Kocak dan Memorable, Yuk Nostalgia Game Crash Team Racing!

Kita butuh CTR Remaster di PS4!

Kocak dan Memorable, Yuk Nostalgia Game Crash Team Racing!

Di masa kejayaan PlayStation 1, nama Naughty Dog memang belum begitu terkenal seperti Square. Maklum, kala itu Naughty Dog masih bisa dibilang seperti kuda hitam yang sepak terjangnya belum diperhitungkan. Tapi pada akhirnya mereka mendapatkan pengakuan yang luar biasa setelah sukses memperkenalkan karakter bernama Crash Bandicoot.

Crash Bandicoot sangat unik kala itu dan menjadi salah satu karakter terlucu yang pernah dibuat. Nama karakter yang satu ini semakin melambungkan Naughty Dog kala sebuah game legendaris bertajuk Crash Team Racing diciptakan. Game yang satu ini memang sederhana, sebuah balapan.

Tapi balapan di sini sangat unik karena kalian bisa memainkan beberapa karakter keren yang merupakan rekan serta lawan dari Crash Bandicoot itu sendiri. Yang menarik, kalian akan disuguhi dengan storyline yang epik ketika memainkan mode Adventure. Di samping itu, yang menjadi senjata sebenarnya dari game ini adalah mode multiplayer-nya yang menggoda.

Saking menggodanya, bahkan banyak gamer yang rela menghabiskan waktunya demi memainkan mode yang satu ini bersama rekan mereka. Oiya, mode multiplayer yang belum online saat itu seakan menjadi berkah tersendiri untuk terus melejitkan nama Crash Team Racing.

Lantas, kenapa saya menyebut game ini sebagai legenda? Mungkin kita akan membahas kembali game ini melalui nostalgia review yang bisa membawa gamer yang memainkannya kembali ke masa di mana kalian masih menjadi petarung Crash Team Racing.

Kocak dan Memorable, Yuk Nostalgia Game Crash Team Racing!

Bagi kalian yang merupakan seorang single fighter, tentu saja mode adventure menjadi pilihan pertama kalian. Ya, di mode ini kita akan berpetualang untuk mengalahkan para pembalap-pembalap luar biasa yang ada di dunia Crash Team Racing. Untuk bertemu dengan para pembalap tersebut, kalian wajib untuk melewati berbagai tantangan dan mengumpulkan sebuah kunci.

Nantinya kalian akan bisa bertemu dengan para pembalap kuat tersebut. Pembalap kuat ini antara lain Pinstripe, Ripper Roo, Papu Papu, Komodo Joe, dan N Oxide. Seluruh pembalap yang telah kalian kalahkan, nantinya bisa menjadi playable karakter.

Tentunya itulah merupakan hal paling menarik di game ini. Selain itu, di mode ini kalian juga akan disuguhi oleh cerita yang lumayan menghibur dan bisa membuat kalian penasaran lho. Tapi bagi saya pribadi, yang paling memorable di mode ini adalah ketika kalian akan menghadapi boss.

Di situ sang boss akan mengeluarkan unek-uneknya dan di antara boss tersebut, yang paling tidak jelas dialognya adalah Ripper Roo, hahaha.

Kocak dan Memorable, Yuk Nostalgia Game Crash Team Racing!

Di Crash Team Racing, harus diakui cheat merupakan sebuah kewajiban! Bahkan kalian akan dianggap seorang yang cupu apabila kalian tidak hafal cheat yang ada di dalam game ini. Entah itu cheat buah, cheat hula-hula, atau cheat yang lainnya.

Tapi bagi saya pribadi, kala itu cheat yang paling wajib dihafal adalah cheat karakter. Ya, kalian yang suka main mode multiplayer tentu tidak ingin berlama-lama menamatkan game ini hanya demi mendapatkan banyak playable character 'kan? Oleh sebab itu cheat menjadi hal yang luar biasa wajib.

Bila sudah memasukkan cheat ini, kalian dan rekan-rekan kalian bisa leluasa memilih banyak karakter yang ada. Selain itu, cheat hula-hula juga merupakan hal yang wajib bila kalian kesulitan untuk mengalahkan lawan di mode single player.

Meskipun terkesan membuat game menjadi tidak seru, tapi harus diakui cheat menjadi hal yang membuat game ini menjadi semakin menarik. Apalagi saat itu tidak ada internet yang membuat pengetahuan kita akan cheat game ini menjadi sangat terbatas.

Apalagi sih ya yang bisa dinostalgiakan dari Crash Team Racing? Yuk langsung meluncur ke halaman selanjutnya.

Kocak dan Memorable, Yuk Nostalgia Game Crash Team Racing!

Selain dua hal di atas, jalan tembus menjadi hal unik tersendiri di dalam game ini. Ya, jalan tembus bisa menjadi hal yang paling berpengaruh ketika kalian sedang melakukan balapan. Bila berhasil mencari jalan tembus dan kemudian bisa keluar dari jalan tembus itu dengan selamat, kesempatan kalian untuk menang semakin besar.

Tapi kenyataannya, ada beberapa jalan tembus yang justru akan membuat kalian kalah serta babak belur. Belum lagi ada jalan tembus yang sulit dicari sehingga kalian harus melakukan eksperimen yang sotoy demi mendapatkan jalan tembus yang benar.

Bagi saya pribadi, jalan tembus tersulit yang dilewati di game ini adalah markas dari Komodo Joe yaitu Dragon Mines. Di situ memang jalan tembusnya cukup menjanjikan karena kalian bisa langsung memangkas jarak yang sangat jauh. Tapi sialnya, akan ada kereta yang melintasi jalan tersebut sehingga kalian bisa gepeng karena terlindas kereta itu.

Di tempat lain juga banyak jalan tembus yang sulit untuk ditemukan dan justru akan membuat kalian kalah dalam bertanding. Tapi sama seperti cheat, meski jalan tembus ini "agak" sedikit curang, namun kehadirannya mampu membuat game ini semakin mantap.

Kocak dan Memorable, Yuk Nostalgia Game Crash Team Racing!

Di PlayStation 1, sebuah mitos seperti merupakan hal yang wajib ada. Maklum, internet yang belum mendukung seperti sekarang serta mahalnya harga majalah game membuat kita sebagai gamer hanya menerka-nerka saja, terutama untuk bisa membuat semua karakter tanpa cheat.

Dari game ini, mitos bukan hanya sekadar dari cara mendapatkan karakter saja, namun juga dari cara kalian menemukan jalan tembus, atau hanya sekadar trivia biasa. Misalnya hubungan keluarga si A dengan si B. Untuk urusan karakter, kalian pasti akan pernah mendengarkan mitos bagaimana cara mendapatkan N Trophy kan?

Caranya memang kalian harus memenangkan Time Trial. Tapi, banyak yang sudah melakukannya justru malah tidak dapat apa-apa. Justru kita hanya melakukan hal yang salah karena itu tadi, termakan mitos. Mitos yang ada di Crash Team Racing harus diakui menjadi salah satu yang paling deras selain Harvest Moon: Back to Nature kala itu.

Kocak dan Memorable, Yuk Nostalgia Game Crash Team Racing!

Di masa lalu, harus diakui bahwa Crash Team Racing adalah sebuah karya yang diciptakan dengan sangat jenius. Kejeniusan Naughty Dog benar-benar dibuktikan ketika mereka menciptakan karakter Crash! Nah, begitu juga dengan Crash Team Racing yang diciptakan dengan sangat sempurna.

Gameplay di game ini sangat luar biasa karena kalian bisa melakukan drift, saling hajar dengan senjata, mencari jalan tembus, dan banyak hal lainnya. Selain itu, game ini memiliki fitur yang luar biasa menggoda. Selain mode Adventure, kalian disuguhkan dengan mode multiplayer yang mantap.

Ada mode Cup yang bisa membuat kalian bertarung dengan sengit bersama rekan-rekan kalian. Mode cup ini terdiri dari empat track di satu cup. Di sini kalian bisa bersaing untuk bisa mendapatkan poin tertinggi. Harus diakui pula, fitur yang seperti ini ditambah dengan gameplay yang luar biasa ciamik membuatnya sempurna.

Seakan-akan fitur serta gameplay yang melebur membuat game tersebut menjadi legenda. Saya sendiri merupakan salah satu gamer yang rela menghabiskan waktu saya untuk bermain game ini bersama rekan-rekan saya. Fitur multiplayer yang oke tanpa embel-embel online juga menjadi berkah tersendiri.

Game ini sangat seru bila dimainkan dengan cara multiplayer biasa. Serunya, kalian bisa melemparkan kata-kata hinaan untuk rekan kalian apabila rekan kalian kalah, hahaha.

Tapi saya pribadi berani jamin, apabila game ini dibuat ulang dengan memasukkan pertarungan multiplayer online, maka game ini mungkin akan sukses. Tapi meski begitu, game ini harus tetap mempertahankan mode multiplayer jadul untuk membuat game ini semarak seperti dulu.


Pada akhirnya, mayoritas gamer akan mengakui bahwa Crash Team Racing merupakan salah satu produk terbaik yang ada di dunia game. Meski mengambil tema balapan yang kerap dianggap membosankan, namun Naughty Dog mematahkan anggapan tersebut. Dengan gameplay yang diracik sempurna serta berbagai macam fitur yang luar biasa membuat game ini bertahan hingga era gaming modern seperti saat ini.

Diedit oleh Snow

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU