Nostalgia! 7 Alasan Pentingnya Peran Emosi dalam Storyline Life is Strange

Jika kamu adalah gamer yang menikmati dan mencari sisi storyline apik dari sebuah game, Life is Strange adalah jawabannya.

Life is Strange adalah video game dengan genre episodic graphic adventure yang dikembangkan oleh Dontnod Entertainment dan dirilis oleh Square Enix pada tahun 2015 lalu. Bagi saya pribadi, Life is Strange lebih dari sekadar game yang hanya dimainkan begitu saja seperti game-game lainnya.

Game ini memiliki ikatan emosional yang kuat yang disampaikan dalam storyline dan game design-nya. Game ini berhasil membuktikan eksistensinya dengan terjual lebih dari 3 juta copy dan mendapatkan beberapa penghargaan seperti BAFTA Games Award for Best Story, Peabody-Facebook Futures of Media Award, dan The Game Awards Games for Impact Award.

Terence Lee, seorang developer dari Hitbox Team pernah menuliskan bahwa dalam mendesain sebuah game narrative yang baik tidak terletak pada plot dan dialog, tapi dalam struktur game design itu sendiri. Ia menjelaskan bagaimana sebuah story dalam sebuah buku, film, dan game mempengaruhi penggunanya.

Buku membangun satu dimensi terhadap pengguna di mana penulis akan selalu menggunakan kata-kata dalam menyampaikan idenya seperti penggunaan bahasa deskriptif untuk menggambarkan indra, penggunaan dialog untuk merepresentasikan tokoh, dan penggunaan struktur kata pada kalimat, paragraf, dan chapter untuk menyusun alur cerita (ideas over time).

Film membangun dua dimensi terhadap pengguna sama seperti buku dengan tambahan dimensi baru, yaitu penggunaan indra seperti pengalaman audio visual untuk mengungkapkan ekspresi, percakapan antar karakter yang ditunjukkan dengan bahasa tubuh, suara, dan sinematografi (sensory experience).

Game membangun tiga dimensi terhadap pengguna sama seperti film dengan tambahan dimensi baru, yaitu interaktif di mana pengguna dapat melakukan sesuatu di dalamnya untuk merasakan pengalaman berdasarkan motivasi dan emosinya sendiri berbeda ketika hanya mendapatkan gambaran melalui kata dari buku yang dibaca atau hanya dapat mendengar dan melihat melalui layar dari filem yang ditonton film (interactivity).


CONTINUE READING BELOW

Ulasan Mendalam Life Is Strange: Konsekuensi, Waktu dan Misteri

Life is Strange, game dengan kekuatan untuk merubah jalan cerita dan konsekuensi yang mengikutinya. Download Life is Strange, guide Life is Strange.


Mari saya bahas bagaimana Dontnod berhasil memberikan pentingnya peran emosi dalam storyline Life is Strange.

1

Mekanisme Rewind

Mekanisme rewind adalah ide awal dari pengembangan Life is Strange yang telah dicoba oleh Dontnod pada game mereka sebelumnya, yaitu Remember Me. Max memiliki kekuatan untuk memutar kembali waktu sehingga bisa kembali mengubah aksi yang sebelumnya dilakukan setelah mencapai checkpoint.

Setiap pilihan yang diambil akan mempengaruhi jalan cerita dengan konsekuensi yang berbeda-beda yang ditampilkan dengan ikon kupu-kupu pada layar. Pilihan yang diambil akan menimbulkan dampak baik itu untuk jangka pendek yang ditampilkan dengan segera atau jangka panjang yang ditampilkan pada episod selanjutnya.

Mekanisme ini membantu kamu dalam memahami storytelling dalam story yang ditawarkan. Setiap kali Max memutar kembali waktu maka akan muncul visual effect screen pace particle yang menambah kesan bahwa waktu seperti benar-benar diulang kembali. Seiring dengan berjalannya cerita, kemampuan rewind Max juga akan berkembang menjadi time-travel untuk dapat kembali ke masa lalu.

storyline life is strange

Max Menggunakan Kemampuan Memutar Kembali Waktu

Apa saja alasan penting lainnya mengenai peran emosi dalam storyline Life is Strange? Simak di halaman selanjutnya!


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
Arya Adhitya

Bercita-cita mengalahkan poin achievement Xbox Live milik Major Nelson Sang Legenda Xbox sebelum tahun 2030. Game favorit adalah Crash Team Racing tapi konsol yang dimiliki adalah Xbox One. Mantap. Add my gamertag: BocahKacamata19