Ini Dia 8 Naga Dragon Ball yang Wajib Kamu Kenali! Tak Hanya Shenron!

Naga Dragon Ball gak cuma Shenron!

Ini Dia 8 Naga Dragon Ball yang Wajib Kamu Kenali! Tak Hanya Shenron!

Kalau kita ngomongin naga Dragon Ball, yang pertama terpikir mungkin Shenron, dewa naga dari Bumi.

Tahukah kalian naga di dunia Dragon Ball ada banyak dan tidak cuma itu-itu saja? Ini dia naga Dragon Ball yang wajib kamu kenali!

1. Shenron

Ini Dia 8 Naga Dragon Ball yang Wajib Kamu Kenali! Tak Hanya Shenron!shacknews.com

Yang pertama tentu Shenron dari Bumi sendiri!

Shenron adalah naga pertama yang muncul di serial Dragon Ball.

Shenron diciptakan oleh Dewa Bumi pertama kali oleh Kami yang sekarang telah bergabung dengan Piccolo.

Pada awal kemunculannya, Shenron hanya mampu mengabulkan satu permintaan dan tak sanggup mengabulkan dua permintaan yang sama.

Tapi sejak Dende menggantikan Kami, Shenron kini mampu mengabulkan tiga permintaan.

Aturan khusus berlaku jika lebih dari satu orang dibangkitkan dalam waktu yang sama. Untuk membangkitkan sekelompok orang, satu permintaan itu akan dihitung dua.

Syarat lainnya adalah orang-orang yang dibangkitkan tidak boleh mati lebih dari setahun yang lalu. Jadi orang-orang yang mati dalam kurun waktu setahun saja yang bisa dihidupkan kembali secara bersamaan oleh Shenron dengan menggunakan dua permintaan.

Seperti naga Dragon Ball lainnya, kekuatan Shenron terikat pada pembuatnya. Ia tidak bisa mengabulkan permintaan yang melebihi kekuatan siapapun yang menciptakannya. Selain itu, jika pencipta naga Dragon Ball mati maka naga tersebut juga akan mati dan bola naga yang ada akan berubah menjadi batu.

Hal ini tak hanya berlaku pada Shenron tapi juga berlaku pada semua naga Dragon Ball, oleh karenanya penulis tidak akan mengulang bagian itu di daftar berikutnya.

2. Porunga

Ini Dia 8 Naga Dragon Ball yang Wajib Kamu Kenali! Tak Hanya Shenron!Toei Animation/Dragon Ball Z

Berikutnya adalah naga Dragon Ball dari Namek: Porunga!

Porunga diciptakan oleh Guru, Dewa dari Planet Namek yang kemudian posisinya digantikan oleh Moori.

Porunga diperkenalkan sebagai naga Dragon Ball yang lebih kuat dari Shenron. Porunga memiliki kemampuan untuk mengabulkan tiga permintaan sedari awal dan dia juga mampu mengabulkan permintaan yang sama berkali-kali selama kematiannya tidak disebabkan oleh sesuatu yang alami seperti usia tua atau penyakit.

Sayangnya Porunga hanya bisa menghidupkan kembali satu orang dengan satu permintaan, tidak seperti Shenron yang mampu membangkitkan banyak orang sekaligus.

Tapi tak ada batasan tertentu bagi Porunga untuk membangkitkan orang yang dimaksud. Tak peduli seberapa orang itu mati atau sudah berapa kali ia dibangkitkan, Porunga tetap dapat menghidupkannya lagi.

Beruntung, sejak Porunga diciptakan oleh Moori yang merupakan pengganti Guru, Porunga kini bisa menghidupkan banyak orang sekaligus tanpa harus mengurangi jumlah permintaannya seperti Shenron.

Kelemahannya, Porunga hanya bisa mengabulkan permintaan yang diucapkan dengan Bahasa Namek. Jadi meski ia bisa mengerti bahasa lain selain Namek, Porunga tetap tidak akan mengabulkan permohonan yang disampaikan bukan dengan Bahasa Namek.

Baca Juga: Hingga Cucu, Ini Silsilah Keluarga Son Goku Sampai Dragon Ball Super!

3. Dark Shenron

Ini Dia 8 Naga Dragon Ball yang Wajib Kamu Kenali! Tak Hanya Shenron!dragonball.fandom.com

Dark Shenron adalah naga Dragon Ball kedua yang diciptakan oleh Dende, setidaknya di versi cerita Super Dragon Ball Heroes.

Bedanya, naga ini diciptakan Dende ketika sedang dikendalikan oleh Time Breaker. Naga ini memiliki kekuatan yang serupa dengan naga lain dalam hal mengabulkan permintaan yang tidak melebih kekuatan pembuatnya.

Secara umum naga ini serupa dengan Shenron, yang membedakan Dark Shenron dengan Shenron yang kita kenal justru dari bola naganya sendiri.

Jika selesai dipanggil, biasanya bola naga akan tersebar. Kalau bola naga Shenron dan Porunga akan tersebar di planet masing-masing maka bola naga milik Dark Shenron ini akan tersebar di ranah ruang dan waktu.

Bahkan bola naga yang satu ini mampu merasuki kehendak jahat makhluk hidup dan menambah kekuatannya. Tentu hal ini membuat pengumpulan bola naga dari Dark Shenron menjadi sangat sulit tanpa bantuan mesin waktu.

4. Super Shenron

Ini Dia 8 Naga Dragon Ball yang Wajib Kamu Kenali! Tak Hanya Shenron!Toei Animation/Dragon Ball Super

 Naga Dragon Ball berikutnya adalah Super Shenron!

Super Shenron adalah leluhur para naga yang diciptakan oleh sang Dewa dari Segala Naga.

Super Shenron tak memiliki batasan khusus untuk mengabulkan permintaan. Artinya, apapun yang diminta akan ia kabulkan tanpa terkecuali. Sayangnya, permintaan yang bisa ia kabulkan hanya satu saja sekali panggil.

Selain itu jika permintaan sudah dikabulkan, bola naga dari Super Shenron akan tersebar ke penjuru semesta, membuatnya lebih susah ditemukan daripada bola naga biasa.

Sebagai naga terbesar di dunia Dragon Ball, pemohon akan meminta melalui "inti" dari Super Shenron alih-alih meminta pada bagian tubuh raksasanya.

Artinya untuk mengajukan permintaan pada Super Shenron, pemohon harus memasuki Super Shenron dan berbicara pada "inti" tubuhnya. Selain itu Super Shenron hanya akan berbicara dalam Bahasa Dewa dan tentunya juga hanya mau mengabulkan permintaan dalam Bahasa Dewa.

5. Naga dari Kota Conton

Ini Dia 8 Naga Dragon Ball yang Wajib Kamu Kenali! Tak Hanya Shenron!dragonball.fandom.com

Naga Dragon Ball yang satu ini diciptakan oleh Chronoa, Kaioshin Penguasa Waktu, secara tidak sengaja ketika bermaksud memamerkan kemampuannya.

Waktu itu Chronoa unjuk kebolehan karena rakyat Kota Toki Toki (nama Kota Conton di masa lalu) mempertanyakan kredibilitasnya sebagai Kaioshin Penguasa Waktu.

Sialnya Chronoa berlebihan dalam melakukannya sampai-sampai naga Dragon Ball ini menjadi besar dan bergerak menghancurkan Kota Toki Toki. Hingga kini naga ini bisa dilihat di bagian utara Conton, melayang di langit. Menurut salah satu Time Patroller di sana, Naga dari Conton ini tidak memiliki kemampuan untuk mengabulkan permohonan seperti saudaranya yang lain

6. Ultimate Shenron

Ini Dia 8 Naga Dragon Ball yang Wajib Kamu Kenali! Tak Hanya Shenron!Toei Animation/Dragon Ball GT

Berikutnya adalah naga Dragon Ball yang bertanggung jawab atas mengecilnya Goku di Dragon Ball GT: Ultimate Shenron!

Ultimate Shenron memiliki kemampuan untuk mengabulkan hanya satu permintaan. Ultimate Shenron tidak ditunjukkan memiliki batasan dalam mengabulkan keinginan pemohonnya, seperti Super Shenron.

Bahkan jika pemohon ingin membunuh seseorang pun Ultimate Shenron akan mengabulkannya. Sayangnya hal ini memiliki bayaran yang sangat mahal dan menyeramkan.

Setelah mengabulkan keinginan, bola naga dari Ultimate Shenron akan tersebar ke penjuru galaksi dan harus dikumpulkan kembali sebelum jangka waktu satu tahun.

Apa jadinya jika pemohon gagal mengumpulkan bola naga Ultimate Shenron? Planet asal pemohon akan hancur. Satu-satunya cara memastikan planet mereka selamat hanya dengan mengembalikan bola naga Ultimate Shenron ke planet tempat ia dipanggil sebelumnya.

7. Black Smoke Shenron

Ini Dia 8 Naga Dragon Ball yang Wajib Kamu Kenali! Tak Hanya Shenron!Toei Animation/Dragon Ball GT

Black Smoke Shenron adalah naga Dragon Ball yang berasal dari kumpulan energi negatif akibat penggunaan Dragon Ball secara berlebihan.

Black Smoke Shenron adalah naga yang bertanggung jawab atas kelahiran tujuh Shadow Dragon, kelompok musuh terakhir di serial Dragon Ball GT. Naga Dragon Ball yang satu ini tidak memiliki keinginan untuk mengabulkan permintaan siapa pun dan malah bersikap tidak sopan pada siapa pun yang memanggilnya.

Sejauh ini Black Smoke Shenron adalah satu-satunya naga yang bisa dipanggil dengan bola naga yang sama dengan yang digunakan untuk memanggil naga Dragon Ball lain.

8. Toronbo

Ini Dia 8 Naga Dragon Ball yang Wajib Kamu Kenali! Tak Hanya Shenron!Monaito dan Toronbo. (Dok. Shueisha/Dragon Ball Super)

Kalau Toronbo ini, dia adalah naga pengabul permintaan di Planet Cereal, planetnya Granolah.

Dalam mengabulkan permintaan, Toronbo bisa saja memperkuat karakter tertentu, melampaui potensi karakter tersebut.

Risikonya adalah yang ditingkatkan kemampuannya akan berkurang drastis umurnya.

Gas dan Granolah adalah dua karakter yang ditingkatkan kekuatannya oleh Toronbo. Dua-duanya sempat menjadi begitu kuat hingga mampu melampaui Vegeta dan Goku, namun dua-duanya mendapat pengurangan usia. 

Nah itu 8 naga Dragon Ball.

Gimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar! 

Pertama diterbitkan 6 Mei 2020, diterbitkan kembali 1 Februari 2024. 

Baca Juga: 6 Karakter Dragon Ball yang Berpotensi Mengalahkan Beerus dalam Duel 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU