5 Langkah Khusus untuk Memulai Startup! Kamu Ga Boleh Sembarangan!

Kamu tertarik untuk memulai startup? Coba terapkan 5 langkah dari pelaku startup yang sukses ini!

1

Menciptakan Ide

langkah khusus untuk memulai startup

Memulai sebuah startup berarti kamu memulai sebuah ide baru untuk meramaikan dunia. Tanpa adanya ide, tentu tidak ada pondasi awal yang mampu menopang kesuksesan dari startup tersebut.

“Ide merupakan hasil dari kreatifitas di dalam otak kita. Ide dapat keluar di mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Para pelaku startup akan memulai debut mereka berdasarkan ide yang dimiliki, berdasarkan ide yang mereka pegang teguh hingga saat ini,” jelasnya.


CONTINUE READING BELOW

Berawal dari Asisten Lab, Pria ini Sekarang Sukses Jadi Produser Game!

Industri game diisi banyak orang dengan kisah unik. Salah satunya seorang pria yang mengawali karir sebagai asisten lab, kini Sukses jadi produser game


Andes melanjutkan, maka dibutuhkan sebuah ide yang kuat untuk menjadi pondasi awal dari sebuah startup, yang tentu akan menjadi awal yang kuat bagi kesuksesan sebuah startup. “Namun, sebuah ide saja belumlah cukup. Kamu wajib melengkapinya dengan beberapa hal tambahan,” tutur Andes.

2

Membuat Prototype

langkah khusus untuk memulai startup

Peserta Campus Checkpoint yang sangat antusias dengan bahan dari Andes

Seperti yang disampaikan oleh Andes sebelumnya, melahirkan sebuah ide belum cukup untuk menyempurnkan kesuksesan sebuah startup. Walaupun ide merupakan pondasi awal, kamu juga membutuhkan modal untuk mengembangkannya.

Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan modal tersebut? “Modal merupakan pondasi yang paling kuat untuk melahirkan startup yang mampu bersaing dengan kuat di industri,” kata Andes.


CONTINUE READING BELOW

Agate Academy: IGRS adalah Langkah Pemerintah Mendukung Developer Lokal

Jika bagi para pemain IGRS merupakan halangan, namun bagi para pengembang lokal IGRS adalah bentuk dukungan bagi mereka, yang bisa dimanfaatkan.


Nah, mendapatkan modal untuk sebuah startup saat ini tidak hanya memerlukan ide yang cemerlang. Maka dari itu, menurut Andes, hal selanjutnya yang harus diciptakan oleh para pelaku startup muda adalah membuat sebuah prototype.

“Dengan adanya prototype, ide cemerlang kamu akan divisualisasikan dengan lebih tepat. Berkat visualisasi melalui prototype, maka mereka yang melihat ide kamu dapat memahaminya dengan lebih mudah. Presentasi dalam mendapatkan modal juga jauh lebih besar,” jelasnya.

langkah khusus untuk memulai startup

Andes Rizky, COO dari Shinta VR tengah menjawab pertanyaan dari mahasiswa

Salah satu contoh prototype dari sebuah startup yang mampu membuai dunia dan bisa disebut sukses sebagai pionir adalah Oculus Rift. Menurut Andes, Oculus melalui prototype pertama mereka dengan sederhana, namun sangat meyakinkan.

“Kalian pasti tidak asing dengan Oculus Rift. Perusahaan VR tersebut menciptakan prototype dengan sangat sederhana. Pasalnya ketika dibongkar ternyata isi di dalamnya hanyalah perpaduan teknologi yang sangat sederhana, bahkan bisa didapatkan dengan mudah di toko online,” tegas Andes.

Berdasarkan penegasan Andes tersebut, dapat diketahui jika membuat prototype bukanlah hal rumit yang menjadi jalan buntu para pelaku startup.

3

Industrial

langkah khusus untuk memulai startup

Setelah ide kamu menjadi sebuah prototype, dan modal telah kamu pegang, langkah khusus memulai startup selanjutnya adalah dengan memulai industrial. Mereka para pelaku startup wajib mewujudkan ide mereka ke dalam tahal selanjutnya, yakni produksi yang besar.

“Industrial merupakan langkah selanjutnya yang tentu wajib dilakukan oleh para pelaku startup. Dengan proses industri, maka startup mereka bisa dinikmati oleh pihak yang lebih banyak. Tentu, dengan jumlah penikmat yang besar, startup mereka bisa memiliki presentase kesuksesan yang jauh lebih besar,” tuturnya.

4

Komersialisasi

langkah khusus untuk memulai startup

Ketika startup telah diterima dan dinikmati oleh banyak pihak, yang mungkin saja sudah sampai ke tangan publik. Langkah selanjutnya yang wajib dilakukan adalah komersialisasi.

“Komersialisasi adalah langkah selanjutnya, yang menjadi tujuan utama dari lahirnya sebuah startup. Hal tersebut wajib dilakukan ketika hal diwujudkan ke dalam startup telah diterima dan dinikmati oleh publik,” kata Andes.


CONTINUE READING BELOW

Bagaimana Sih Langkah-langkah Menerbitkan Game di Steam?

Dalam Campus Checkpoint di Universitas Paramadina, Hendrik dari Anoman Studio membagikan ilmu dan pengalamannya dalam menerbitkan game di Steam.


Memulai komersialisasi adalah langkah keempat yang bisa menjadi bukti sukses dibalik startup yang diciptakan. Menurut Andes, ketika langkah ini telah diinjak, maka sebuah startup bisa dikatakan sukses dan sangat berpotensi.

“Langkah dua dan tiga adalah tahap yang sangat krusial. Kedua langkah tersebut harus dilalui agar bisa melanjuti tahap yang bisa disebut tahap pembuktian dan menjadi kunci sukses dari sebuah startup, yakni komersialisasi,” jelasnya.

5

Evaluasi dan Penghargaan

langkah khusus untuk memulai startup

Riza Iqbal, Manajer Akademik CCIT FT UI memberikan piagam kepada Andes

Langkah terakhir yang wajib dilalui oleh pelaku startup adalah evaluasi dan penghargaan. Pada tahap ini, para pelaku startup harus melakukan evaluasi dari langkah awal yang dilaluinya dalam membuat sebuah startup.

Setelahnya, menurut Andes, mereka wajib memberikan penghargaan atas apa yang dicapainya. Dengan demikian, mereka mungkin saja bisa memulai startup lainnya.

Diedit oleh Doni Jaelani


Mau coba berbagai game dan VR buatan dalam negeri secara gratis? Raih banyak hadiah secara gratis, dan main sepuasnya? Yuk kunjungi BEKRAF Game Prime 2019, di Balai Kartini Jakarta, hari Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli 2019. Acaranya gratis lho guys, jadi daftar sekarang ya di sini!

Share this article

TENTANG PENULIS
Andre Erlangga

Pemuda yang sedang menuju usia dewasa. Memiliki keinginan untuk menjadi sukses, namun baru sadar kalau sukses itu tidak mudah. Merangkai kata dengan cinta, tapi cinta bukan sekedar kata. Benci "drama", tapi senang mengolahnya. Aku adalah kamu, kamu adalah aku, kalau dia disuruh ke warung aja.