox terasa cukup menyenangkan dimainkan pada PS4. Saya menghabiskan waktu sekitar 1 jam menciptakan peperangan akbar antara C’thulhu, Medusa, dan Dragon di Forbidden City. Absurd bukan?

Kesimpulan: Fun game untuk keluarga tapi tidak untuk berpesta

Scribblenauts Showdown

Setelah mencoba seluruh ketiga mode utama dari Scribblenauts Showdown baik sendirian atau bersama teman, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa game ini menyenangkan, tapi mungkin tidak seseru yang kamu bayangkan.

Mini game-nya memiliki potensi, namun karena terasa begitu mudah sehingga menghilangkan keseruan jika bermain bersama teman-teman secara kompetitif. Game ini akan terasa maksimal jika dimainkan dengan keluarga atau pacar yang tujuannya hanya ingin menghabiskan waktu secara santai.


CONTINUE READING BELOW

Review Final Fantasy XV Windows Edition – Sebuah Kesempurnaan yang Mahal

Dengan harga yang cukup mahal, serta perangkat PC yang tidak murah, apakah FFXV Windows Edition pantas dibeli dan dimainkan? Review Final Fantasy XV Windows Edition akan menjawabnya!


Untungnya, mode Sandbox yang dituangkan oleh Shiver Entertainment menambah value dari game ini secara signifikan. Meskipun, setiap area pada mode Sandbox tersebut cenderung terlalu sempit untuk berkreasi tanpa batas.

Nilai: 6/10


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS