Misteri Kashin Koji: Benarkah Dia Punya Hubungan dengan Jiraiya?

Walau rasanya bukan Jiraiya, koneksi Kashin Koji dengan Konoha dan Kuchiyose kataknya mungkin menunjukkan dia punya hubungan dengan sang Petapa Mesum

Misteri Kashin Koji: Benarkah Dia Punya Hubungan dengan Jiraiya?

Sejauh ini, penjahat-penjahat di anime maupun manga Boruto ada beberapa yang memiliki hubungan dengan tokoh lama.

Sebut saja Ryogi, yang memiliki Kekkei Genkai Hyoton khas klan Yuki seperti Haku. Atau Shizuma Hoshigaki, yang satu keluarga dengan Kisame dan pada akhirnya menggunakan Samehada juga. Yang paling jelas: Kinshiki dan Momoshiki Otsutsuki memiliki koneksi dengan Kaguya Otsutsuki.

Nah, di Boruto versi manga muncul tokoh misterius yang menarik perhatian. Namanya adalah Kashin Koji, anggota dari organisasi misterius Kara.

Dua faktor yang diributkan oleh Navers adalah sebagai berikut:

Misteri Kashin Koji: Benarkah Dia Punya Hubungan dengan Jiraiya?

"Hi no Kuni... Konohagakure... sepertinya aku betul-betul terhubung takdir ke desa itu."

Saat pertama kali muncul, Kashin Koji terlihat seperti karakter yang sepenuhnya baru. Tapi begitu dia mengucapkan kata-kata itu, minat para pembaca Boruto pun bangkit.

Begitu Koji mengucapkan itu, jelas kalau dia memiliki koneksi dengan Konoha. Tapi apa? Apakah dia adalah tokoh lama yang muncul kembali dengan kostum baru? Ataukah seperti Boruto dan teman-temannya, dia adalah keturunan dari shinobi terkenal?

Misteri Kashin Koji: Benarkah Dia Punya Hubungan dengan Jiraiya?

Misteri Kashin Koji semakin menarik setelah manga Boruto bab 22. Hewan Kuchiyose no Jutsu-nya ternyata adalah katak.

Sejauh pengetahuan penulis, mereka yang memiliki Kuchiyose no Jutsu katak ya antara Jiraiya atau memiliki hubungan dengan Jiraiya. Ada Minato Namikaze, yang jelas-jelas anggota dari Tim Jiraiya. Lalu ada Naruto Uzumaki, putra Minato yang dilatih sendiri oleh Jiraiya.

Selain mereka bertiga, pengguna Kuchiyose no Jutsu katak lainnya sebelum Kashin Koji adalah Konohamaru.

Konohamaru sudah tentu adalah little bro dari Naruto. Jadi kemungkinan besar kontrak dengan katak ini juga dilakukan Konohamaru karena terinspirasi dari hewan summon khas Naruto.

Memang, bisa dibayangkan kalau ada lagi sosok yang membuat kontrak dengan katak Gunung Myoboku selain Jiraiya, murid-muridnya, dan orang yang mengidolakan muridnya (seperti Konohamaru). Namun tetap saja pilihan hewan summon Kashin Koji ini membangkitkan spekulasi. Terutama bila dipadukan dengan kata-katanya di bab lalu soal Konoha.

UPDATED!!!

Misteri Kashin Koji: Benarkah Dia Punya Hubungan dengan Jiraiya?

Yang bikin lebih penasaran lagi, Boruto bab 23 mengungkap kalau Kashin Koji bisa menggunakan Rasengan.

Rasengan adalah jurus yang diciptakan Minato, namun Jiraiya adalah penyebarnya ke generasi selanjutnya. Pertama Jiraiya mengajari Naruto, Naruto lalu mengajari Konohamaru, dan Konohamaru mengajari Boruto.

Karenanya, Kashin Koji bisa menggunakan Rasengan ini jelas memancing pertanyaan.


Rambut putih, punya koneksi dengan Konoha, dan hewan summon-nya katak? Apakah Koji adalah Jiraiya?! Menurut penulis sih tidak. Simak teori penulis di halaman kedua!

Misteri Kashin Koji: Benarkah Dia Punya Hubungan dengan Jiraiya?

Penulis merasa dugaan Koji adalah Jiraiya tercipta karena Ukyo Kodachi menggunakan satu tokoh yang juga seharusnya sudah mati: Ao.

Misteri Kashin Koji: Benarkah Dia Punya Hubungan dengan Jiraiya?

Ao berada satu ruangan bersama Inoichi Yamanaka dan Shikaku Nara saat markas pasukan shinobi dihancurkan oleh Bijudama. Namum Ukyo Kodachi secara ajaib memutuskan untuk membuat Ao hidup kembali, meski sebagai pria tua yang sudah kehilangan hampir seluruh kemampuan bertarungnya dan terpaksa menggunakan tubuh cyborg dan teknologi untuk bertempur.

Namun penulis pribadi merasa Kashin Koji memang bukan Jiraiya. Pria ini tampak terlalu muda, sementara Jiraiya bahkan sudah terlihat senior di manga Naruto orisinal dulu. Ao saja sudah terlihat jauh lebih tua ketimbang dibanding saat dirinya terkena Bijudama.

Selain itu, dari caranya berbicara juga ada implikasi Koji menganggap dirinya bukan shinobi. Dia bertanya apakah Ao dikuasai emosi sebagai mantan shinobi saat sang mantan pengawal Mei Terumi itu gagal untuk mencegah Tim 7 kabur. Lalu Koji bertanya-tanya apa Ao menyelamatkan Boruto dari timpaan Boiler Gama karena dia ingin mati terhormat sebagai shinobi. Cara pandang seperti ini rasanya tidak akan dimiliki oleh seseorang yang sudah lama beraksi sebagai shinobi.

Pada dasarnya, Koji memandang dirinya lebih sebagai assassin ketimbang shinobi. Dia masih menggunakan ninjutsu, namun ia tidak memikirkan kehormatan pertarungan, melainkan hanya menyelesaikan musuh secepatnya. (Itu sebenarnya lebih sesuai dengan ninja di dunia nyata sih).

Misteri Kashin Koji: Benarkah Dia Punya Hubungan dengan Jiraiya?

Penulis juga ragu kalau Koji adalah anak haram Jiraiya. Jadi menurut penulis, kalau memang Koji memiliki koneksi dengan Jiraiya, maka ia bisa jadi sejenis dengan para anak yatim piatu Amegakure di atas: sosok yang diasuh oleh Jiraiya hingga cukup kuat, lalu ditinggalkan.

Sayangnya kalau ini benar, maka Koji akan menjadi satu lagi sosok yang setelah ditinggal Jiraiya justru memutuskan menjadi jahat.


Nah, menurutmu sendiri gimana nih? Apakah Koji adalah Jiraiya? Keturunan dari Jiraiya? Anak yang diasuh oleh Jiraiya dan diajarkan untuk bertarung? Atau dia tidak punya hubungan apa-apa dengan sang Sennin Mesum dan semua petunjuk yang tersebar selama ini hanya kecohan Ukyo Kodachi? Sampaikan di kolom komentar!

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU