Wow! Ternyata ini Konsep Kecerdasan Buatan dalam Game Telltale Series!

Penasaran bagaimana Telltale membuat kecerdasan buatan dalam game-nya? Ini nih penjelasannya!

2

Finite-State Machine

Finite-state machine (FSM) adalah algoritma prosedur yang akan menjalankan perintah sesuai dengan langkah-langkah yang telah disertakan sampai akhirnya mencapai titik akhir (tujuan).

Finite-state machine memiliki tiga komponen, yaitu state (pernyataan untuk aksi atau tingkah laku), transition (kondisi yang memengaruhi keadaan), dan initial state (posisi awal berjalannya state).

Terkadang, state memiliki dua transisi (bolak-balik) untuk menuju ke state lainnya. Tergantung dengan aturan yang telah ditentukan. Artinya, state tersebut dapat terjadi secara berulang-ulang.

Finite-State Machine | Sumber: Artificial Intelligence for Games

Sejauh saya bermain game dari Telltale seperti The Walking Dead, Minecraft: Story Mode, dan The Wolf Among Us, saya menyimpulkan terdapat tiga mode dalam game yang dikembangkan oleh Telltale. Pertama, mode story-driven yang memiliki banyak pilihan (decision) di mana setiap pilihan akan memengaruhi tingkah laku (behaviour) karakter dan ingatan karakter lainnya.

Kedua, mode free room dimana player dapat dengan bebas menjelajah wilayah tertentu yang ruang lingkupnya kecil seperti perkemahan, kamar, gudang untuk menyelesaikan puzzle. Ketiga, mode final choice di akhir setiap episode di mana pemain akan dihadapkan dengan 2 pilihan saja seperti kanan dan kiri, pilihan ini akan menentukan jalan cerita di episode berikutnya dan ending di akhir season.


CONTINUE READING BELOW

Guardians of the Galaxy Telltale Bocor! Ceritanya Baru, Latarnya Sampai ke Knowhere

Game Guardians of the Galaxy Telltale Bocor! Ceritanya Baru, Latarnya Sampai ke Knowhere, download Guardians of the Galaxy 2 Indonesia


Lalu, masuk ke bagian mana FSM ini? FSM tentu masuk ke mode kedua, yaitu free room. Saat di mode free room, pemain dapat dengan bebas mengulangi satu state berkali-kali sampai akhirnya menyelesaikan puzzle.

Misal, ketika Jesse Clementine yang tangannya terluka parah akibat gigitan anjing, ia masuk mengendap-endap ke seluruh ruangan penginapan Luke untuk mencari obat-obatan. Atau di akhir season 1 Minecraft: Story Mode ketika Jesse harus menyelesaikan puzzle untuk mendapatkan lokasi dari anggota The Order of The Stone yang lainnya di peta.

Minecraft: Story Mode Episode 1 | Sumber: Gaming With Red

Konsep FSM Minecraft: Story Mode

3

Behavior Tree

Behavior tree adalah kumpulan beberapa perintah (task) sederhana yang tersusun dalam bentuk tree di mana task tersebut dapat digunakan kembali. Behavior tree memiliki tiga komponen, yaitu condition (perintah yang menguji sebuah kondisi), action (perintah untuk memberikan aksi), dan composite (posisi perintah di atas condition dan action).

Terdapat dua jenis composite, yaitu selector (yang akan kembali ke composite ketika salah satu kondisi children di bawahnya sukses. Jika ada yang gagal maka akan dicoba terus. Jika tidak ada children yang tersisa maka akan kembali ke keadaan failure) dan sequence (yang akan kembali ke composite ketika salah satu kondisi children di bawahnya gagal.

Jika ada yang sukses maka akan dicoba terus. Jika tidak ada children yang tersisa maka akan kembali ke keadaan success).

Konsep Behavior Tree [sumber: GameDev Stack Exchange]

Contoh dari behavior di Minecraft: Story Mode adalah ketika Igor berhasil membangkitkan The Creature yang menghancurkan Festival Endercon. Lalu mengincar Jesse dkk. Ketika sampai di ruangan portal untuk melarikan diri, tiba-tiba tentakel The Creature masuk dan sinar UV dari matanya menghisap Gabriel dan Petra. Pemain akan dihadapkan pada pilihan untuk menyelamatkan salah satu dari mereka.

Minecraft: Story Mode Episode 1 | Sumber: Gaming With Red

Behavior Jesse terbentuk dari siapa yang akan diselematkannya sebelum melarikan diri melalui portal. Siapa pun yang diselamatkan, karakter tersebut akan mengingatnya dan menjadi ringkasan final choice di akhir permainan.

Singkatnya, decision tree masuk ke dalam behavior tree. Hanya saja, alur diagram behavior tree lebih detil. Bagaimana, cukup menarik bukan untuk mengupas konsep kecerdasan buatan dalam sebuah game? Tertarik untuk memainkan game series dari Telltale? Lihat semua gamenya di sini.

Catatan: Screenshot yang ditampilkan dalam artikel ini sepenuhnya dari game Minecraft: Story Mode. Tetapi game Telltale lainnya seperti The Walking Dead, The Wolf Among Us memiliki pola konsep kecerdasan buatan yang sama.

Diedit oleh Snow

TENTANG PENULIS
Arya Adhitya

Bercita-cita mengalahkan poin achievement Xbox Live milik Major Nelson Sang Legenda Xbox sebelum tahun 2030. Game favorit adalah Crash Team Racing tapi konsol yang dimiliki adalah Xbox One. Mantap. Add my gamertag: BocahKacamata19