Film Pengabdi Setan Versi Restorasi Akan Tayang di Bioskop!

Mulai Kamis lusa, film Pengabdi Setan orisinal tahun 1980 versi restorasi akan ditayangkan khusus di bioskop di 10 kota. Apa itu restorasi dan di mana ia akan tayang? Simak beritanya berikut ini!

Mulai Kamis lusa, film Pengabdi Setan orisinal tahun 1980 versi restorasi akan ditayangkan khusus di bioskop CGV. Apa itu restorasi dan di mana ia akan tayang?

Jejak Pengabdi Setan (2017) sebagai film horor terlaris Indonesia dengan raihan 4,2 juta penonton masih terasa segar. Apalagi, ia baru saja mendominasi ajang penghargaan Indonesian Box Office Movie Awards (IBOMA) minggu lalu.

Seperti yang kita tahu, film yang disutradarai oleh Joko Anwar itu merupakan film daur ulang dari film berjudul sama yang rilis tahun 1980 lalu. Pengabdi Setan yang orisinal itu disutradarai oleh Sisworo Gautama. Ia kemudian menjadi populer dan dinilai sebagai film horor klasik sekaligus terseram dari Indonesia.

Pengabdi Setan versi Sisworo Gautama bercerita tentang sebuah keluarga yang dihantui oleh arwah sang ibu yang baru meninggal. Belakangan diketahui sang ibu mengabdikan dirinya kepada setan sehingga keluarganya harus menanggung akibat. Pengabdi Setan ini merupakan film Indonesia pertama yang menampilkan mayat hidup alias zombie.


CONTINUE READING BELOW

Nostalgia Review Pengabdi Setan (1980): Horor Sarat Pesan Keagamaan

Pengabdi Setan adalah film horor klasik yang meskipun terasa agak ketinggalan jaman, masih sangat layak tonton. Simak ulasannya di sini!


Nah kabarnya film itu akan dirilis ulang dalam versi restorasi. Buat kamu yang belum tahu, restorasi adalah serangkaian proses untuk menyelamatkan berkas film lama yang sudah rusak. Berbeda dengan film sekarang yang sudah digital, film-film lama umumnya berbentuk gulungan seluloid.

Data film, baik visual maupun audio kemudian akan diubah ke dalam versi digital. Perbedaanya, kualitas film tentunya akan meningkat, misalnya ada perbaikan warna, koreksi suara, dan gambar rusak.

Produser Sunil Samtani dari Rapi Films yang memiliki Pengabdi Setan mengatakan film orisinal itu termasuk film yang punya basis penggemar yang kuat. “Menurut saya film ini cult dan banyak orang masih mau nonton. Apalagi ini versi restorasi, tanpa goresan dan warna lebih baik,” ujar Sunil seperti dikutip dari Metro TV.

Film Pengabdi Setan versi restorasi ini akan ditayangkan di 10 bioskop jaringan CGV mulai Kamis hingga Sabtu (27-29/3) minggu ini. Sepuluh bioskop ini ada di kota Jakarta, Bekasi, Cirebon, Bandung, Tanggerang, Depok, Yogyakarta, Karawang, Surabaya, dan Medan. Film hanya diputar sekali per hari, yakni jam 16.00 WIB.

Nah, bagaimana menurutmu tentang Pengabdi Setan versi restorasi ini? Kamu tertarik menontonnya? Atau, justru kamu sudah terlanjur takut duluan setelah menonton Pengabdi Setan-nya Joko Anwar?

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Lazuardi Pratama

Merayakan film dan mengolok Liverpool.